Berita

Hindari, Ini 7 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkas

×

Hindari, Ini 7 Kesalahan Menyimpan Makanan di Kulkas

Share this article


Rata-rata orang menyimpan makanan di kulkas agar bisa bertahan lebih lama. Sayangnya, tanpa disadari ada sejumlah kesalahan yang sering kita lakukan saat menyimpan makanan di lemari es.

Jika dilakukan sekali atau dua kali, dampaknya memang tidak terlalu besar, tetapi apabila sering terjadi akan membahayakan kesehatanmu, lho! Supaya tidak salah lagi, intip penjelasan di bawah ini dikutip dari Haibunda.com.

1. Mengeluarkan Telur dari Kemasan





Sebaiknya tidak mengeluarkan telur dari kemasan/ Foto: Freepik/@freepik

Cangkang telur sedikit berpori dan mampu menyerap bau serta bakteri dari makanan lain. Oleh karena itu, sebaiknya simpan telur dalam kemasan aslinya. Mengeluarkan dan menyimpannya dalam wadah plastik mungkin akan membuatnya terlihat lebih cantik, tetapi menyimpannya dalam kemasan akan membuatnya awet dan tidak berbau di kulkas.

2. Mendinginkan Buah dan Sayuran Basah




Buah dan sayuran basah/ Foto: Freepik/@freepik
Buah dan sayuran yang habis dicuci/ Foto: Freepik/@freepik

Walaupun kamu mungkin tergoda untuk mencuci buah dan sayuran sebelum menyimpannya di kulkas, tetapi hal ini bukanlah cara terbaik untuk membuat makanan tersebut bertahan lebih lama. Konsultan makanan Bryan Quoc Le, Ph.D., menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena kelembapan mendorong pertumbuhan mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur, yang kemungkinan dapat menyebabkan penyakit jika dikonsumsi.

Tergantung pada jenis produknya, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menyimpan buah atau sayur dalam kemasannya atau dengan memindahkannya ke wadah lain. Langkah terbaik lainnya adalah mencuci buah dan sayuran sebelum dimakan atau disajikan.

3. Menyimpan Makanan Tanpa Penutup

Simpanlah makanan dengan penutup di kulkas/ Foto: Freepik/@freepik

Sejumlah mikroorganisme, seperti jamur dan khamir, tumbuh subur di suhu dingin kulkas, bersirkulasi di udara, dan menempel pada makanan. Paparan udara ini juga dapat mempercepat penguraian kimiawi perasa pada makanan. Selain itu, makanan di kulkas dapat menangkap bau dengan cukup cepat, sehingga menutup makanan dapat membantu mengurangi bau tidak sedap.

Pertumbuhan mikroba tidak mungkin terjadi di dalam freezer, tetapi jika makanan beku dibiarkan terbuka, makanan tersebut akan bereaksi perlahan dengan oksigen di udara dan menimbulkan rasa yang tidak enak. Oleh karena itu, tutupi makanan dengan bungkus plastik atau gunakan wadah yang aman untuk freezer sebelum menyimpannya di kulkas.

4. Menyimpan Sisa Makanan Terlalu Lama

Sisa makanan di kulkas/ Foto: Freepik/@bearfotos

Bertentangan dengan anggapan umum, mendinginkan sisa makanan dengan benar tidak menjamin makanan tersebut akan bertahan lebih lama. Setelah 3-4 hari, jumlah mikroorganisme yang tumbuh pada makanan segar menjadi cukup tinggi. Makanan ini dapat menularkan spora bakteri dan jamur melalui udara dan kontak dengan peralatan kotor, tangan kotor, atau makanan lainnya.

Selain itu, tidak selalu mungkin untuk mengetahui apakah suatu makanan mengandung patogen penyebab penyakit, karena patogen penyebab penyakit tidak mengubah penampilan, warna atau teksturnya. Untuk mengatasi hal ini, buang makanan secara teratur setelah 3-4 hari demi alasan keamanan.

 

5. Mengisi Kulkas Secara Berlebihan

Kulkas yang terlalu penuh/ Foto: Freepik/@freepik

Mengutip dari laman Homes & Gardens, salah satu aturan terpenting saat menggunakan lemari es adalah jangan mengisinya terlalu penuh. Apabila lemari es kamu terlalu penuh, akan lebih sulit untuk menjaga semuanya tetap dingin dan menjadi kurang efisien. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah dengan apa yang kamu simpan.

Semakin banyak kamu membuang barang-barang yang tidak diperlukan, semakin mudah menyimpan semua yang kamu perlukan dan semakin efisien lemari esmu. Membersihkan lemari es menjadi lebih mudah dengan membongkar dan menyederhanakannya.


6. Tidak Membuat Pembatas Penyimpanan

Pembatas penyimpanan itu penting/ Foto: Freepik/@freepik

Zonasi tidak hanya berlaku pada ruang keluarga dan ruang makan saja. Membuat zona untuk berbagai macam item yang ada di lemari es kamu dapat merevolusi penyimpanan makanan dan membuat memasak lebih mudah serta efisien. Saat mengatur lemari es kamu, penting untuk membuat zona, sehingga kamu dapat memantaunya.

7. Salah Memilih Rak di Kulkas

Meletakkan bahan makanan di rak yang tidak seharusnya/ Foto: Freepik/@freepik

Kesalahan umum lainnya dalam menyimpan makanan adalah menempatkan makanan di rak yang salah. Jika tidak disimpan di tempat yang tepat di lemari es, cairan dari daging atau ikan mentah dapat menetes ke benda lain dan menyebarkan bakteri.

Daging mentah khususnya dapat mengandung bakteri seperti Salmonella dan E.coli, yang biasanya mati selama proses pemasakan. Namun, terdapat risiko keracunan jika patogen tersebut menyebar ke produk lain. Untuk mengatasi masalah ini, daging dan ikan mentah sebaiknya disimpan di rak paling bawah dan makanan siap saji sebaiknya disimpan di rak paling atas.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari saat menyimpan makanan di kulkas. Semoga bermanfaat, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *