Berita

5 Fakta Menarik Cannes Film Festival 2024, Diwarnai Isu Politik hingga Kehadiran Cinta Laura & Putri Marino

×

5 Fakta Menarik Cannes Film Festival 2024, Diwarnai Isu Politik hingga Kehadiran Cinta Laura & Putri Marino

Share this article


Cannes Film Festival ke-77 telah digelar mulai Selasa (14/05) kemarin. Menurut jadwal, festival film paling bergengsi di dunia ini baru akan berakhir pada Sabtu (25/05) mendatang. Selama lebih dari 1 minggu acara tersebut, festival akan dimeriahkan dengan rangkaian acara pemutaran film-film terbaik yang ada di seluruh dunia.

Sementara itu, Cannes Film Festival 2024 juga mengantongi agenda lain, apa lagi jika malam penganugerahan. Penganugerahan ini akan diberikan kepada insan-insan perfilman yang telah menuangkan hasil karyanya secara maksimal. Rencananya, malam puncak ini baru akan digelar pada Sabtu (25/05).

Di balik huru-hara dan kemeriahannya, Cannes Film Festival 2024 menyimpan sejumlah fakta menarik yang mungkin tidak banyak diketahui. Apa saja itu? Yuk, simak pembahasannya berikut ini:

1. Dibuka dengan Spektakuler Lewat Film Komedi

Dibuka dengan Spektakuler Lewat Film Komedi/ Foto: festival-cannes.com

Cannes Film Festival 2024 secara khusus dibuka lewat penayangan film berjudul The Second Act (Le Deuxième Acte). Film yang disutradarai oleh Quentin Dupieux ini pun sukses membuka gelaran festival dengan sangat bahagia.

Bagaimana tidak? Genre utama dalam film ini adalah komedi. Dalam program Cannes Film Festival 2024, The Second Act atau Le Deuxième Acte masuk dalam kategori non-kompetisi.

2. Terdiri dari 6 Program yang Berbeda

Terdiri dari 6 Program yang Berbeda/ Foto: festival-cannes.com

Sama dengan festival film pada umumnya, Cannes Film Festival 22024 ini terbagi menjadi enam program yang berbeda. Enam program tersebut memiliki fokus hingga tema yang berbeda. Adapun 6 program tersebut antara lain:

  1. Competition: 22 judul film saling bersaing untuk mendapatkan penghargaan Palme d’Or
  2. Un certain regard: memperebutkan penghargaan Prix un certain regard
  3. Out of Competition: Tidak ikut berkompetisi, hanya diundang untuk menggelar gala screening
  4. Midnight Sessions: Tidak ikut berkompetisi, hanya diundang untuk menggelar gala screening khusus di tengah malam.
  5. Cannes Premiere: Film baru yang mendapatkan kesempatan khusus tayang perdana di Cannes Film Festival
  6. Special Sessions: Fokus pembahasan pada film dengan tema tertentu


2. Diwarnai Isu-Isu Politis

Diwarnai Isu-Isu Politis/ Foto: festival-cannes.com

Kesuksesan ajang paling bergengsi di dunia ini ternyata tidak lepas dari isu-isu politik. Melansir dari VOA, diketahui sejumlah pekerja di festival film tersebut telah mengancam akan melakukan aksi mogok kerja. Sementara itu, isu-isu perang mulai dari Israel-Palestina hingga Rusia-Ukraina juga membayangi pagelaran.

Polemik terbaru terjadi pada sutradara Iran, Mohammad Rasoulof. Beberapa hari sebelum filmnya, The Seed of the Sacred Fig tayang di Festival Film Cannes, ia ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara selama 8 tahun dengan alasan keamanan. Diduga hal ini disebabkan karena muatan film yang dibuatnya.

4. Juri-Juri yang Berkualitas

Juri-Juri yang Berkualitas/ Foto: festival-cannes.com

Sudah bukan rahasia lagi jika juri-juri Cannes adalah orang-orang yang benar-benar berpengalaman di dunia film. Ini artinya, mereka sudah memiliki reputasi baik dan terbukti kualitasnya. Khusus untuk kategori Competition yang memenangkan penghargaan Palme d’Or, sutradara Barbie, Greta Gerwig didaulat sebagai juri utama bersama beberapa orang lainnya.

Sementara itu untuk kategori Un certain regard yang memperebutkan Prix un certain regard, sutradara Xavier Dolan didaulat sebagai ketuanya.

5. Kehadiran Cinta Laura dan Putri Marino
Cinta Laura di Cannes Film Festival 2024.

Cinta Laura di Cannes Film Festival 2024/ Foto: REUTERS/Stephane Mahe

Hal yang paling menarik dari Cannes Film Festival 2024 ini adalah kedatangan dua artis terbaik Indonesia, Cinta Laura dan Putri Mario. Kehadiran kedua artis cantik ini di pentas Cannes Film Festival merupakan wujud wajah sineas perempuan di Indonesia.

Diketahui, kehadiran Cinta Laura dan Putri Marino ini memang bukan kali pertama. Pada tahun 2023 lalu, keduanya juga didaulat untuk hadir di festival film terbesar di dunia tersebut.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *