Berita

Bisa Bikin Orang Nyaman, Ini 7 Bahasa Tubuh yang Membuatmu Terlihat Ramah

×

Bisa Bikin Orang Nyaman, Ini 7 Bahasa Tubuh yang Membuatmu Terlihat Ramah

Share this article


Semua orang pasti menginginkan interaksi yang nyaman ketika bertemu dengan orang lain. Coba bayangkan jika kita sedang berbicara dengan orang, hal apa yang sekiranya bisa membuat kita nyaman untuk terus berinteraksi dengan orang tersebut? Jika kamu sadari, kenyamanan dalam berinteraksi ini tentu sangat ditentukan oleh bahasa tubuh

Bahasa tubuh yang diekspresikan harus memancarkan keramahan yang tulus. Ketika kita memiliki bahasa tubuh yang ramah, orang akan dengan senang hati berinteraksi dengan kita, bahkan dalam waktu yang lama. Begitu pun sebaliknya.

Lalu, bagaimanakah bahasa tubuh yang dimaksud? Di ambil dari The Expert Editor, berikut adalah bahasa tubuh yang bisa membuat seseorang tampak ramah, simak!

Melakukan Mirroring

Bahasa Tubuh Yang Membuatmu Terlihat Ramah/Foto: Pexels/ Gary Barnes

Maksud dari melakukan mirroring adalah dengan mengadopsi bahasa tubuh lawan bicara kita. Hal ini bisa ditunjukkan dengan posisi, gestur, ataupun ekspresi wajah yang sama. Tujuannya adalah untuk menunjukkan rasa empati dan kepedulian atas apa yang dirasakan oleh lawan bicara. Tips ini efektif untuk membuat orang nyaman berbicara dengan diri kita.

Mempertahankan Kontak Mata

Bahasa Tubuh Yang Membuatmu Terlihat Ramah/Foto: Pexels/Anastasiya Gepp

Mungkin kamu pernah mendengar istilah bahwa mata bisa berbicara. Oleh karena itu, mempertahankan kontak mata adalah bahasa tubuh yang cukup penting ketika berinteraksi dengan orang lain. Hal ini dikarenakan kontak mata bisa menunjukkan bahwa kita tertarik dan menaruh perhatian penuh pada orang tersebut sehingga membuatnya merasa dihargai.

Memberikan Senyum yang Hangat

Bahasa Tubuh Yang Membuatmu Terlihat Ramah/Foto: Pexels/RF._.studio

Senyum menjadi sebuah simbol keramahan. Maka, jika kamu ingin dipandang sebagai orang yang ramah, jangan lupa untuk melebarkan senyuman yang hangat. Hal ini bisa menularkan energi positif ke orang-orang di sekitar kita sehingga membuat mereka nyaman.

Salah satu bentuk senyuman yang bisa menunjukkan keramahan kita adalah “duchenne smile” atau “senyuman dengan mata”. Dengan kata lain, ketika kita tersenyum, maka mata kita akan tampak berbinar-binar.

Mendengarkan Aktif

Bahasa Tubuh Yang Membuatmu Terlihat Ramah/Foto: Pexels/fauxels

Ketika ada seseorang berbicara kepada kita, jangan sampai kita hanya mendengarkannya saja tanpa ada respons. Respons tidak selamanya harus secara verbal, tetapi juga bisa nonverbal.

Contohnya adalah dengan mengangguk ketika seseorang sedang bercerita. Bahasa tubuh yang sederhana ini bisa membantu menunjukkan bahwa kita setuju dengan apa yang dikatakan. Namun, jangan sampai kita terlalu banyak mengangguk hingga seakan-akan kita tidak tulus dalam mendengarkan perkataan orang lain.

Gunakan Sentuhan dengan Tepat

Bahasa Tubuh Yang Membuatmu Terlihat Ramah/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Sentuhan menunjukkan adanya koneksi antar manusia. Ketika digunakan dengan tepat, hal ini akan menunjukkan kehangatan, empati, dan keramahan. Dalam melakukan bahasa tubuh ini, perlu diperhatikan bahwa setiap orang memiliki batasan yang berbeda.

Kita perlu peka terhadap hal ini. Namun, secara umum, bagian tubuh yang bisa kita sentuh untuk menunjukkan keramahan adalah siku. Sentuhan yang diberikan juga harus lembut dan tidak lebih dari tiga detik.


Tunjukkan Ketertarikan yang Tulus

Bahasa Tubuh Yang Membuatmu Terlihat Ramah/Foto: Pexels/Oleksandr P

Ketulusan adalah hal yang bisa dirasakan. Orang-orang akan menaruh kepercayaan dan kenyamanan ketika bersama orang yang tulus dalam memberikan perhatian. Oleh karena itu, seseorang yang ramah pasti akan menunjukkan ketertarikan yang tulus. Ketertarikan yang tulus ini bisa diekspresikan dengan adanya respons atau timbal balik dalam percakapan.

Berbicara dengan Halus

Bahasa Tubuh Yang Membuatmu Terlihat Ramah/Foto: Pexels/Christina Morillo

Cara kita dalam berbicara pasti akan sangat mempengaruhi pandangan seseorang terhadap diri kita. Berbicara dengan nada yang tenang dan tidak mengintimidasi akan membuat kita terlihat lebih mudah didekati. Namun, yang dimaksud bukan berarti cara bicara kita terkesan malu-malu, melainkan cara bicara yang bisa menciptakan suasana yang nyaman.

Itulah beberapa bahasa tubuh yang bisa mengekspresikan keramahan yang tulus dalam diri seseorang. Terlepas dari hal itu semua, yang terpenting dalam hal ini adalah tetap menjadi diri sendiri dan membangun koneksi yang menyenangkan dengan orang-orang di hadapan kita.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *