Berita

Knitwear Lover Merapat! Ini 5 Cara Merawat Pakaian Rajut agar Tidak Cepat Rusak

×

Knitwear Lover Merapat! Ini 5 Cara Merawat Pakaian Rajut agar Tidak Cepat Rusak

Share this article


Pakaian rajut menjadi salah satu pilihan yang populer di kalangan pecinta fashion karena tampilannya yang klasik dan nyaman dipakai. Tapi, tahukah kamu bahwa di balik kenyamanannya, baju rajut membutuhkan perawatan ekstra agar tetap awet dan tak mudah rusak? 

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa perawatan yang salah dapat membuat pakaian rajut cepat rusak dan kehilangan bentuknya. Jadi, bagi kamu yang gemar mengoleksi pakaian rajut atau ingin menjaga pakaian rajut favoritmu tetap cantik dan awet, yuk simak artikel ini agar mengetahui cara merawatnya dengan tepat!

1. Jangan Mencuci Terlalu Sering

Jangan Mencuci Terlalu Sering/ Foto: freepik.com

Mencuci pakaian rajut secara berlebihan dapat menyebabkan serat rajut menjadi rapuh dan mudah rusak. Sebaiknya, cucilah pakaian rajut hanya ketika benar-benar kotor.

Untuk menjaga kebersihan pakaian rajut tanpa harus mencucinya terlalu sering, kamu bisa menggunakan teknik spot cleaning. Teknik ini mengharuskan kamu membersihkan bagian yang kotor atau berbau dengan membersihkannya secara lokal, tanpa perlu mencelupkan seluruh pakaian ke dalam air.


2. Cuci dengan Tangan

Cuci dengan Tangan/Foto: goodhousekeeping.com

Melansir Vogue, menggunakan mesin cuci dapat membuat serat rajut menjadi terjepit atau tertarik oleh bagian-bagian mesin cuci sehingga dapat merusak tekstur dan bentuk pakaian rajut. Rendam pakaian rajut, kemudian gosok dengan lembut menggunakan tangan. 

Hindari menggosok terlalu keras atau memutar pakaian rajut karena hal tersebut dapat merusak serat rajut.

3. Jangan Menggunakan Mesin Pengering

Jangan Menggunakan Mesin Pengering/ Foto: pexels.com/Sarah Chai

Penyusutan dan peregangan adalah dua masalah umum yang terjadi pada kain alami akibat pengeringan yang tidak tepat. Dilansir dari Womanitely, jangan pernah mengeringkan pakaian rajut di mesin pengering. 

Biarkan kering secara alami. Jemurlah pakaian rajut di tempat yang teduh atau menggunakan jala jemuran agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

4. Setrika dengan Suhu Hangat

Setrika dengan Suhu Hangat Foto: freepik.com/pressfoto

Cukup setrika dengan suhu yang hangat karena suhu yang terlalu panas dapat merusak serat rajut dan mengubah bentuk pakaian. Pastikan setrika dalam kondisi bersih dan tidak ada kerak yang dapat menempel pada pakaian rajut.

Setrika pakaian hanya dari bagian dalam dan hindari merenggangkan pakaian rajut.

5. Jangan Digantung

Jangan Digantung/ Foto: freepik.com

Hindari menggantung pakaian rajut karena bisa membuatnya kehilangan bentuknya. Lebih baik lipat pakaian rajut kemudian simpan pakaian rajut di lemari yang bersih.

Untuk menjaga kesegaran pakaian rajut, gunakan pengharum pakaian yang lembut.  Pastikan memberikan sedikit ruang di antara pakaian rajut yang disimpan agar udara dapat mengalir dengan baik, menghindari kondisi lembab yang bisa merusak pakaian.

Merawat pakaian rajut dengan baik, membuat pakaian lebih awet dan kamu tetap bisa tampil modis dengan pakaian rajut favoritmu. Semoga tips ini bermanfaat ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *