Berita

Menurut Psikolog, Ini 5 Cara Agar Orang Lain Tertarik dan Nyaman Mengobrol Denganmu

×

Menurut Psikolog, Ini 5 Cara Agar Orang Lain Tertarik dan Nyaman Mengobrol Denganmu

Share this article


Dalam kehidupan sehari-hari, mengobrol dengan orang lain tentu bukanlah hal yang asing lagi. Sebagai makhluk sosial, tentu kita butuh berinteraksi dengan orang lain. Baik itu rekan kerja, sahabat, keluarga, ataupun orang baru yang ditemui.

Tentu kamu ingin, dong, lawan bicara merasa nyaman saat mengobrol denganmu? Selain karena pembawaan diri, ternyata ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan agar lawan bicara tertarik dan merasa nyaman saat berbincang denganmu, lho!

Tidak perlu mengubah kepribadian atau berpura-pura menjadi orang lain, berikut 4 trik menurut psikolog yang bisa kamu terapkan, dilansir dari Bustle. Yuk, disimak!

Sebut Nama Lawan Bicara

Menurut Psikolog, Ini 5 Cara Agar Orang Lain Tertarik dan Nyaman Mengobrol Denganmu/Foto: Freepik.com

Trik psikologis pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyebutkan nama lawan bicara dalam sebuah percakapan. Menurut Dr Lindsay Henderson, seorang psikolog, nama adalah bagian yang tidak terpisahkan dari identitas seseorang.

Ketika kamu menyebutkan nama lawan bicara, itu artinya kamu menghargai mereka. Tidak hanya menunjukkan bahwa kamu mengingat nama mereka, tetapi juga membantu menciptakan hubungan yang terjalin dengan baik.

“Lawan bicara akan merasa divalidasi ketika seseorang menyebut nama mereka selama percakapan,” ungkap Dr Lindsay Henderson.

Tiru Bahasa Tubuh
Perempuan sedang mengobrol ceria

Menurut Psikolog, Ini 5 Cara Agar Orang Lain Tertarik dan Nyaman Mengobrol Denganmu/Foto: Freepik

Di dalam sebuah percakapan, entah kamu atau lawan bicara mungkin akan mengeluarkan beberapa bahasa tubuh, baik disadari maupun tidak disadari. Nah, meniru bahasa tubuh lawan bicara ternyata bisa membuat mereka merasa nyaman, lho!

Menurut psikolog klinis, Dr Charlynn Ruan, mencerminkan atau meniru bahasa tubuh seseorang saat mereka berbicara dapat mengirim pesan halus bahwa mereka merasa dipahami.

Sebagai contoh, kamu bisa mencondongkan tubuh saat lawan bicara bersandar, ikut menyilangkan kaki, dan memegang tangan dalam posisi yang sama dengan lawan bicara. Namun yang harus diperhatikan adalah pastikan jangan melakukannya secara berlebihan, ya!

Tunjukkan Ketertarikan
Ilustrasi pasangan

Menurut Psikolog, Ini 5 Cara Agar Orang Lain Tertarik dan Nyaman Mengobrol Denganmu/Foto: Freepik/Freepik

Trik psikologis lainnya yang bisa dilakukan adalah tunjukkan ketertarikan kepada lawan bicara. Mungkin terdengar sangat sederhana, namun justru hal ini bisa berperan penting, lho!

Jika kamu ingin membangun hubungan dengan lawan bicara, entah persahabatan, profesional, dan lainnya, tunjukkanlah bahwa kamu menyukai mereka. Namun, jangan berlebihan ya, Beauties.

Untuk menunjukkan bahwa kamu tertarik atau menyukai lawan bicara pun tidak harus diutarakan secara eksplisit. Ada banyak cara yang bisa menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan mereka. Contohnya bersikap antusias saat lawan bicara membagikan ide dan menyetujui opini yang mereka bagikan dan sejalan dengan pemahamanmu.

Tidak hanya membuat lawan bicara merasa nyaman, ini juga merupakan sebuah sikap menghormati orang lain.


Mendengarkan dengan Baik
Perempuan dan laki-laki sedang mengobrol

Menurut Psikolog, Ini 5 Cara Agar Orang Lain Tertarik dan Nyaman Mengobrol Denganmu/Foto: Freepik

Last but not least, hal terpenting dalam sebuah percakapan adalah kemampuan untuk mendengarkan. Banyak orang yang kesulitan untuk mendengarkan karena hanya ingin terus membicarakan tentang dirinya. Atau di lain kasus, banyak yang sudah mendengarkan, namun hanya untuk sekadar kepo, bukan untuk memahami lawan bicara.

Maka, pastikan kamu benar-benar mendengarkan apa yang diucapkan oleh lawan bicara agar membuatnya nyaman. Cobalah untuk fokus dan tatap mata mereka saat sedang mengobrol. Dengarkan untuk memahami, bukan dengarkan hanya sekadar untuk membalas.


Tersenyum
Perempuan yang sedang tersenyum

Menurut Psikolog, Ini 5 Cara Agar Orang Lain Tertarik dan Nyaman Mengobrol Denganmu/Foto: Freepik/@Lifestylememory

Menurut psikolog Adrian Furnham dalam sebuah artikel di Psychology Today, tersenyum memiliki kekuatan untuk membuat orang lain merasa nyaman. Namun, ia mencatat bahwa penelitian menunjukkan bahwa senyuman “palsu” dapat dengan mudah dibedakan dari senyuman asli dan tidak memiliki efek positif yang sama.

Dia mengatakan untuk membuat senyuman tampak nyata dan tulus. Caranya, pastikan senyuman tidak hanya nampak di mulut, namun juga mata.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *