Berita

5 Kebiasaan Pemicu Flek Hitam yang Kerap Tak Disadari, Kamu Suka Lakukan Nggak Nih?

×

5 Kebiasaan Pemicu Flek Hitam yang Kerap Tak Disadari, Kamu Suka Lakukan Nggak Nih?

Share this article


Memiliki kulit sehat, halus, bersih, dan glowing menjadi dambaan setiap perempuan. Sayangnya, selalu ada masalah kulit yang kerap muncul dan mengganggu penampilan Beauties. Salah satunya ialah flek hitam.

Tidak hanya mengganggu penampilan saja, tetapi flek hitam juga bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Melansir detikHealth, flek hitam berupa bintik-bintik berwarna gelap pada kulit. Hal itu muncul lantaran adanya peningkatan melanin atau pigmen alami kulit.

Orang-orang yang mengalami flek hitam pun tidak hanya dari usia lanjut saja, malahan usia belia pun juga bisa terkena flek hitam. Biasanya flek hitam timbul karena paparan sinar matahari. Namun, ternyata ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan flek hitam.

Bahkan itu disebabkan kebiasaan sehari-harinya. Apa saja itu? Berikut lima kebiasaannya!

1. Panas dari Api Kompor Saat Memasak

Panas dari Api Kompor Saat Memasak/Foto: Pexels/RDNE Stock Project

Skin expert dari Erha Ultimate, dr Pita Matubani Asriri menyatakan panas matahari dan panas api itu berbeda. Ia menjelaskan sinar matahari menghasilkan panas radiasi, sedangkan panas dari api kompor langsung menyembur ke wajah. Itu yang menyebabkan pembuluh darah vascular di bawah kulit menjadi mudah rusak ketika kondisinya panas.

Untuk itu, dr Pita menyarankan pemakaian skincare khususnya sunscreen sebelum Beauties melakukan aktivitas di pagi hari, meskipun berada di rumah saja. Sunscreen bisa bekerja efektif dengan memerlukan waktu 20 hingga 30 menit. Dengan skincare menghindari kamu dari paparan sinar yang merusak kulit, seperti sinar matahari yang masuk melalui jendela rumah, sinar komputer, maupun panas dari api kompor ketika memasak 

2. Terkena Paparan Sinar Matahari tanpa Tabir Surya

Terkena Paparan Sinar Matahari tanpa Tabir Surya/Foto: Pinterest/Femme Actuelle

Dikutip Very Well Health, sinar matahari menjadi penyebab utama timbulnya flek hitam di wajah. Itu pun bila Beauties malas memakai tabir surya.

Seiring bertambahnya usia, hiperpigmentasi pun muncul. Hal itulah yang membuat kulit memperlihatkan dampak paparan sinar matahari yang berlebih, seperti yang dilansir CNN Indonesia.

3. Peradangan pada Kulit

Peradangan pada Kulit/Foto: Style Craze

Jerawat juga menandakan adanya peradangan yang menimbulkan flek hitam di wajah. Jenis perubahan warna menjadi respon alami kulit yang mengalami peradangan. Saat peradangan terjadi, kulit memproduksi melanin berlebih hingga terlihat lebih gelap.

Agar masalah bisa teratasi, Beauties bisa merawat wajah dengan cara rutin mencuci muka supaya tidak muncul jerawat dan flek hitam.


 

4. Menggunakan Produk Kecantikan yang Mengandung Vitamin C atau Citrus

Produk Kecantikan yang Mengandung Vitamin C atau Citrus/Foto: Pinterest/Boniik

Skincare atau produk kecantikan yang mengandung vitamin C memang baik untuk mencerahkan kulit. Namun, tidak semua kandungan vitamin C yang ada di skincare dapat digunakan sewaktu-waktu. Melansir laman Hai Bunda, pastinya ada efek samping buruk apabila tidak menggunakannya dengan tepat. Salah satunya lemon yang mengandung senyawa photosensitizer.

Senyawa tersebut akan bereaksi jika wajah Beauties langsung terkena paparan sinar matahari yang membuat hiperpigmentasi berdampak parah. Sebaiknya, kamu tidak menggunakan produk yang memiliki kandungan citrus saat keluar di bawah sinar matahari.

5. Terlalu Lama Berada di Depan Layar Laptop

Terlalu Lama Berada di Depan Layar Laptop/Foto: Freepik/Primagefactory

Cahaya yang terpancar dari layar laptop, televisi, maupun komputer bisa menimbulkan bintik atau flek hitam pada wajah.

Bila Beauties memang harus bekerja di depan layar laptop maupun komputer maka harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Hal ini agar tidak selalu berada di depan layar laptop dan komputer.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *