Berita

5 Beauty Brand Lokal yang Mengusung Konsep Sustainable

×

5 Beauty Brand Lokal yang Mengusung Konsep Sustainable

Share this article


Industri kecantikan telah mengalami perubahan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir di mana semakin banyak brand yang beralih ke konsep sustainable atau berkelanjutan. Konsep ini tidak hanya mencakup produk yang ramah lingkungan, tetapi juga melibatkan upaya untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, serta mendukung kesejahteraan sosial dan ekonomi komunitas lokal. 

Di Indonesia, banyak brand kecantikan yang mulai mengadopsi konsep sustainable. Brand-brand ini menciptakan produk yang tidak hanya memberikan manfaat bagi penggunanya, tetapi juga untuk lingkungan kita.

Kira-kira apa saja beauty brand lokal yang mengusung konsep sustainable? Yuk simak selengkapnya!

Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals/ Foto: sensatia.com

Brand lokal yang mengusung konsep sustainable yang pertama adalah Sensatia Botanicals. Brand kecantikan lokal yang berasal dari Bali ini memiliki produk body care dan skincare. Melansir laman resminya, dalam pembuatan produknya Sensatia Botanicals tidak melalui uji coba terhadap hewan serta tidak mengandung paraben, minyak sawit, pewarna sintetis, dan wewangian buatan. 

Sensatia Botanicals juga bertujuan untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan dengan meminimalisir dampak pada lingkungan. Untuk menjalankan komitmennya, brand lokal ini menggunakan tas belanja yang mudah terurai untuk setiap pembelian di toko ritel serta menerima botol kosong yang dikembalikan oleh pelanggan untuk didaur ulang.


From This Island

From This Island/ Foto: instagram.com/fromthisisland

From This Island adalah brand lokal Indonesia yang didirikan oleh Maudy Ayunda, seorang public figure ternama di Indonesia, bersama dengan Patricia Davina sebagai Co-Founder. Brand ini dikenal sebagai sustainable beauty brand karena fokus pada penggunaan bahan-bahan alami dari berbagai botani asli Indonesia dalam produk skincare mereka.

Brand lokal ini berkomitmen terhadap penggunaan bahan-bahan alami yang berasal dari sumber daya lokal sehingga bekerja sama dengan para petani lokal untuk mengembangkan bahan baku produksi mereka. Selain itu, brand ini juga menjamin bahwa produk mereka tidak melakukan uji coba pada hewan (no animal testing) dan tidak mengandung bahan kimia yang berpotensi menyebabkan gangguan hormon atau iritasi pada kulit. 

Skin Game

Skin Game/ Foto: instagram.com/skingameofficial

Skin Game adalah brand kecantikan Indonesia yang didirikan pada tahun 2020. Mereka memiliki misi untuk menyediakan produk basic skincare, terlebih untuk kamu yang memiliki wajah berjerawat.

Skingame merupakan salah satu brand Indonesia yang sustainable, karena Skin Game bekerja sama dengan pihak lain untuk mendaur ulang kemasan produk mereka. Dengan melakukan ini, mereka membantu mengurangi limbah plastik dan mendorong praktik daur ulang yang lebih berkelanjutan.

N’PURE

N’PURE/ Foto: npureofficial.id

N’PURE merupakan brand kecantikan Indonesia yang didirikan pada tahun 2017. Mereka dikenal karena menggunakan bahan-bahan alami terbaik dari Indonesia yang dipilih langsung oleh petani lokal. 

Mengutip akun Instagram resminya, pada tahun 2021 lalu N’PURE menjalankan CollaboraTree bersama LindungiHutan dan berhasil mengumpulkan 5.000 pohon mangrove yang ditanam di pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. N’PURE ingin memberikan sesuatu kepada alam dan mengajak konsumennya untuk ikut mengambil peran di dalamnya melalui kampanye alam yang bertajuk #PureGreenSafeNature.

Skin Dewi

Skin Dewi/ Foto: instagram.com/skindewi

Beauty brand lokal terakhir yang mengusung konsep sustainable yaitu Skin Dewi. Brand lokal satu ini memiliki konsep skincare yang murni dan efektif. 

Salah satu alasan utama mengapa Skin Dewi dianggap sebagai brand yang sustainable adalah karena penggunaan bahan-bahan organik yang bersertifikasi dalam formulasi produk mereka. Hal ini menunjukkan komitmen mereka terhadap keberlanjutan lingkungan dan kesehatan konsumen, karena bahan organik cenderung lebih ramah lingkungan dan lebih aman untuk digunakan. Selain itu, Skin Dewi juga tidak melakukan uji coba pada hewan (cruelty-free).

Itu lah 5 beauty brand Indonesia yang menggunakan konsep sustainable. Ada favoritmu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *