Berita

5 Ikan Beracun di Dunia yang Tidak Boleh Dikonsumsi, Ada yang Sebabkan Kematian

×

5 Ikan Beracun di Dunia yang Tidak Boleh Dikonsumsi, Ada yang Sebabkan Kematian

Share this article


Memakan ikan memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Hal ini karena kandungan nutrisi dan omega 3 yang ada pada setiap daging ikan. Hanya saja, kamu harus berhati-hati memilih ikan untuk dimakan. Pasalnya, ternyata tidak semua jenis ikan bisa aman dikonsumsi.

Ada kasus seorang ibu dan dua anak balitanya di Maluku diduga meninggal dunia akibat keracunan ikan buntal. Dilansir dari Detik, diketahui bahwa ikan buntal memiliki kandungan racun bernama tetrodotoxin yang ribuan kali berbahaya dibandingkan dengan sianida. Apabila dikonsumsi, racun ini akan menyebabkan terjadinya kelumpuhan otot, pusing hingga gagal jantung yang menyebabkan kematian.

Selain ikan buntal, ternyata masih ada beberapa jenis ikan lain yang berbahaya apabila dikonsumsi. Penasaran apa saja jenis ikannya? Dilansir dari berbagai sumber, langsung saja simak selengkapnya disini!

1.Great White Shark (Hiu Putih)

Ilustrasi Great White Shark (Hiu Putih)/ Foto: Freepik/wirestock

Hiu putih merupakan salah satu predator paling kuat di dunia yang kerap diburu banyak orang. Sayangnya, hiu merupakan salah satu spesies laut yang dilindungi. Hal inilah yang membuat banyak orang menyambut gembira jika ada hiu yang sudah mati terdampar di perairan. Pasalnya, daging hiu yang sudah mati ini akan dipotong-potong kemudian dibagikan dagingnya.

Lantas, apakah daging ikan hiu ini aman dikonsumsi?

Mengutip dari American Ocean, disebutkan bahwa mengonsumsi daging hiu putih secara berlebihan bisa berbahaya. Hal ini disebabkan karena daging pada ikan hiu mengandung bakteri salmonella dan merkuri yang sangat tinggi. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, merkuri ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan.

2. Stone Fish (Ikan Batu)

Stone Fish (Ikan Batu)/ Foto: Freepik/Wikipedia

Britannica juga memasukkan ikan batu ke dalam list ikan paling berbahaya di dunia. Hal ini dilakukan karena ikan batu ini memiliki racun yang sangat mematikan pada deretan duri di bagian punggungnya. Jika duri ini mengenai tubuh manusia, maka aka nada sensasi rasa sakit, pembangkakan, kematian hingga kelemahan dan kelumpuhan otot.

Dalam proses memasak dengan suhu tertentu, kandungan racun pada duri ikan batu ini memang bisa menghilang. Hanya saja, akan lebih baik jika jenis ikan ini dihindari untuk dikonsumsi.



3. Lion Fish (Ikan Singa)

Lion Fish (Ikan Singa)/ Foto: Freepik/kuritafsheen77

Ikan singa memang salah satu ikan pang paling cantik. Pasalnya, ikan jenis ini memiliki sirip yang menjuntai indah menyerupai bulu ayam. Meski cantik, ternyata sirip ini sangat berbahaya lho, Beauties! Jika seseorang tidak sengaja mengenai sirip ini, maka tentu saja akan terasa sensasi yang menyakitkan. Selanjutnya, akan timbul reaksi seperti mual, muntah hingga kesulitan bernafas.

Di sisi lain, daging ikan singa memang memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan. Oleh karenanya, jika ingin mengonsumsi ikan singa, para ahli menyarankan agar menghilangkan terlebih dahulu bagian-bagian sirip yang berbahaya tersebut. Jika hal ini dirasa sulit, maka ada baiknya untuk tidak mengonsumsinya.

4. Ikan Todak atau Pedang

Ikan Todak atau Pedang/ Foto: Freepik/Wikipedia

Ikan Todak atau pedang sering banget kamu jumpai di pasar tradisional, bukan? Yap! Jenis ikan ini memang banyak sekali di perairan Indonesia. Rasa dagingnya memang enak sehingga banyak orang yang menjadikannya hidangan pilihan. Jika kamu sering mengonsumsi ikan todak, yuk mulai kurangi konsumsinya, ya!

Diketahui, ikan todak adalah salah satu jenis ikan yang dagingnya mengandung kadar merkuri yang sangat tinggi. Semakin tua umur sang ikan, maka semakin tinggi pula kandungan merkuri yang ada di dalamnya. Seperti diketahui, merkuri yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan beberapa potensi masalah kesehatan. Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi ikan jenis ini secara berlebihan.

3. Ikan Marlin
Ikan Marlin/ Foto: Freepik/Wikipedia

Ikan Marlin/ Foto: Freepik/Wikipedia

Lagi-lagi merkuri biang keroknya! Ikan marlin diketahui juga mengandung kadar merkuri yang cukup tinggi. Hal ini bahkan dikonfirmasi oleh FDA (Badan Pengelola Obat dan Makanan Amerika Serikat).

Kandungan merkuri di dalam tubuh secara tidak langsung bisa menyebabkan terjadinya kerusakan sistem syaraf dan organ manusia. Di sisi lain, merkuri juga bisa mengganggu perkembangan janin dan anak-anak. Oleh sebab itu, ikan marlin sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, menyusui hingga balita dan anak-anak.

Itulah kelima jenis ikan beracun selain ikan buntal yang sebaiknya tidak kamu konsumsi. Sebagai alternatif, masih ada banyak jenis ikan yang aman dikonsumsi seperti tongkol, tuna dan masih banyak lagi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *