Berita

Apakah Olahraga di Malam Hari Baik untuk Tubuh? Ini Kata Ahli

×

Apakah Olahraga di Malam Hari Baik untuk Tubuh? Ini Kata Ahli

Share this article


Seperti yang kamu ketahui bahwa olahraga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya seperti untuk mengontrol berat badan, melawan berbagai penyakit (stroke, tekanan darah tinggi, depresi, diabetes tipe 2, dan lainnya), meningkatkan kualitas tidur, dan mengembalikan mood (aktivitas fisik dapat menstimulasi banyak zat kimia di otak yang dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan rileks).

Bagi sebagian orang, mereka mungkin tidak memiliki banyak waktu luang di pagi hari untuk berolahraga. Maka dari itu, olahraga saat malam hari adalah salah satu cara tepat yang bisa dilakukan. Tetapi, apakah berolahraga di waktu malam hari baik untuk tubuhmu? Atau malah berakibat sebaliknya? Yuk simak penjelasannya!

Kelebihan Berolahraga Malam Hari

Ilustrasi Berolahraga/Foto: pexels.com/Mastercowley

Dilansir dari halaman Real Simple, olahraga telah terbukti memberikan manfaat untuk kesehatan mental, termasuk menghilangkan stres. Maka dari itu, olahraga malam dapat memberikan istirahat mental yang dibutuhkan setelah kamu bekerja seharian, menurut Marisa Mickey, MS, asisten profesor ilmu olahraga di Endicott College.

Tidak hanya itu, melakukan olahraga di malam hari juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang, lho. Penelitian mengungkapkan bahwa kualitas tidur tidak akan terganggu selama kamu melakukan olahraga satu jam sebelum tidur dan bisa membantu kamu mendapatkan lebih banyak jam tidur nyenyak selama semalaman setelah beraktivitas seharian penuh.

Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga

Ilustrasi Berolahraga/Foto: pexels.com/Tirachard Kumtanom

Berolahraga di pagi atau malam hari sama-sama memiliki manfaat untuk tubuh, terlebih lagi jika melakukannya setiap hari secara konsisten kamu akan merasakan dampak yang terjadi pada tubuhmu. Menurut ahli fisiologi olahraga, Catherine Yeckel, MS, PhD, berolahraga di malam hari dapat membuat tubuh merasakan hangat secara alami.

Jika kamu ingin meningkatkan metabolisme dan berkeringat di pagi hari, maka olahraga di pagi hari bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu lakukan. Kamu bisa menentukan waktu olahraga sesuai dengan waktu luang yang kamu miliki. Walau sesibuk apa pun aktivitas yang kamu miliki jangan lupa meluangkan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *