Berita

7 Kebiasaan Malam Hari yang Bantu Ratakan Perut Buncit, Ampuh Bakar Lemak!

×

7 Kebiasaan Malam Hari yang Bantu Ratakan Perut Buncit, Ampuh Bakar Lemak!

Share this article


Tidak hanya mengganggu penampilan dan menghambat aktivitas, perut buncit juga bisa memicu berbagai penyakit serius. Meratakan perut buncit memang bukan hal yang mudah dilakukan dan merupakan komitmen jangka panjang. Namun, ada beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa bakar lemak perut membandel.

Bukan hanya pagi, malam hari juga menjadi waktu yang krusial untuk membentuk berbagai kebiasaan sehat, termasuk dalam urusan mengecilkan perut buncit. Lantas, kebiasaan di malam hari apa saja yang bisa bantu meratakan perut buncit?

Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini!

Sikat Gigi Sesudah Makan Malam

7 Kebiasaan Malam Hari yang Bantu Ratakan Perut Buncit/Foto: freepik.com/Drazen Zigic

Untuk menghindari mengonsumsi camilan, biasakan menyikat dan membersihkan gigi usai makan malam. Jika gigi dalam kondisi bersih, kamu mungkin akan berpikir dua kali untuk ngemil menjelang waktu tidur.

Dilansir dari Web MD, tunggu setidaknya sekitar satu jam sebelum menyikat gigi, terutama jika kamu habis mengonsumsi sesuatu yang bersifat asam seperti lemon, jeruk bali, atau soda.

Jangan Makan Larut Malam
Biasakan untuk makan malam tidak mendekati waktu tidur karena dapat membebani saluran pencernaan.

7 Kebiasaan Malam Hari yang Bantu Ratakan Perut Buncit/Foto; Freepik.com/Drazenzigic

Beauties, apakah kamu gemar makan larut malam? Walaupun saat tidur tubuh secara alami akan membakar timbunan lemak, namun hal ini tidak dapat dilakukan secara efisien jika kamu tidur dengan perut kenyang di larut malam.

Dilansir dari laman Healthy Options, selain menyebabkan perut buncit, makan larut malam dan pergi tidur dengan perut kenyang meningkatkan risiko kamu terkena refluks asam dan gangguan pencernaan.

Untuk mencegah kondisi ini, pertimbangkan makan dalam porsi kecil di malam hari dan jangan berbaring setidaknya tiga jam setelah makan malam. Jika kamu masih merasa lapar, isilah perut dengan camilan sehat seperti buah-buahan.

Perhatikan Porsi Makan Malam
Ilustrasi perempuan yang sedang makan di tengah malam/Foto: Freepik.com/freepik

7 Kebiasaan Malam Hari yang Bantu Ratakan Perut Buncit/Foto: Freepik.com/freepik

Meskipun makan terlalu banyak di malam hari bisa berdampak buruk, namun makan terlalu sedikit juga tidak baik, lho, Beauties.

Buat kamu yang sedang diet atau ingin meratakan perut buncit, mungkin kamu berpikir makan dalam porsi sedikit bisa menjadi solusi. Sudah lama beredar anggapan bahwa makan sesedikit mungkin adalah cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, hal ini keliru.

“Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan peningkatan hasrat dan berpotensi merasa lebih tidak terkendali di sekitar makanan, tetapi kelaparan dapat memperlambat metabolisme Anda melalui termogenesis adaptif,” kata Lisa Moskovitz, ahli diet terdaftar di NY Nutrition, dilansir dari laman Eat This, Not That!.

Hindari Makan Sambil Menonton
Kebiasaan makan tengah malam picu diabetes /Foto: Tirachardz/Freepik

7 Kebiasaan Malam Hari yang Bantu Ratakan Perut Buncit/Foto: Tirachardz/Freepik

Usai beraktivitas seharian, makan makanan favorit sambil bersantai dan menonton film atau series kesukaan bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Namun sayangnya, rutinitas ini bisa membuat kamu kesulitan meratakan perut buncit, Beauties!

Makan sambil menonton tv, membaca buku, atau bermain media sosial di ponsel bisa jadi rutinitas yang memicu timbulnya perut buncit. Dilansir dari Eat This, Not That!, menurut ahli gizi Leslie Schiling, ketika pikiran berfokus pada hal lain selain makanan, maka kamu akan kesulitan mengidentifikasi apakah kamu sudah benar-benar kenyang setelah makan.

“Sulit untuk hadir [di masa kini] jika Anda makan di meja Anda, bermain-main di dunia maya, atau menonton televisi. Ketika pikiran Anda berfokus pada sesuatu selain makanan Anda, Anda tidak menyadari hal-hal seperti ‘Apakah makanannya benar-benar enak?’ dan ‘Apakah saya mulai kenyang?’ Ini sering mengarah pada ‘makan berlebihan’, yang tidak begitu diperhatikan,” ungkapnya.

Gangguan saat menyantap makanan inilah yang pada akhirnya membuat kamu mengonsumsi lebih banyak makanan yang bisa menyebabkan tumpukan lemak di perut bertambah.

Jangan Main HP Sebelum Tidur
Dampak Bermain Ponsel Sebelum Tidur/ Foto: Freepik.com/author/freepik

7 Kebiasaan Malam Hari yang Bantu Ratakan Perut Buncit/Foto: Freepik.com/author/freepik

Salah satu rutinitas sering dilakukan banyak orang sebelum tidur adalah bermain HP, biasanya untuk scrolling media sosial. Biasanya kebiasaan ini dibarengi dengan menyantap camilan kesukaan.

Hal ini pada akhirnya bisa membuat kamu makan berlebih, Beauties. Dilansir dari Eat This, Not That!, sebuah studi oleh Lighting Research Center di Rensselaer Polytechnic Institute menemukan bahwa cahaya yang dipancarkan dari gadget sebenarnya menekan produksi melatonin di otak.

Ini adalah hormon tidur utama untuk tubuh, jadi ketika tubuh tidak cukup memproduksinya, kamu bisa menderita komplikasi tidur yang bisa memicu perut buncit.

Selain itu, sebuah studi di Pediatric Obesity menemukan siswa dengan akses ke satu perangkat elektronik di kamar tidur mereka 1,47 kali lebih mungkin untuk mengalami kelebihan berat badan dibandingkan mereka yang tidak memiliki perangkat di kamar tidur. Hal ini meningkat menjadi 2,57 kali untuk anak muda yang memiliki tiga perangkat.

Oleh karena itu, hindari kebiasaan main HP sebelum tidur, ya, Beauties.


Tidur di Kamar yang Sejuk dan Gelap
Menggunakan makeup saat tidur malam hari dapat membuat pori-pori wajah tersumbat dan penumpukan kotoran

7 Kebiasaan Malam Hari yang Bantu Ratakan Perut Buncit/Foto: Freepik

Dilansir dari Today, menurut sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes, orang-orang yang menjaga kamar tidur mereka pada suhu tetap 66 derajat F (sekitar 18 derajat celsius) selama satu bulan meningkatkan jumlah pembakaran kalori lemak coklat dalam tubuh mereka hingga 42 persen dan meningkatkan metabolisme mereka sebesar 10 persen.

Selain mengatur suhu ruangan menjadi sejuk, perhatikan juga penggunaan lampu, Beauties. Penelitian menunjukkan bahwa terpapar cahaya sebelum tidur dapat menekan melatonin dan tidur dengan lampu menyala bisa memengaruhi regulasi metabolisme sirkadian, sehingga meningkatkan risiko penambahan berat badan, menurut Sleep Foundation.

Jadi, matikan TV, telepon, dan lampu samping tempat tidur, dan pertimbangkan untuk membeli tirai anti tembus pandang untuk menghalangi cahaya dari luar.

Tidur Cukup dan Berkualitas
Deretan kebiasaan di malam hari untuk bantu tidur lebih nyenyak/Foto: Freepik.com/Benzoix

7 Kebiasaan Malam Hari yang Bantu Ratakan Perut Buncit/Foto: Freepik.com/Benzoix

Begadang menjadi salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang, terlebih bagi mereka yang memiliki aktivitas begitu padat. Namun kurang tidur akibat begadang pada akhirnya bisa membuat berat badan naik dan perut buncit, nih, Beauties!

Menurut peneliti Wake Forest, pelaku diet yang tidur lima jam atau kurang memiliki lemak perut 2,5 kali lebih banyak. Sedangkan mereka yang tidur lebih dari delapan jam tidak memiliki lemak perut sebanyak itu.

National Sleep Foundation menyarankan tujuh hingga delapan jam tidur untuk kebanyakan orang dewasa. So, kurangi kebiasaan begadang, ya, Beauties!

Nah, itulah beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa membakar lemak perut membandel. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.



(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *