Berita

5 Cara Membuat Ruangan Sejuk Meski Tanpa AC

×

5 Cara Membuat Ruangan Sejuk Meski Tanpa AC

Share this article


Cuaca panas di siang hari mungkin kerap membuatmu merasa kegerahan sekalipun berada di dalam ruangan, terlebih jika tanpa AC. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui tips ruangan sejuk tanpa AC secara alami.

Kamu bisa mendinginkan ruangan secara alami meskipun tanpa AC. Hal itu bisa membantu menjaga ruangan agar tetap sejuk ketika suhu tiba-tiba meningkat.

Ini beberapa tips ruangan sejuk meski tanpa AC yang bisa kamu coba.

1. Menutup Jendela dan Tirai

Salah satu tips ruangan sejuk meski tanpa AC adalah dengan menutup jendela serta tirainya. Kamu mungkin kerap membuka jendela ketika sedang merasa kepanasan di dalam ruangan. Akan tetapi, hal itu justru bisa membuat udara panas masuk ke ruangan.

Oleh sebab itu, ketika cuaca sedang panas, sebaiknya tutup jendela serta tirai sampai suhu kembali turun agar angin sejuk masuk ke dalam ruangan.

2. Menggunakan Kipas Angin

Ilustrasi/freepik.com/freepik

Tips ruangan sejuk meski tanpa AC selanjutnya adalah menggunakan kipas angin. Pada dasarnya, kipas angin bisa menjadi pengganti AC untuk mendinginkan atau menyejukkan ruangan.

Namun, jika belum merasa sejuk, kamu bisa menggunakan kipas angin yang dilengkapi teknologi pendingin. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan kipas angin yang bisa diisi dengan air es, sehingga dapat mengeluarkan udara dingin. Jenis kipas angin ini bisa membantu menyejukkan ruangan.

 

3. Menggunakan Tanaman Indoor

Ilustrasi/pexels.com/Huy Phan

Tips ruangan sejuk meski tanpa AC berikutnya adalah menggunakan tanaman indoor. Menanam tanaman di dalam ruangan mempunyai berbagai manfaat, lho.

Menurut laman Healthline, tanaman indoor memiliki sejumlah manfaat, seperti meredakan stres, sebagai terapi alami, menyejukkan ruangan, membersihkan udara, hingga membantu meningkatkan produktivitas. Beberapa contoh tanaman indoor adalah lidah mertua, monstera, anthurium, hingga lidah buaya.


4. Menggunakan Lampu Hemat Energi

Ilustrasi/pexels.com/Skylar Kang

Tips ruangan sejuk tanpa AC yang dapat kamu coba lainnya adalah dengan menggunakan lampu hemat energi. Beberapa orang mungkin terbiasa menggunakan lampu pijar.

Padahal, jenis lampu ini bisa mengeluarkan panas dan membuat ruangan menjadi hangat. Oleh sebab itu, sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan lampu hemat energi untuk mengurangi suhu panas dan dapat bertahan lama.

5. Membatasi Aktivitas yang Bisa Meningkatkan Suhu

Ilustrasi/pexels.com/cottonbro studio

Tips ruangan sejuk meski tanpa AC yang terakhir adalah dengan membatasi aktivitas yang bisa meningkatkan suhu panas. Beberapa aktivitas yang tidak kamu sadari mungkin saja berisiko meningkatkan suhu ruangan, seperti menggunakan alat penanak nasi, oven, mesin cuci, maupun alat lain yang bisa menghasilkan panas.

Bukan hanya itu, ruangan dengan tingkat kelembapan tinggi juga bisa menimbulkan suhu panas dan berisiko membuatmu terkena heat exhaustion.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *