Berita

Dikenal Picky, Ini 3 Pola Pikir Belanja ala Gen Z yang Wajib Kamu Tahu

×

Dikenal Picky, Ini 3 Pola Pikir Belanja ala Gen Z yang Wajib Kamu Tahu

Share this article


Seiring dengan pertumbuhan, uang menjadi semakin penting dalam kehidupan kaum Gen Z. Generasi yang lahir antara tahun 1997 – 2012 ini memiliki daya beli yang cukup besar di seluruh dunia, membuat pengaruh ekonomi mereka semakin meluas seiring bertambahnya usia mereka.

Meski mampu menghasilkan uang yang lebih banyak, para ahli mengatakan kaum Gen Z juga tidak segan membelanjakan uang mereka, bahkan di tengah masalah finansial. Hanya saja, pola pikir mereka dalam membelanjakan uang sangat berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

Dilansir dari BBC, berikut 3 pola pikir ala Gen Z sebelum membelanjakan uang mereka yang bisa kamu tiru.

1. Menghabiskan Waktu untuk Mencari Penghasilan Tambahan





Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Uang menjadi perhatian sehari-hari bagi banyak Gen Z, terutama saat ini. Meski generasi ini masih menghadapi tantangan seperti lonjakan inflasi, hal itu tidak menghentikan mereka untuk mencari cara dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Banyak kaum Gen Z yang bekerja lembur untuk mendapatkan uang tambahan, baik melalui skema pendapatan pasif, pekerjaan sampingan, atau pekerjaan tambahan. “Mereka menghabiskan begitu banyak waktu untuk mendapatkan uang tambahan dan ini memengaruhi keleluasaan mereka dalam membelanjakan uang tersebut,” kata Joe Dittmar, dewan direksi National Retail Foundation.

2. Pemilih, tapi Praktis

Deretan pola pikir belanja ala Gen Z/Foto: Freepik.com

Kebanyakan anak Gen Z dikenal picky saat berbelanja, tapi mereka juga praktis. Karena mereka adalah generasi digital native, mereka bisa meneliti dan memilih produk dengan cara baru yang menjadikan mereka pembeli paling cerdas.

Gen Z selalu meluangkan banyak waktu dan pertimbangan dalam pembelian mereka untuk memastikan suatu produk sesuai dengan kebutuhan mereka. Generasi ini bersedia menunda pembelian hingga mereka benar-benar membutuhkannya dan juga bertahan hingga mereka bisa menemukan penawaran terbaik.

3. Memiliki Standar yang Tinggi

Deretan pola pikir belanja ala Gen Z/Foto: Freepik.com

Menurut laporan belanja liburan Charm di McKinsey & Company, Gen Z tetap memperhatikan kualitas suatu produk meski mereka selalu mencari harga terbaik. Laporan tersebut menunjukkan bahwa Gen Z adalah satu-satunya generasi yang menganggap kualitas lebih penting daripada harga. Mereka juga lebih cenderung membaca dan memberikan ulasan untuk produk dan cepat menemukan opsi lain untuk produk dengan ulasan buruk.

Gen Z memiliki daftar panjang persyaratan yang harus diperiksa sebelum mereka menganggap suatu produk layak untuk dibeli. Selain itu, Gen Z peduli bahwa produk yang mereka beli dibuat dan ditangani secara berkelanjutan. Oleh sebab itu, ketika Gen Z mulai mempunyai kekuatan ekonomi yang lebih besar, preferensi dan perilaku mereka akan mulai mengubah lanskap ritel.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *