Berita

Jangan Terlalu Sering, Ini 5 Bahaya Terlalu Sering Gunakan High Heels untuk Beraktivitas

×

Jangan Terlalu Sering, Ini 5 Bahaya Terlalu Sering Gunakan High Heels untuk Beraktivitas

Share this article


Memakai high heels memang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memperindah penampilan. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu sering menggunakannya bisa berbahaya bagi kesehatan?

Banyak orang tidak menyadari bahwa kebiasaan ini dapat menyebabkan berbagai masalah serius, mulai dari nyeri pada kaki hingga gangguan postur tubuh. Ini dia berbagai bahaya yang mengintai jika kamu terlalu sering memakai high heels menurut American Osteopathic Association. Simak!

1. Mengganggu Keseimbangan Tubuh

Mengganggu Keseimbangan Tubuh/ Foto : Freepik/ Nensuria

High heels membuat kaki berada pada sudut yang tidak alami, yang menyebabkan pusat gravitasi tubuh berpindah ke depan.

Ketika pusat gravitasi berubah, tubuh dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan posisi yang tidak seimbang. Hal ini membuat otot-otot di punggung, leher, dan bahu harus bekerja lebih keras untuk menjaga keseimbangan.

Akibatnya, kamu bisa mengalami nyeri di area-area tersebut. Selain itu, ketika tubuh berada dalam posisi tidak seimbang untuk waktu yang lama, risiko cedera pada otot dan sendi meningkat karena kaki akan terus-menerus ditekan untuk mempertahankan keseimbangan.

2. Menarik Otot dan Sendi Berubah dari Posisi Alami

Menarik otot dan sendi berubah dari posisi alami/ Foto : Freepik/ Rawpixel.com

Memakai high heels menyebabkan otot dan sendi di kaki serta bagian tubuh lainnya ditarik keluar dari posisi alaminya. Kaki yang berada pada sudut yang tidak biasa ini mempengaruhi keseimbangan tubuh secara keseluruhan terlebih untuk jangka panjang. Otot-otot dan sendi-sendi di kaki, betis, dan punggung bawah harus bekerja ekstra untuk menyesuaikan posisi baru ini.

Ketidakseimbangan ini bisa menyebabkan ketegangan berlebihan dan nyeri jangka panjang, karena tubuh tidak berada dalam posisi yang optimal untuk bergerak dan menopang berat badan.

3. Nyeri pada Kaki dan Punggung

Nyeri pada kaki dan punggung/ Foto : Freepik/ Kamran Aydinov

High heels memberikan tekanan berlebih pada plantar fascia dan tumit hal itu membuat jaringan di bawah kaki yang terhubung dengan otot betis dan hamstring. Ketegangan ini bisa merambat ke otot betis, dan akhirnya sampai ke punggung bawah.

Akibatnya, memakai high heels terlalu lama dapat menyebabkan nyeri yang tidak hanya terbatas pada kaki, tetapi juga menyebar ke punggung. Nyeri ini bisa menjadi kronis jika high heels dipakai secara rutin, karena otot-otot dan jaringan ikat terus-menerus mengalami ketegangan dan stres.


4. Perubahan Postur

Perubahan postur/ Foto : Freepik/ Stefamerfik

Saat berdiri atau berjalan dengan high heels, tubuh harus menyesuaikan diri dengan posisi baru yang tidak alami. Untuk menjaga keseimbangan, kamu mungkin perlu melengkungkan punggung lebih dari biasanya.

Postur yang tidak alami ini menambah tekanan pada punggung bawah, yang bisa memperparah nyeri punggung dan menyebabkan sakit punggung bahkan cedera jika digunakan jangka panjang. Postur tubuh yang buruk juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lain, seperti ketegangan di otot leher dan bahu, serta mempengaruhi cara kamu bergerak dan berdiri sehari-hari.

5. Risiko Cedera

Risiko Cedera/ Foto : Freepik/ Jcomp

High heels dapat meningkatkan risiko keseleo pada pergelangan kaki. Tumit yang tinggi dan tipis membuat keseimbangan lebih sulit dijaga, sehingga kamu lebih mudah tergelincir atau kehilangan pijakan.

Keseleo pada pergelangan kaki bisa sangat menyakitkan dan memerlukan waktu lama untuk sembuh. Memilih high heels dengan sol dan tumit yang lebih tebal dapat membantu menopang berat tubuh lebih merata, sehingga mengurangi risiko cedera. Tumit yang lebih tebal juga memberikan dukungan yang lebih baik, membantu menjaga stabilitas dan keseimbangan saat berjalan.

Nah Beauties, itulah sederet bahaya terlalu sering menggunakan high heels. Bukannya tidak boleh, tapi frekuensinya bisa untuk dikurangi saja ya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *