Berita

Ini Cerita Ni Made Sugiarti dan I Nyoman Suryananta, Pasutri yang Sukses Jalani Bisnis Bersama

×

Ini Cerita Ni Made Sugiarti dan I Nyoman Suryananta, Pasutri yang Sukses Jalani Bisnis Bersama

Share this article


Selektif dalam memilih partner bisnis penting dilakukan. Sebab, partner bisnis pun bisa berpengaruh pada kemajuan usaha yang tengah dijalani. Banyak orang, yang memilih partner dalam berbisnis adalah orang terdekatnya, mulai dari teman dekat, saudara, hingga pasangan. 

Dengan pemilihan partner bisnis dari orang terdekat, diharapkan bisa membuat jalinan kerja sama jadi lebih leluasa. Adapun salah satu contoh yang menjalin kerja sama dengan orang terdekatnya adalah Ni Made Sugiarti dan I Nyoman Suryananta. Mereka adalah pasutri yang berbisnis bersama menjadi Brand Partner nomor 1 Oriflame Bali.

Dalam acara Regional Beauty Influencer Expo (RBIE) di Hotel Sheraton Bali, Sabtu (11/5/2024), Tim lumpkinsjail berbincang langsung dengan pasangan suami-istri ini, yang telah menjalani bisnis Oriflame.

Cerita Awal Mula Ni Made Sugiarti dan I Nyoman Suryananta Jadi Brand Partner Oriflame

cerita Ni Made Sugiarti dan I Nyoman Suryananta yang sukses bisnis bersama/Foto: Rini Apriliani/lumpkinsjail

Keduanya sudah menjadi brand partner Oriflame selama 20 tahun, dari semenjak masih berpacaran di masa kuliah dulu. Ni Made Sugiarti-lah yang saat itu memulai lebih dulu bisnis ini. 

Mulanya, ia sempat gengsi dan tidak mau ikut berbisnis Oriflame. Namun, karena saat itu butuh tambahan uang dan melihat temannya yang lebih dulu sukses dengan bisnis yang sama, membuatnya jadi tertarik. 

“Awal-awal pertama itu sempet nggak mau bisnis ini, karena siapa yang misal mau beli lipstik tiap bulan kan? Tapi balik lagi, karena butuh, terus dari orang tua terbatas. Liat teman yang ngajakin saya (bisnis Oriflame) itu kok berhasil ya. Di sanalah saya merasa akhirnya ikut,” ujar Niek. 

Setelah dijalani, Niek sapaannya, mendapat keuntungan. Saat itu, ia telah menjalin hubungan dengan suaminya, Nanta. Ia bercerita jika awalnya Nanta pun tidak tertarik ikut. 

“Suami saya adalah pacar dari SMU. Saat pertama kali saya menjalankan Oriflame, ia tidak tertarik untuk bergabung. Dia kuliah di Surabaya saat itu, sedangkan saya di Bali,” ungkap Niek. 

Namun, seiring berjalannya waktu, saat Nanta terus melihat perubahan Niek dari menjalani bisnis ini, ia pun jadi tertarik ikut bergabung. 

“Saya join karena liat dia, pacar saya (Niek). Pas libur semester, pulang ke Bali itu kegiatannya nganter-nganter dia, terus mikir dia kok bisa ya sampai menghasilkan segini. Saya lulus dengan background IT kayanya nggak akan dapat segini ya,” kata Nanta. 





Ni Made Sugiarti dan I Nyoman SuryanantaNi Made Sugiarti dan I Nyoman Suryananta/ Foto: Dok. Oriflame

Lebih lanjut, kepada Tim lumpkinsjail pun Niek dan Nanta bercerita bagaimana perjuangan keduanya ada di dalam bisnis yang telah dijalani selama 20 tahun ini. Ternyata, keduanya telah melewati fase-fase sulit saat awal memperkenalkan Oriflame kepada masyarakat. 

“Dulu media sosial belum seperti sekarang ya, kalau mau jualan, mau invite orang itu caranya offline banget. Saya dulu door to door, harus cerita apapun tuh satu per satu. Subnya dulu hanya sebatas antar teman. Seiring berkembangnya zaman, itu semakin mudah. Mulai dari operasional hingga pemasarannya juga bisa membuat saya menjual sampai ke luar kota,” cerita Niek. 

Sebelum sukses seperti sekarang, Niek mengatakan jika penghasilan awalnya saat itu sekitar Rp500 ribuan. Jumlahnya terus meningkat semenjak ia terus fokus dalam bisnis ini. 

“Penghasilan awal dari Oriflame itu dulu Rp500 ribu, terus naik. Sekarang rata-rata Rp100 juta per bulan,” ungkapnya. 

Terkait hubungan dalam berbisnis, Niek dan Nanta mengaku tidak saling berkompetisi. Keduanya pun membagikan tips sukses sederhananya. 

“Kita berdua nggak saling berkompetisi, tapi kita saling melengkapi. Misal saya butuh PDF sampai gambar promosi, Nanta ini jagonya,” kata Niek. 

“Tips suksesnya dari saya itu konsisten sih kak. Seperti bisnis Oriflame saya ini, saya konsisten untuk memperkenalkan ke banyak orang. Terus, karena Oriflame ini jadi harus pintar-pintar menjaga komunitas ya,” lanjut Niek dan Nanta.

Manfaat Berbisnis dengan Pasangan
Ilustrasi Bisnis

Ilustrasi berbisnis/Foto: Shutterstock

Beauties, belajar seperti Niek dan Nanta yang telah sukses menjadi Brand Partner Oriflame No.1 di Bali, memang berbisnis bersama pasangan mendatangkan banyak manfaat lho!

Mengutip AIContentfy, menjalin kerja sama bisnis bersama pasangan mendatangkan sederet manfaat berikut: 

  • Mempererat hubungan
  • Bisa berbagi beban kerja dan tanggung jawab
  • Saling mendukung satu sama lain saat drop
  • Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang lebih baik
  • Usaha bisa berkembang, karena adanya perspektif berbeda
  • Berdiskusi lebih cepat dilakukan
  • Kalau sukses, keuangan bersama bisa stabil

Di samping manfaatnya, kamu perlu juga mengetahui sederet sisi negatifnya, seperti: 

  • Sulitnya menjaga profesionalitas
  • Bisa terjadinya selisih paham terkait urusan bisnis
  • Semakin sering bertemu, bisa membuat hubungan jadi jenuh

Nah kalau Beauties, pernahkah menjalani bisnis bersama pasangan? 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *