Berita

4 Macam Dampak Buruk Cuaca Ekstrim Bagi Kesehatan

×

4 Macam Dampak Buruk Cuaca Ekstrim Bagi Kesehatan

Share this article


Beauties, belakangan ini cuaca sangat terasa panas sekali, namun tidak jarang ketika siang hari berubah menjadi mendung dan turun hujan yang lebat. Hal tersebut karena perubahan iklim.

Dilansir dari web National Oceanic and Atmospheric Administration, menyatakan perubahan iklim karena terjadinya perubahan jangka panjang dalam fenomena alam, mulai dari iklim lokal hingga global. 

Penyebab terjadinya perubahan iklim ini, tidak lain juga karena ulah manusia sendiri. Dimana manusia melakukan aktivitas berlebih pembakaran bahan bakar, yang menyebabkan meningkatnya emisi gas rumah kaca. 

Tidak hanya itu, perubahan iklim juga turut mengubah semuanya, mulai dari perubahan fenomena lainnya, seperti El-Nino, La-Nina, hingga mencairnya es di Kutub. Perubahan iklim juga memengaruhi meningkatnya cuaca ekstrim seperti angin topan, gelombang panas, hingga kebakaran hutan. 

Dampak Buruk Cuaca Ekstrim Bagi Kesehatan

Efek dari cuaca ekstrim ini, turut memengaruhi perubahan kesehatan pada manusia. Menurut  Lancet, menyatakan bahwa perubahan iklim adalah ancaman terbesar bagi kesehatan manusia, pada abad ke 21 di dunia ini. 

Mengutip dari  Lancet, ada beberapa penyakit yang berdampak dari cuaca ekstrim, yaitu: 

1. Penyakit Jantung

Menurut beberapa penelitian, panas ekstrim dapat memengaruhi pada kesehatan jantung, stroke, dan kesehatan kardiovaskular lainnya. Hal ini dikarenakan, tubuh mengeluarkan keringat berlebih, hingga tubuh dehidrasi, dan berkurangnya kadar garam dalam tubuh kita. Jika tubuh mengeluarkan banyak cairan, maka darah akan mengental, sehingga mengakibatkan jantung bekerja lebih keras. 

Menurut Kai Chen, Asisten profesor di Yale School of Public  Health and Director Yale Center on Climate Change and Health menyatakan, cuaca panas ekstrim juga dapat memicu penyakit jantung. 


2. Penyakit Demensia

Ilustrasi penyakit demensia / Foto: Pexels.com / Cottonbro

Salah satu efek dari perubahan iklim adalah kebakaran hutan. Saat terjadi kebakaran, terdapat partikel-partikel halus yang menyebar ke udara. Partikel halus ini jika terhirup oleh manusia, dapat masuk ke paru-paru dan berdampak buruk sehingga memengaruhi kognitif kita, Beauties. 

Materi partikular yang disebabkan oleh kebakaran hutan, dapat menyebabkan penyakit  demensia. Dalam setiap tahunnya terdapat 188 kasus penyakit demensia yang diakibatkan kebakaran hutan, efek cuaca ekstrim. 

3. Penyakit Ginjal 

Salah satu penyebab penyakit ginjal, disebabkan oleh cuaca ekstrim. Banyak yang tidak menyadari bahwa terik matahari yang ekstrim dapat memengaruhi kesehatan ginjal, kantung kemih, dan sebagainya. 

Menurut Kristie Ebi, Profesor di Center for Health and the Global Environment University of Washington, banyak orang yang tidak sadar, bahwa panas yang terik adalah faktor utama penyebab penyakit ginjal kronis. Biasanya penyakit ini dialami oleh para pekerja lapangan.

4. Penyakit Pernapasan

Dengan meningkatnya suhu udara, semakin banyak penderita alergian bertambah. Penyakit pernapasan akibat polusi udara berkaitan dengan penyakit pneumonia, hingga kanker paru-paru.

Partikel tersebut masuk ke dalam paru-paru, diserap oleh jaringan paru-paru, dan tertanam dalam tubuh, sehingga menyebabkan penyakit pernapasan. Dalam satu tahun penyakit pernapasan telah merenggut nyawa sebanyak 6,4 jiwa. 

Itulah empat dampak buruk dari cuaca ekstrim bagi kesehatan. Jadi, yuk Beauties kita jaga bumi ini dan tentu jaga kesehatan, ya. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *