Berita

Mengenal Rumah Sakit Jiwa Gonjiam yang Jadi Salah Satu Tempat Paling ‘Angker’ di Korea Selatan

×

Mengenal Rumah Sakit Jiwa Gonjiam yang Jadi Salah Satu Tempat Paling ‘Angker’ di Korea Selatan

Share this article


Beauties, apakah kamu termasuk salah satu orang yang tertarik dengan hal-hal berkaitan dengan supranatural? Jika iya, maka tulisan ini akan menjadi rekomendasi bacaan yang tepat untuk kamu.

Kali ini, lumpkinsjail akan mengajak kamu untuk mengenal salah satu tempat paling angker di Korea Selatan, yakni rumah sakit jiwa Gonjiam. Tidak hanya itu saja, lokasi yang satu ini juga menjadi ‘inspirasi’ untuk film Korea ber-genre horor, Beauties.

Penasaran seperti apa? Simak detailnya berikut ini, yuk!


Mengenal Rumah Sakit Jiwa Gonjiam

Ilustrasi rumah sakit jiwa Gonjiam/ Foto: Dok. Hive Media Corp via detikhot

Berlokasi di Gwangju, provinsi Gyeonggi, rumah sakit jiwa Gonjiam dikenal sebagai salah satu tempat paling berhantu atau ‘angker’ di Korea Selatan, Beauties.

Melansir dari  Creatrip, tempat tersebut dikenal dengan nama rumah sakit jiwa Gonjiam, namun awalnya diberi nama rumah sakit jiwa Namyang. Rumah sakit jiwa tersebut beroperasi penuh pada 1995, namun kini tak lagi beroperasi dan kondisinya cukup ‘terbengkalai’.

Cerita ‘Seram’ Mengenai Rumah Sakit Jiwa Gonjiam
Ilustrasi rumah sakit terbengkalai

Ilustrasi rumah sakit terbengkalai/ Foto: freepik.com/jcomp

Karena sudah tak lagi beroperasi dan bangunannya terbengkalai, banyak orang penasaran dengan rumah sakit jiwa Gonjiam ini, Beauties. Terlebih pada 2012 lalu, CNN memasukkan rumah sakit jiwa Gonjiam sebagai salah satu tempat paling berhantu.

Ada pula beberapa cerita, legenda, hingga mitos ‘seram’ mengenai rumah sakit jiwa tersebut. Melansir dari Creatrip, sebelum rumah sakit ini dibangun, terdapat sebuah penjara yang terletak di tempat banyak narapidana meninggal.

Setelah dibukanya rumah sakit jiwa, banyak pasien yang kemudian dikatakan meninggal tanpa alasan yang jelas. Dan direktur rumah sakit sendiri dikabarkan bunuh diri dengan cara gantung diri. Pemilik rumah sakit saat ini diduga tinggal di luar negeri, dan gedung tersebut tetap tertutup untuk umum.

Menurut legenda setempat, pasien mulai meninggal secara misterius di rumah sakit tersebut sekitar 10 tahun yang lalu, yang akhirnya memaksa rumah sakit tersebut ditutup.

Bangunan tersebut kini terbengkalai dan kotor, hanya menyisakan sisa-sisa kehidupan sebelumnya yang paling mengganggu, seperti pagar kawat berkarat dan kursi pemeriksaan yang hancur seperti melansir dari  CNN.

Setelah rumah sakit jiwa Gonjiam terkenal sebagai tempat berhantu, banyak orang Korea mulai mengunjunginya, ingin menguji keberanian mereka dengan kemungkinan melihat sosok hantu.

Film Korea Berdasarkan Rumah Sakit Jiwa Gonjiam
Gonjiam: Haunted Asylum / Foto hancinema.net

Poster film Gonjiam: Haunted Asylum / Foto hancinema.net

Tidak hanya populer di kalangan mitos atau legenda masyarakat setempat, rumah sakit jiwa Gonjiam juga menjadi ‘inspirasi’ bagi para pembuat karya di layar lebar, Beauties. 

Seperti film Gonjiam: Haunted Asylum (2018) yang dibintangi Wi Ha Joon  hingga Park Ji Hyun. Film tersebut menceritakan sekumpulan orang yang aktif di portal horor online dan mengunjungi rumah sakit jiwa Gonjiam untuk melakukan siaran langsung.

Meskipun mereka telah berekspektasi akan mengalami kejadian horor, namun kengerian yang dihadapi ternyata di luar prediksi. Sebagian besar adegan dalam film ini difilmkan di sekolah menengah maritim nasional di Busan, dengan tim produksi mengikuti denah rumah sakit sebenarnya untuk menciptakan kembali eksterior dan lorong yang sama persis.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *