Berita

Refreshing! Ini 5 Makanan Korea yang Cocok untuk Menemani Musim Panas

×

Refreshing! Ini 5 Makanan Korea yang Cocok untuk Menemani Musim Panas

Share this article


Korea Selatan dikenal sebagai negara empat musim yang indah. Salah satu musim yang di antisipasi oleh masyarakat ialah musim panas. Biasanya musim panas di Korea Selatan berlangsung selama tiga sampai empat bulan.

Selama musim panas tentunya masyarakat membatasi jumlah aktivitas berat agar tidak kekurangan cairan dan merasa lemas. Karena itu banyak diantaranya memilih liburan dan menyegarkan diri.

Selain itu masyarakat Korea Selatan juga memperhatikan makanan yang mereka konsumsi selama musim panas. Kebanyakan memilih makanan yang segar dan dingin untuk merefresh tubuh. Beberapa makanan juga menjadi favorit dan hanya bisa ditemukan selama musim panas.

Yuk intip lima makanan Korea yang cocok menemani musim panas!

Naengmyeon




Naengmyeon dalam ‘Weightlifting Fairy Kim Bok Joo’ / Foto: Kpopmap.com

Naengmyeon merupakan salah satu olahan mie yang paling digemari selama musim panas. Naengmyeon juga dikenal sebagai mie dingin atau cold noodle. Mie ini terbuat dari gandum dan kuahnya merupakan rebusan kaldu sapi sehingga rasanya gurih.

Hal unik dari mie ini karena disajikan dengan serutan es batu yang membuat hidangannya benar-benar dingin. Kini Naengmyeon menjadi salah satu makanan representatif musim panas di Korea, lho.

Salah satu jenis Naengmyeon yang paling terkenal adalah Pyongyang Naengmyeon yang berasal dari Korea Utara.

Bingsu




BingsooBingsu/ Foto: instagram.com/jeon.yeobeen

Musim panas tentunya identik dengan makanan dingin yang menyegarkan. Biasanya seringkali kita menikmati es krim maupun es serut ketika musim panas. Salah satu dessert khas Korea yaitu Bingsu.

Bingsu merupakan makanan penutup berupa es serut yang disajikan dengan beragam sirup dan buah. Salah satu varian populer adalah Patbingsu atau hidangan es serut dengan kacang merah.

Awalnya bingsu dijual di pedagang kaki lima dan hanya memiliki satu rasa. Kini bingsu memiliki banyak pilihan rasa seperti coklat, stoberi, melon, mangga dan masih banyak lagi!

Kongguksu




KongguksuKongguksu/ Foto: soompi.com

Sama halnya dengan Naengmyeon, Kongguksu juga merupakan hidangan mie dingin khas Korea Selatan. Yang membuat Kongguksu berbeda dengan Naengmyeon yakni Kongguksu disajikan dengan kuah kental digin yang terbuat dari kacang kedelai.

Biasanya hidangan ini juga dilengkapi dengan irisan timun dan tomat segar. Karena terbuat dari beragam sayuran, Kongguksu sangat cocok dikonsumsi oleh vegetarian. 

Oi Muchim




Oi MuchimOi Muchim/ Foto: Maangchi via kpopmap.com

Oi muchim adalah salah satu hidangan pelengkap yang sangat cocok dinikmati saat musim panas. Hidangan berupa salad mentimun khas Korea Selatan ini memang memiliki efek mendinginkan dan menyegarkan.

Membuat hidangan ini pun terbilang mudah karena hanya perlu mencampur berbagai bumbu tanpa dimasak. Sekilas tampilannya mirip kimchi namun tanpa rasa asam atau fermentasi. Biasanya Oi muchim dinikmati bersama hidangan mie dingin seperti naengmyeon atau kongguksu.

Memil-guksu




Ilustrasi memil guksuIlustrasi memil guksu/ Foto: freepik.com/freepik

Memil-guksu merupakan mie yang terbuat dari tepung buckwheat atau soba. Tidak seperti mie pada umumnya, Memil-guksu memiliki warna kecoklatan serta teksur yang kenyal.

Biasanya mie ini dinikmati dengan kuah kaldu dingin yang dilengkapi dengan potongan telur rebus, daun bawang, rumput laut dan minyak perila. Beberapa masyarakat juga menikmati Memil-guksu tanpa kuah dan hanya menikmati kenyalnya mie tersebut. Hidangan ini cocok disantap saat musim panas karna rasanya yang segar dan gurih. 

Nah, itu dia lima makanan Korea  yang sangat cocok disantap ketika musim panas. Rasanya yang enak dan segar menjadi favorit saat cuaca panas. Sudahkan kamu mencobanya?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *