Berita

5 Strategi agar Kamu Lolos Tes CPNS

×

5 Strategi agar Kamu Lolos Tes CPNS

Share this article


Seleksi CASN 2024 kembali menyita perhatian publik. Pasalnya, kuota yang dibuka untuk penerimaan CASN tahun 2024 menjadi yang terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. Ada sekitar 2,3 juta formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Kemudian, di tahun 2024 ini seleksi CASN akan dilaksanakan selama 3 periode, yang berlangsung dari bulan Maret 2024 hingga Agustus 2024.

Setiap tahun, seleksi CASN selalu menyedot banyak pelamar sehingga persaingan semakin ketat. Maka dari itu, butuh persiapan yang matang untuk mengikuti seleksi CASN. Beauties, berikut adalah 5 tips dan strategi agar kamu lolos tes CPNS!

Percaya Diri dan Berdoa

5 Tips dan Strategi Agar Kamu Lolos Tes CPNS/Foto: Seno/CNN Indonesia

Percaya diri dan berdoa menjadi faktor penting yang akan mempengaruhi usaha yang kita lakukan. Dengan percaya diri, tandanya kamu yakin bahwa kamu akan bisa melewati rintangan sesulit apapun, termasuk dalam melaksanakan seleksi CPNS ini.

Jangan membandingkan kemampuanmu dengan ribuan peserta lain yang sedang bersaing juga. Perbanyak berdoa dan tidak lupa untuk meminta restu kepada kedua orangtua, agar seleksi CPNS yang sedang kamu jalani berjalan dengan lancar.

Buat Jadwal Belajar

5 Tips dan Strategi Agar Kamu Lolos Tes CPNS/Foto: Safir Makki/CNN Indonesia

Beauties, tentunya doa juga harus diiringi dengan usaha agar hasilnya bisa lebih maksimal. Salah satu usaha yang dapat kamu lakukan adalah belajar yang teratur.

Jika kamu bingung harus memulai dari mana untuk belajar tes CPNS, cobalah untuk membuat jadwal belajar terlebih dahulu. Membuat jadwal belajar akan memudahkan kamu mempelajari materi secara urut dan tertata. Selain itu, cara ini juga membuat kamu bisa lebih fokus terhadap materi yang sedang kamu pelajari.

Kenali Formasi dan Instansi yang Kamu Inginkan

5 Tips dan Strategi Agar Kamu Lolos Tes CPNS/Foto: Wisma Putra/detikcom

Tips selanjutnya yang bisa kamu ikuti untuk berpeluang lolos seleksi CPNS adalah dengan mengenali formasi dan instansi yang kamu inginkan. Beauties, beberapa hal penting yang harus kamu cari tahu antara lain penempatan, kuota yang tersedia, dan sesuai dengan latar belakang pendidikanmu.

Kemudian, kamu bisa mencari tahu di internet mengenai gambaran pekerjaan pada formasi yang kamu pilih. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengukur dirimu untuk lolos di formasi dan instansi yang kamu pilih. 

Berlatih Mengerjakan Soal-Soal

5 Tips dan Strategi Agar Kamu Lolos Tes CPNS/Foto: Seno/CNN Indonesia

Latihan mengerjakan soal-soal tes CPNS menjadi salah satu unsur penting agar kamu berpeluang lolos seleksi CPNS. Dengan cara ini, kamu juga akan bisa mengukur kemampuanmu dalam mengerjakan soal-soal tes CPNS pada saat seleksi nanti.

Ini juga akan melatih diri kamu apabila mendapat soal yang menjebak. Kamu bisa membeli buku latihan soal tes CPNS di toko buku atau mengunduh soal-soal tes CPNS sebelumnya.


Tenang dan Jangan Panik

5 Tips dan Strategi Agar Kamu Lolos Tes CPNS/Foto: Adhi Wicaksono/CNN Indonesia

Ketika ingin menghadapi ujian, panik adalah hal yang sering terjadi. Namun, panik bisa membuat kita stres sehingga materi yang telah dipelajari sebelumnya menjadi buyar.

Beauties, saat kamu menghadapi seleksi tes CPNS, kamu harus menenangkan pikiran dan jangan panik. Degan begitu, kamu akan lebih mudah untuk memproses banyak informasi dan tentunya mencegah kecemasan yang bisa membuat hilangnya konsentrasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *