Berita

8 Manfaat Minum Secangkir Teh Hijau Sebelum Tidur, Salah Satunya Bikin Tubuh Lebih Rileks!

×

8 Manfaat Minum Secangkir Teh Hijau Sebelum Tidur, Salah Satunya Bikin Tubuh Lebih Rileks!

Share this article


Beauties punya kebiasaan meminum segelas susu sebelum tidur di malam hari? Nggak ada salahnya untuk menggantinya dengan secangkir teh hijau. Teh hijau mengandung senyawa antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh jadi lebih rileks.

Lantas, adakah manfaat lainnya yang bisa didapat dengan minum teh hijau sebelum tidur? Melansir dari Teami, berikut informasi lengkapnya. Yuk, simak!

1. Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak/ Foto: Freepik.com/senivpro

Minum secangkir teh hijau sebelum tidur dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur jadi lebih nyenyak. Kandungan L-theanine yang ada di dalam teh hijau mampu mengatasi masalah tidur, salah satunya adalah insomnia. Selain itu, senyawa asam amino di dalamnya juga dapat membantu kamu bisa rileks dan mengurangi kecemasan.

Banyak orang yang merasakan manfaatnya setelah menikmati secangkir teh hijau sekitar 2 jam sebelum tidur. Beauties jadi bisa lebih cepat tidur dan tidur nyenyak sepanjang malam.

2. Tubuh Lebih Rileks

Tubuh lebih rileks/ Foto: Freepik.com/benzoix

Dalam teh hijau, ada senyawa kimia alami yang disebut theanine dan asam amino yang dapat memberikan efek menenangkan dan membuat tubuh lebih rileks.

Meminum teh hijau secara rutin dapat memberikan pengalaman lebih rileks dengan sedikit ketergantungan. Namun, memungkinkan bagi seseorang untuk merasakan tidur yang nyaman dan melepaskan diri dari stres.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan/ Foto: Freepik.com/kamranaydinov

Sebuah penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi teh hijau di malam hari dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan. Terdapat senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) yang berperan dalam membantu meningkatkan metabolisme tubuh dengan menekan produksi hormon ghrelin yang memicu rasa lapar.

Selain itu, ada juga senyawa termogenik dalam teh hijau yang dapat mendorong pembakaran lemak pada tubuh. So, nggak heran kalau teh hijau dianggap salah satu minuman yang bermanfaat untuk membantu program diet.


4. Mengurangi Stres

Mengurangi stres/ Foto: Freepik.com/gpointstudio

Kandungan kafein dalam teh hijau dipercaya dapat meningkatkan mood. Sementara itu, senyawa L-theanine didalamnya juga bisa membantu melawan gejala depresi yang kamu alami.

Dengan meminum secangkir teh hijau di malam hari sebelum tertidur dapat memicu produksi gelombang otak. Tentunya senyawa itu dapat membantu kamu pada keadaan pikiran yang lebih rileks dan bahagia.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan metabolisme tubuh/ Foto: Freepik.com/benzoix

Dalam teh hijau, terdapat senyawa polifenol yang merupakan jenis antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah peradangan pada tubuh, atau disebut antiinflamasi.

Tak heran, dengan meminum secangkir teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan siklus tidur jadi lebih teratur dan nyenyak.

6. Membuat Awet Muda

Membuat awet muda/ Foto: Freepik.com/studioredcup

Selain wajib menggunakan skincare untuk menjaga kecantikan kulit, Beauties juga perlu merawatnya dari dalam agar tampak awet muda, lho. Salah satunya dengan mengonsumsi secangkir teh hijau sebelum tidur di malam hari.

Teh hijau diperkaya akan senyawa antioksidan yang tinggi, sehingga dapat mencegah penuaan pada kulit. Selain itu, kandungan epigallocatechin gallate di dalamnya dapat memicu regenerasi sel dan mengurangi peradangan.

7. Mencegah Kanker

Mencegah kanker/ Foto: Freepik.com/freepik

Sejumlah penelitian membuktikan dengan mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi risiko kanker pada seseorang. Teh hijau mengandung senyawa polyphenol yang merupakan senyawa antioksidan yang berperan untuk memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh.

Apabila Beauties mengonsumsi senyawa ini secara rutin, maka dapat mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti jantung dan kanker. Ini termasuk kanker prostat, kandung kemih, usus besar hingga hati.

8. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Meningkatkan kecerdasan otak/ Foto: Freepik.com/jcomp

Siapa menyangka bahwa kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat meningkatkan pemikiran kognitif kamu, bahkan setelah bangun tidur. Senyawa ini juga yang mampu meningkatkan kualitas tidur kamu jadi lebih nyaman.

Faktanya, karena mendapatkan tidur malam yang berkualitas, Beauties akan bangun dengan semangat dan mood yang lebih bagus, lho!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *