Berita

Mengenal Apa Itu Palmitoyl Tripeptida, Manfaat dan Efek Sampingnya

×

Mengenal Apa Itu Palmitoyl Tripeptida, Manfaat dan Efek Sampingnya

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Jika Anda mencari bahan perawatan kulit yang mengatasi berbagai masalah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan palmitoyl tripeptida. Meskipun mungkin kurang dikenal dalam banyak produk perawatan kulit, palmitoyl tripeptida menawarkan beberapa manfaat untuk kulit, termasuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan serta meningkatkan elastisitas kulit. Untuk lebih lengkapnya, yuk sama-sama kita telusuri manfaat palmitoyl tripeptida, cara penggunaan dan risiko efek sampingnya untuk kulit.

Apa itu palmitoyl tripeptida?

Palmitoyl tripeptida adalah molekul kecil yang terdiri dari tiga asam amino (dari sinilah asal kata “tripeptida” dalam namanya) yang melekat pada asam lemak, menurut Jody Alpert Levine, dokter kulit bersertifikat dan direktur dermatologi di Bedah Plastik & Dermatologi New York, Amerika Serikat.

Bahan ini membantu meningkatkan produksi kolagen dan mencegah kerusakan kolagen, sehingga sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mendapatkan manfaat anti-penuaan alias anti-aging.

Palmitoyl tripeptida yang cukup ringan, cenderung menjadi pilihan yang baik untuk orang dengan kulit sensitif.

Manfaat palmitoyl tripeptida

Penelitian menunjukkan bahwa ketika palmitoyl tripeptida ditambahkan ke produk perawatan kulit, bahan-bahan tersebut dapat membantu mengatasi garis-garis halus, kerutan, kerusakan akibat sinar matahari hingga meningkatkan elastisitas kulit.

“Memasukkan palmitoyl tripeptida dalam perawatan kulit membantu melawan tanda-tanda penuaan, sehingga menghasilkan kulit yang lebih halus dan awet muda,” kata dokter Levine dikutip dari laman Byrdie, 22 Mei 2024.

Dia menjelaskan bahwa seiring bertambahnya usia, produksi kolagen melambat, berkontribusi pada munculnya garis-garis halus dan kerutan, serta masalah tekstur. Palmitoyl tripeptida mendorong pertumbuhan kolagen, yang merupakan kunci untuk menjaga struktur, elastisitas, dan kekencangan kulit.

Dokter kulit bersertifikat Justine Park mengatakan palmitoyl tripeptida mungkin menawarkan manfaat anti-penuaan serupa dengan yang dapat Anda peroleh dengan retinol. Sebab bahan ini mampu menginduksi pembentukan kolagen dan mengurangi produksi pigmen pada kulit.

Bagi sebagian orang dengan kulit sensitif, memasukkan retinol ke dalam rutinitas perawatan kulit mereka mungkin sulit karena dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, rasa terbakar, dan gejala tidak nyaman lainnya. Jika Anda mencari alternatif yang lebih ramah terhadap kulit sensitif, palmitoyl tripeptida mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Cara penggunaan palmitoyl tripeptida

Anda dapat menemukan palmitoyl tripeptida atau palmitoyl tripeptides dalam serum, krim, dan pelembap. Dokter Park merekomendasikan untuk mencari bahan ini jika Anda memiliki kulit sensitif karena potensi iritasi yang rendah serta manfaat penambah kolagen dan pencerahnya.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit bersertifikat untuk membuat rangkaian produk khusus yang paling cocok untuk kulit Anda, pelajari kapan harus menggunakannya, dan cari tahu cara memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

“Sama halnya dengan memulai dengan produk baru, penting untuk memperkenalkan produk yang mengandung peptida ini secara bertahap agar kulit Anda dapat menyesuaikan diri dan kemudian menggunakannya dengan konsistensi, seperti yang diarahkan oleh dokter kulit Anda, untuk hasil yang optimal,” kata Levine.

Jika kulit Anda dapat menoleransi produk dengan baik, Anda dapat meningkatkan frekuensi penggunaan secara bertahap menjadi sekali sehari. Dokter Levine merekomendasikan penggunaan produk sesuai petunjuk, yakni setelah membersihkan wajah dan sebelum mengoleskan krim yang lebih berat, pelembap, dan tabir surya.

Efek samping palmitoyl tripeptida

Para ahli kulit mengatakan bahwa palmitoyl tripeptida umumnya aman digunakan dalam perawatan kulit dan tidak menimbulkan masalah bagi kebanyakan orang.

“Faktanya, bahan-bahan tersebut tampaknya dapat ditoleransi dengan baik bahkan pada kasus kulit sensitif,” kata dokter Park.

Namun, seperti halnya produk perawatan kulit lainnya, ada kemungkinan beberapa orang mengalami iritasi atau reaksi alergi saat menggunakan bahan tersebut.

“Pada individu yang sensitif, bahan ini dapat menyebabkan kemerahan, gatal, iritasi, kering atau berjerawat,” kata Levine. “Dalam kasus yang jarang terjadi, reaksi alergi dapat terjadi.”

Agar aman, konsultasikan dengan dokter kulit bersertifikat sebelum menggunakan produk apa pun yang mengandung palmitoyl tripeptida. Mereka dapat membantu Anda menentukan apakah bahan tersebut cocok untuk Anda, dan memandu Anda dalam memilih produk tertentu yang membantu mengatasi masalah perawatan kulit Anda.

Pilihan Editor: Mengenal Apa Itu Bentonite Clay, Manfaat, dan Efek Sampingnya untuk Kulit

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *