Berita

Kenapa Semut Suka Bersarang di Stopkontak? Ini Penjelasannya

×

Kenapa Semut Suka Bersarang di Stopkontak? Ini Penjelasannya

Share this article


Beauties, pernahkah kamu melihat sekelompok semut yang memasuki atau bersarang di dalam stopkontak yang ada di rumah? Jika pernah, apakah kamu mungkin juga bertanya-tanya, mengapa semut menyukai listrik dan kerap membuat sarangnya di sana?

Pasalnya, meskipun semut berukuran kecil, tetapi semut merupakan jenis serangga yang dapat menyebabkan kerusakan di dalam rumah. Bahkan mereka bisa menemukan jalan di dalam ruangan tanpa terdeteksi.





Kenapa semut suka listrik dan bersarang di stopkontak?/Foto: Freepik/@fabrikasimf

Sehingga jika mereka bersarang di stopkontak yang ada di dalam rumahmu maka hal tersebut bisa membuat kerusakan pada area listrik yang sensitif seperti memutus aliran listrik. Selain itu, semut yang bersarang di stopkontak juga bisa menyebabkan kerusakan pada kabel listrik dan kotak saklar listrik di dinding rumah, sebagaimana yang dilansir dari Pest Control Sleuth.

Oleh karena itu, kita perlu mengusir semut dari dalam stopkontak untuk menghindari kerusakan tersebut. Namun, mengusir semut dari dalam stopkontak bukanlah hal yang mudah mengingat mereka merupakan hewan berkelompok berukuran kecil yang menyukai listrik. Sehingga dibutuhkan strategi yang tepat untuk mengusirnya.

Kendati demikian, sebelum membahas cara mengusir semut dari dalam stopkontak, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi alasan utama semut menyukai listrik. Nah, kira-kira apa ya alasannya, Beauties? Berikut alasan semut menyukai listrik dan bersarang di stopkontak, serta cara mengusirnya. Check it out!

Kenapa Semut Suka Listrik dan Bersarang di Stopkontak?

Kenapa semut suka listrik dan bersarang di stopkontak?/Foto: Freepik/@wirestock

Umumnya, stopkontak yang pernah disinggahi oleh semut dan dibuat sarang di dalamnya memiliki beberapa ciri khas, seperti terlihat adanya bekas dan perubahan warna pada stopkontak tersebut. Kemudian, juga terdapat retakan atau lubang baru di dekat stopkontak. Apabila stopkontak yang ada di rumahmu memiliki ciri-ciri tersebut maka hal itu berarti menunjukkan bahwa semut mungkin pernah atau sedang membuat sarang di dalamnya.

Lantas, mengapa semut menyukai listrik dan bersarang di stopkontak? Rupanya, melansir dari Newtown Pest Control, alasan semut menyukai listrik adalah karena sifat alami semut yang menyukai ruangan hangat seperti colokan dan stopkontak listrik. Kondisi inilah yang mereka sukai karena dapat memberikan kehangatan pada tubuh mereka. 


Cara Mengusir Semut dari dalam Stopkontak

Cara mengusir semut dari dalam stopkontak/Foto: Pexels/Jimmy Chan

Apabila semut yang bersarang di stopkontak tidak segera diusir maka bisa berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar serta memakan biaya perbaikan yang cukup mahal. Apalagi jika sudah sampai di titik mereka mengunyah kabel listrik yang ada di dalam stopkontak maka bukan hal yang tidak mungkin jika itu bisa menyebabkan korsleting.

Lantas, bagaimana mengusir semut dari dalam stopkontak? Melansir dari Pest Control Sleuth, cara terbaik untuk mengusir semut dari stopkontak adalah dengan menggunakan strip umpan semut. Cara ini diklaim aman dan tidak akan merusak kabel atau sakelar listrik.

Pasalnya, umpan semut efektif untuk mengusir berbagai spesies semut dan dapat menarik mereka keluar dari dalam stopkontak. Sehingga mereka dapat dibasmi oleh racun di tempat umpan semut tersebut. Namun, selain menggunakan umpan semut, kamu juga bisa menggunakan jasa pembasmi hama.




Jasa pembasmi hama
Jasa pembasmi hama/Foto: Freepik/@master1305

Biasanya, jasa ini digunakan ketika kamu menemukan koloni semut dalam jumlah besar, yang tidak akan efektif jika hanya diusir menggunakan strip umpan semut. Nantinya, para spesialis pembasmi hama akan bekerja membasmi semut tanpa merusak peralatan listrik apa pun.

Namun, perlu diingat, jika proses pembasmian semut sudah selesai, kamu tetap perlu mencari bantuan teknisi listrik untuk menutup semua titik masuk yang digunakan semut ketika memasuki stopkontak yang ada di rumahmu. Dengan begitu, kamu dapat menghilangkan semut yang ada sekaligus mencegah mereka masuk kembali ke dalam stopkontak.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *