Berita

Sering Tidak Disadari, Ini 4 Penyebab Jerawat Tumbuh di Tempat yang Sama!

×

Sering Tidak Disadari, Ini 4 Penyebab Jerawat Tumbuh di Tempat yang Sama!

Share this article


Beauties, pernahkah kamu merasa frustasi ketika jerawat tumbuh di tempat yang sama di wajah secara berulang? Jerawat memang bisa menjadi masalah kulit yang sangat mengganggu, terutama jika mereka terus muncul di tempat yang sama.

Bagi penderita jerawat, mungkin hal ini sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagi mereka yang memiliki kondisi kulit jarang berjerawat, ini mungkin sangat menjengkelkan, terutama hadir bekas jerawat setelahnya. 

Ternyata, ada beberapa faktor lho yang bisa menjadi penyebab jerawat muncul di tempat yang sama secara berulang. Jika kamu penasaran, simak ulasan berikut ini, ya!


Sering Menyentuh Wajah di Tempat yang Sama

Sering Menyentuh Wajah di Tempat yang Sama/Foto: Freepik

Salah satu penyebab utama jerawat tumbuh di tempat yang sama adalah kebiasaan menyentuh wajah di area yang sama secara berulang. Jenis jerawat ini adalah acne mekanika yang didasari oleh panas, gesekan, dan tekanan di kulit.

Tidak sadar, kita sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, terutama setelah menyentuh benda-benda seperti ponsel, keyboard, atau permukaan meja yang penuh dengan bakteri dan kuman. 

Bakteri ini dapat dengan mudah menyebar ke kulit wajah dan menyebabkan jerawat tumbuh di tempat yang sama berulang kali. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan tangan dan menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Faktor Hormon yang Tidak Seimbang

Faktor Hormon yang Tidak Seimbang/Foto: Freepik

Perubahan hormonal juga dapat menjadi penyebabnya. Pada masa pubertas, hormon dalam tubuh berubah dan dapat mempengaruhi produksi minyak berlebihan pada kulit. 

Selain itu, perempuan juga sering mengalami jerawat yang muncul sebelum atau saat menstruasi, yang disebabkan oleh fluktuasi hormon.  Jika jerawat ini tidak diobati dengan benar, kemungkinan besar jerawat akan kembali muncul di tempat yang sama setiap bulannya. 

Untuk mengatasi jerawat hormonal, konsultasikan dengan dokter atau pakar kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Memencet Jerawat Sebelumnya

Memencet Jerawat Sebelumnya/Foto: Freepik

Memencet jerawat merupakan kebiasaan yang sebaiknya dihindari. Tindakan ini dapat menyebabkan jerawat yang sama kembali muncul karena penyumbatan yang belum sepenuhnya terangkat. 

Dampaknya bisa berupa jerawat yang meradang kembali atau bahkan muncul jerawat baru di sekitarnya akibat penyebaran bakteri. 

Jika kamu berkeinginan untuk memencet jerawat, sebaiknya konsultasikan dengan ahli untuk memastikan proses yang dilakukan benar-benar bersih dan tidak menyebabkan jerawat kambuh.

Jerawat Kistik

Jerawat Kistik/foto: Freepik

Jerawat kistik adalah salah satu jenis jerawat  yang sering muncul pada area kulit wajah yang berminyak dan mengalami ketidakseimbangan hormon.

Jerawat jenis ini terbentuk akibat pembentukan kista yang berada di lapisan kulit yang lebih dalam, disebabkan oleh kombinasi minyak, bakteri, dan sel kulit yang terperangkap di dalam pori-pori.

Mengatasi jerawat kistik memang lebih menantang dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Pengobatan dengan obat yang dijual bebas seringkali tidak cukup efektif.

Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan yang sesuai.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *