Berita

5 Cara Menghentikan Earworm, Kondisi Saat Lirik Lagu Terus Terngiang di Kepala

×

5 Cara Menghentikan Earworm, Kondisi Saat Lirik Lagu Terus Terngiang di Kepala

Share this article


Beauties, apakah kamu pernah terngiang lirik lagu atau jingle iklan yang catchy? Walaupun kondisi tersebut normal, hal itu terkadang cukup mengganggu kita. 

Kondisi di mana lirik lagu terus berputar di kepalamu itu dinamakan earworm. Melansir WebMD, fenomena tersebut telah dipelajari sejak 1885 dengan beberapa istilah seperti sindrom lagu yang ‘macet’ di pikiran atau pengulangan lagu di kepala. 

Sebuah riset di tahun 2020 menunjukkan bahwa 97 persen mahasiswa dan mahasiswi di Amerika Serikat pernah mengalami eaworm. Perempuanlah yang rentan mengalaminya.

Dilansir dari Reader’s Digest, ada lima cara menghentikan earworm. Apa sajakah itu? Cek selengkapnya di bawah ini! 

1. Dengarkan Lagu Seutuhnya

Ilustrasi Perempuan sedang Mendengarkan Musik/Foto: Freepik

Yang pertama, kamu harus mendengarkan lagu itu seutuhnya. Menurut Kelly Jakubowski, seorang psikolog musik di Inggris, melakukan hal ini dapat membantu otak menyelesaikan lirik yang belum selesai di pikiran. Apakah menurutmu ini bakal membantu, Beauties? 

2. Alihkan dengan Melodi Lain

Ilustrasi Perempuan sedang Mendengarkan Sebuah Lagu/Foto: Freepik/Benzoix

Jika cara pertama tidak membantumu, kamu dapat mengalihkan pikiran dengan cara mendengarkan melodi atau lagu lain. Buka akun streaming musik online favoritmu dan dengarkan lagu yang memiliki nada gembira.  

3. Mengunyah Permen Karet

Ilustrasi Perempuan sedang Menggelembungkan Permen Karet/Foto: Freepik/asierromero

Mengunyah permen karet ternyata bisa menghentikan earworm. Hal ini telah teruji dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jakubowski. Kebanyakan partisipan berhasil mengurangi nada-nada yang ada di kepala dengan cara mengunyah permen karet.

Nggak hanya permen karet aja, Beauties juga dapat mengunyah makanan yang renyah atau crunchy. Sebab, keduanya dapat mengaktifkan indra pendengaran yang menyebabkan pikiranmu akan lupa dengan melodi yang ada di kepala. 


4. Lakukan Kegiatan yang Melatih Fokus Diri

Ilustrasi Seseorang sedang Bermain Puzzle/Foto: Freepik

Kegiatan yang memerlukan konsentrasi dapat membantumu menghentikannya. Coba, deh, lakukan kegiatan seperti bermain puzzle, bermain catur, dan mengerjakan soal matematika. Otakmu akan teralihkan saat kamu fokus mengerjakan hal lain.

5. Terima Saja Apa Adanya

Ilustrasi Perempuan sedang Menggunakan Headphone dan Bernyanyi/Foto: Freepik/benzoix

Jika semua tips di atas tidak berhasil padamu, satu-satunya cara adalah dengan menerima kondisi tersebut. Biarkan earworm hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu yang berbeda pada setiap orang. 

Mengutip WebMD, situasi itu akan lebih lama menghilang jika kamu adalah orang yang senang mendengarkan lagu. Mengingat bahwa salah satu penyebab earworm adalah emosi atau situasi pribadi yang sering diasosiasikan dengan lagu saat mendengarkannya.

Lengkap sudah lima cara menghentikan earworm. Fenomena earworm ini memang unik ya, Beauties. Walau nggak bahaya, terus-terusan teringat lirik lagu secara terus menerus itu menjengkelkan, ya? 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *