Berita

Ini 5 Manfaat Minum Air Kelapa saat Menstruasi, Bisa Perbaiki Mood PMS

×

Ini 5 Manfaat Minum Air Kelapa saat Menstruasi, Bisa Perbaiki Mood PMS

Share this article


Setiap perempuan merasakan efek dari menstruasi yang berbeda-beda, ada yang sakit perut tidak tertahankan ketika haid datang, bahkan hingga pingsan. Banyak beredar berbagai obat pereda nyeri untuk haid yang dijual di pasaran.

Bukan obat-obatan, namun air kelapa ternyata memiliki banyak manfaat ketika diminum saat menstruasi lho, Beauties. Air kelapa memiliki banyak kandungan gizi, seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, tembaga, dan vitamin. Air kelapa juga rendah kalori, rendah lemak, rendah gula, dan rendah kolesterol.

Dokter Saddam Ismail dalam kanal Youtube-nya menjelaskan beberapa manfaat minum air kelapa ketika haid, baik itu air kelapa muda atau kelapa tua. Apa saja ya kira-kira?

1. Mengatasi kram perut

Ilustrasi/Foto: freepik.com/gpointstudio

Kram perut saat menstruasi merupakan hal yang normal dan banyak terjadi, namun jika kram perut begitu nyeri dan mengganggu aktivitas maka itu tidak normal. Kandungan gizi dari air kelapa bisa mengatasi kram perut saat haid.

2. Mengatasi perut kembung

Ilustrasi/Foto: freepik.com/stefamerfik

Keluhan perut kembung hingga diare saat menstruasi umum terjadi. Namun, terkadang perut kembung bisa membuat menjadi tidak nyaman, sehingga meminum air kelapa bisa meredakannya. Kandungan magnesium yang terdapat pada air kelapa bisa mengatasi perut kembung.

3. Mencegah dehidrasi

Ilustrasi/Foto: freepik.com/jcomp

Saat menstruasi juga bisa menyebabkan kekurangan cairan hingga dehidrasi. Kandungan air kelapa bisa menghidrasi kembali tubuh. Namun, tetap konsumsi dalam batas yang wajar dan tetap utamakan minum air putih 8 gelas dalam satu hari.


4. Meningkatkan Mood

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

PMS bisa menyebabkan emosi tidak stabil atau bad mood. Untuk meningkatkan mood yang jelek bisa minum air kelapa sambil berkegiatan yang menyenangkan. Kalsium yang terkandung dalam air kelapa bisa meningkatkan suasana hati.

5. Mencegah anemia

Ilustrasi/Foto: freepik.com/benzoix

Anemia atau kekurangan darah saat menstruasi bisa menyebabkan pusing, lemas, dan pucat karena banyaknya darah yang keluar. Kandungan vitamin c dan zat besi dalam air kelapa agar tidak mengalami anemia.

Nah, itulah 5 manfaat air kelapa murni yang bukan dicampur dengan gula atau sirup ya, Beauties! Kamu bisa nonton video selengkapnya di sini!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *