Berita

Ini 10 Ciri-ciri Awal Seseorang Terkena Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Mudah Mengantuk!

×

Ini 10 Ciri-ciri Awal Seseorang Terkena Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Mudah Mengantuk!

Share this article


Beauties, kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi dan perlu kamu waspadai ciri-cirinya. Meskipun terkadang gejalanya tidak selalu terlihat, namun adanya ciri-ciri awal seseorang terkena kolesterol tinggi harus kamu pahami.

Bukan tanpa alasan, kolesterol tinggi bisa jadi awal dari banyak penyakit berbahaya. Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penderita kolesterol tinggi di Indonesia mencapai 28%. Angka ini cukup besar dengan penderita yang sebagian besar usia dewasa. Selain itu, 7,9% orang di dunia meninggal karena penyakit ini.

Memahami ciri-ciri terkena kolesterol tinggi dapat berguna untuk mengantisipasi dan mencari langkah penyembuhan yang optimal. Dengan penanganan yang baik, kolesterol dapat ditangani dan dikontrol sehingga tidak mengancam kesehatan.

Berikut ada 10 ciri-ciri awal seseorang terkena kolesterol tinggi yang perlu diketahui.

1. Mudah Lelah dan Mengantuk




Mudah lelah dan mengantuk/Foto: Freepik.com/freepik

Lelah dan mengantuk berawal dari alirah darah yang tidak mengalir sempurna ke seluruh organ sehingga kinerja tubuh menurun. Kondisi ini awalnya terjadi oleh beberapa faktor di samping kolesterol tinggi, misalnya kurang tidur atau anemia. Mudah lelah dan mengantuk dapat menghambat aktivitas dan menjadi ciri awal kolesterol tinggi.

2. Nyeri Otot Kaki dan Pegal-pegal




Ilustrasi tumit kaki keringNyeri otot kaki dan pegal-pegal/ Foto: Freepik

Melansir dari Times of India, nyeri pada kaki dapat menjadi ciri-ciri kolestrol tinggi. Tak hanya sekedar pegal-pegal biasa. Bunda mungkin juga merasakan sakit kaki yang sangat intens, bahkan memberi sensasi terbakar.

Hal ini disebabkan adanya penumpukan plak di arteri tungkai dan kaki yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah, seperti Penyakit Arteri Perifer (PAD).
Aktivitas fisik yang berat membuat kondisi ini kian menyakitkan.

Bahkan pada kasus yang serius, nyeri otot kerap kali berulang di sela waktu tertentu. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah klaudikasio intermiten.

3. Berat Badan Naik




Berat badan naik/ Foto: freepik.com/freepikBerat badan naik/ Foto: freepik.com/freepik

Naiknya berat badan secara signifikan dan terus menerus dapat menjadi pertanda kolesterol tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat. Tak hanya kolesterol, berat badan yang terus melonjak akan menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko diabetes.

Simak ciri-ciri awal seseorang terkena kolesterol tinggi selengkapnya  DI SINI.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *