Berita

5 Manfaat Pepaya Bagi Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Bikin Awet Muda

×

5 Manfaat Pepaya Bagi Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Bikin Awet Muda

Share this article


Pepaya jadi salah satu buah yang begitu mudah ditemukan di Indonesia. Banyaknya jumlah pepaya yang tersedia melebihi permintaan tak memungkiri harganya menjadi sangat terjangkau. Sebab itu, buah ini bisa kamu jadikan andalan untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

Pepaya banyak mengandung vitamin, antara lain vitamin A, B, C, vitamin B1, B3, B5, E, K, kalsium, magnesium, dan antioksidan. Buah yang manis, mudah didapat dengan harga terjangkau ini memiliki manfaat lain bagi tubuh selain sangat baik untuk pencernaan. Selain itu, apa saja manfaat buah pepaya untuk tubuh manusia?

1. Menyehatkan Jantung

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan, salah satu manfaat mengkonsumsi pepaya adalah bisa menyehatkan jantung. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang memiliki kandungan likopen dan vitamin C bisa mencegah penyakit jantung. Pepaya memiliki kandungan antioksidan yang bisa melindungi jantung dan kolesterol baik dalam tubuh.

2. Mengurangi Kerutan Wajah

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Pepaya juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Likopen dalam pepaya juga mampu melawan tanda-tanda penuaan. Sebuah studi tahun 2015 yang dilansir dari Healthline menunjukkan bahwa sebagian kerutan kulit terjadi akibat bertambah usia yang disebabkan aktivitas radikal bebas, antioksidan bisa membantu melawan kerusakan tersebut.

Penelitian tahun 2014 terhadap perempuan lanjut usia yang mengkonsumsi cairan antioksidan seperti likopen dan vitamin C bisa mengalami penurunan kerutan. Jadi, kandungan di dalam pepaya bisa membuat wajah terlihat awet muda. 

Sebuah studi tahun 2014 terhadap wanita lanjut usia yang mengkonsumsi campuran antioksidan termasuk vitamin C dan likopen, mengalami penurunan kedalaman kerutan wajah yang terukur.



3. Kesehatan Rambut

Ilustrasi/Foto: freepik.com/cookie_studio

Tak hanya sekedar untuk dikonsumsi, pepaya juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan rambut. Merangkum dari Healthline, pepaya bisa dijadikan sebagai masker atau hair conditioner yang bisa melindungi dan memperkuat rambut dan sudah terbukti dalam penelitian.

Tak hanya itu, kandungan likopen dalam pepaya bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Terakhir, kandungan dalam biji pepaya bisa mencegah munculnya ketombe. Kamu bisa menggunakan masker pepaya untuk perawatan rambutmu. 

4. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi/Foto: freepik.com/KamranAydinov

Seperti yang sudah diketahui, pepaya sangat baik untuk pencernaan. Melansir dari situs Kemenkes, pepaya juga bisa menurunkan berat badan. Hal itu karena pepaya mengandung enzim papain dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Tak hanya itu, kalori dalam pepaya juga tergolong rendah, jadi sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani diet.

5. Kesehatan Mata

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Kandungan dalam pepaya bisa membantu melindungi kesehatan mata. Likopen bisa melindungi retina terhadap peradangan. Karoten uang memberi warna oranye khas pada pepaya bisa memperbaiki penglihatan dan pencegahan rabun senja seperti yang dilansir dari Medical News Today.

Wah, ternyata pepaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh mulai dari rambut hingga kesehatan jantung. Meskipun tergolong buah yang murah, namun khasiatnya banyak sekali ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *