Berita

Panduan Kuliah Beasiswa Luar Negeri Sambil Bekerja Part Time di Inggris

×

Panduan Kuliah Beasiswa Luar Negeri Sambil Bekerja Part Time di Inggris

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Di Inggris Raya sejumlah pelajar internasional yang berkuliah termasuk peraih beasiswa luar negeri dilakukan sambil bekerja paruh waktu merupakan hal yang lumrah. Dengan bekerja paruh waktu, Anda dapat mengurangi beban biaya hidup di sana sekaligus mendapatkan pengalaman kerja.

Dengan memilih Inggris Raya sebagai tempat studi lanjutan, Anda juga akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan sejumlah keterampilan kerja selain kemampuan berpikir mandiri. Hal tersebut tentunya sangat bagus bagi karir Anda di masa depan.

Berbagai macam pekerjaan tersedia di Inggris Raya, Anda dapat bekerja paruh waktu atau part time, bekerja sebagai relawan atau menyelesaikan penempatan kerja atau mengambil sandwich course (belajar di antara periode bekerja) sepanjang waktu. Semua hal tersebut merupakan pengalaman kerja yang berharga yang dapat memberikan keunggulan dan membangun resume Anda.

Selain itu, sebagian besar universitas dan institusi pendidikan di Inggris mempunyai pusat karir khusus yang dapat mengarahkan mahasiswanya mengenai semua aspek dalam mendapatkan pekerjaan selama atau setelah mereka belajar.

Syarat bekerja di Inggris Raya

Visa pelajar Anda berpengaruh terhadap persyaratan ini. Bagi pelajar internasional yang berasal dari Uni Eropa, mereka tidak ada batasan untuk bekerja. Akan tetapi, jika Anda mahasiswa non Uni Eropa dan program kuliah Anda lebih dari enam bulan, Anda perlu memiliki Tier 4 (General) Student Visa. Visa tersebut dapat memungkinkan Anda mengambil kerja paruh waktu sampai 20 jam selama kuliah dimulai dan kerja penuh waktu ketika liburan kuliah.

Berikut beberapa persyaratan umum bagi Anda pemegang visa Tier 4 (umum) atau Tier 4 (anak) untuk dapat bekerja selama Anda menjalani studi di Inggris Raya.

Belajar di lembaga pendidikan tinggi yang didanai publik
Sedang mempelajari program studi luar negeri jangka pendek dengan lembaga pendidikan tinggi di luar negeri
Berusia di atas 16 tahun
Sedang mempelajari kursus di tingkat NQF 6 (jenjang gelar) ke atas
Namun, mungkin akan ada batasan pada jenis pekerjaan yang dapat Anda lakukan, termasuk batasan terhadap jam kerja Anda.

Jika Anda mengambil program level sarjana atau Master, tidak termasuk Program Fondasi maka Anda dapat mengambil kerja paruh waktu sampai 10 jam sewaktu kuliah dan kerja penuh waktu ketika liburan.

Harap diingat, jika pada paspor atau kartu identitas Anda terdapat tanda ‘No Work ‘ atau ‘Work Prohibited’, itu artinya Anda tidak diperkenankan untuk bekerja di Inggris Raya. Hal tersebut merupakan ketentuan dari imigrasi Inggris Raya, yang jika dilanggar Anda dianggap melanggar hukum.

Jenis pekerjaan paruh waktu

Anda diperkenankan untuk bekerja apa saja selain menjalankan bisnis, wirausaha atau mengambil karir permanen. Anda juga tidak dapat bekerja sebagai professional olahragawan atau entertainer dengan menggunakan visa pelajar.

Biasanya, mahasiswa bekerja di sektor perdagangan atau jasa. Anda juga perlu mengetahui upah minimum kerja disana sebesar £6.50 (US$ 10.80) per jam atau lebih.

Mahasiwa yang ingin kerja magang sukarela perlu mencari tahu dari organisasi apakah pekerjaan tersebut termasuk pekerjaan yang dibayar atau tidak. Jika iya, maka ini akan mengurangi waktu maksimum kerja Anda per minggunya.

Setelah Anda mendapatkan pekerjaan, Anda perlu mendapatkan National Insurance Number dan perlu membayar pajak penghasilan ke pemerintahan Inggris.

Sektor pekerjaan paruh waktu bagi mahasiswa internasional

Sektor kerja paruh waktu untuk siswa internasional disini maksudnya adalah ada yang sebagaimana bekerja di sektor servis seperti perdagangan atau jasa, terdapat banyak pilihan pekerjaan untuk mahasiswa di Inggris. Upah rata rata untuk pekerjaan di sektor ini sebesar £7 (US$ 11.60) per jam, berikut beberapa diantaranya.

Brand Ambassador

Terkadang, perusahaan besar memilih beberapa mahasiswa untuk mewakili brand mereka di universitas. Biasanya Anda perlu untuk meletakkan poster iklan perusahaan, menjalankan even untuk promosi dan beberapa cara lain untuk mengenalkan brand mereka ke mahasiswa lain. Anda dapat menerima upah per jam atau per proyek, tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan.

Guru Privat

Mahasiswa dapat menawarkan layanan guru privat ke mahasiswa lain, atau pelajar di sekolah lokal ataupun komunitas. Ini biasanya menjadi pilihan populer bagi mahasiswa yang fasih bahasa asing, yang dapat memberikan pelajaran dalam bahasa Inggris. Terdapat beberapa agen seperti Bright Young Things yang mempekerjakan mahasiswa, atau Anda dapat melihat iklan yang terdapat di papan pengumuman universitas. Anda juga dapat mempromosikan layanan privat Anda sendiri.

Pertukangan

Anda juga dapat menggunakan keahlian untuk bekerja selama Anda kuliah. Pekerjaan ini bervariasi seperti mengecat, tukang kebun, pembersih, atau pengangkat barang berat dan biasanya dibayar lebih murah sebesar £7.50- £12 (US$ 12.45 – US$ 20) per jam, dibanding pekerjaan di sektor servis. Akan tetapi, pekerjaan ini sangat dibutuhkan dan biasanya terletak jauh dari pusat kota dan kampus.

Keahlian khusus

Bergantung pada keahlian yang Anda miliki, Anda mungkin ingin untuk mengambil proyek sambilan untuk mendapatkan pengalaman di bidang Anda. Posisi ini umumnya tidak ditawarkan secara umum, atau Anda dapat melihat di bursa kerja online seperti studentgems.com. Posisi ini juga biasa ditawarkan melalui papan kerja di universitas dimana pemberi kerja mencari kandidat dengan keahlian dan pengetahuan spesifik. Upah dan jam kerja bergantung pada tipe proyek tersebut.

Bekerja setelah lulus

Jika Anda ingin tinggal dan bekerja di Inggris Raya setelah Anda menyelesaikan studi, Anda harus mendapatkan visa baru terlebih dahulu, atau bisa juga mengajukan permohonan perpanjangan visa Inggris.

Terdapat tiga visa kerja yang paling umum tersedia bagi siswa internasional yakni, Tingkat 1 (Pengusaha Lulusan), Tingkat 2 (Umum) dan Tingkat 5 (Pekerja Temporer). Silakan temukan informasi mengenai jenis-jenis visa tersebut pada laman resmi Pemerintah Inggris, agar Anda dapat mengetahui apakah Anda memenuhi syarat pada salah satu dari visa tersebut, serta informasi terkait tata cara pengajuan permohonan visa.

Pilihan Editor: Lolos Beasiswa Luar Negeri ke UK, Cek Persyaratan Ajukan Visa Studi

INTERNATIONAL EDUCATION SPECIALIST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *