Berita

Kenali 4 Tipe Temperamen Manusia Menurut Ilmu Psikologi, Kamu yang Mana?

×

Kenali 4 Tipe Temperamen Manusia Menurut Ilmu Psikologi, Kamu yang Mana?

Share this article


Temperamen biasanya dinilai sebagai emosi yang diluapkan dalam bentuk marah. Ternyata temperamen adalah bagian dari kepribadian seseorang yang ditunjukkan dari perilaku natural sehari-hari.

Faktor genetika berperan besar dalam menentukan temperamen seseorang, kemudian didukung dari stimulasi lingkungan luar. Dilansir dari laman Verywellmind, ada 4 tipe temperamen manusia yang sudah diklasifikasikan oleh peneliti. Yuk simak artikel ini sampai habis! 

Sanguinis

4 Tipe Temperamen Manusia/Foto: pexels.com/Olly

Manusia dengan tipe temperamen sanguinis dikenal sebagai sosok yang suka bersosialisasi dan mudah bergaul. Biasanya orang yang masuk dalam kategori Sanguinis tergolong sebagai ekstrovert. Temperamen sanguinis terlihat dari sosok yang ceria, optimis, dan menyenangkan. Orang-orang dengan tipe Sanguinis cenderung banyak berbicara dan punya banyak relasi. Namun, orang yang punya temperamen Sanguinis sangat suka menjadi sorotan dan mencari sensasi.

Koleris

4 Tipe Temperamen Manusia/Foto: pexels.com/Brynna Spencer

Tipe temperamen selanjutnya adalah Koleris yang cukup pilih-pilih untuk berteman. Bagi orang dengan temperamen Koleris, dirinya hanya dapat berteman akrab dengan orang-orang yang sefrekuensi dari sisi hobi maupun tujuan hidup. Temperamen Koleris sangat berorientasi pada tujuan yang ingin dicapai. Biasanya orang dengan tipe temperamen ini dikenal memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan selalu berpikir logis.


Plegmatis

4 Tipe Temperamen Manusia/Foto: pexels.com/Jonas Svidras

Plegmatis adalah tipe temperamen yang menyukai keharmonisan dalam hubungan dengan siapapun. Biasanya tipe Plegmatis akan menghindari kemungkinan konflik yang terjadi antara dirinya dengan orang lain. Tipe Plegmatis dikenal sebagai sosok yang penuh kepedulian dan dapat diandalkan. Walaupun begitu, tipe ini terlalu takut untuk menghadapi resiko-resiko yang akan terjadi di masa depan sehingga selalu kabur dari masalah. 

Melankolis

Tipe Temperamen Manusia/Foto: pexels.com/Min An

Melankolis sering dikaitkan dengan kesedihan, padahal tipe temperamen melankolis adalah sosok pendiam yang bijaksana. Tipe temperamen ini sangat patuh terhadap aturan yang ada, sehingga segala sisi hidupnya sangat teratur. Orang-orang melankolis sangat dibutuhkan sebagai pemimpin karena memiliki kemampuan analisa di atas rata-rata dan berkoordinasi baik dengan lingkungan sekitarnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *