Berita

5 Cara Merawat Pakaian Berbahan Jeans agar Nggak Gampang Rusak

×

5 Cara Merawat Pakaian Berbahan Jeans agar Nggak Gampang Rusak

Share this article


Pasti kamu mempunyai koleksi pakaian berbahan jeans yang menjadi favorit, bukan? Jeans memang selalu jadi pilihan utama karena selain nyaman, jenis pakaian ini juga bisa membuat kamu tampil lebih stylish dan cocok dipadukan dengan berbagai jenis outfit.

Tapi, merawat jeans agar tetap awet dan tidak mudah rusak itu butuh trik khusus lho. Jangan sampai jeans kesayanganmu cepat pudar atau robek. Nah, kali ini akan dibahas sederet cara merawat pakaian berbahan jeans agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Yuk, simak selengkapnya!

1. Jangan Sering Dicuci

Jangan sering dicuci/Foto: Unsplash/No Revisions

Mencuci jeans terlalu sering bisa membuat warnanya cepat pudar dan serat kainnya menjadi rapuh. Sebaiknya, cucilah jeans setelah beberapa kali pemakaian atau jika benar-benar kotor saja.

Kalau kamu merasa jeansmu sudah agak bau, coba gantung di tempat yang terkena angin untuk menghilangkan bau tidak sedap tanpa harus mencucinya. Selain itu, ketika kamu hendak mencuci jeans, gunakan air dingin untuk membantu mempertahankan warnanya agar tidak pudar. Pilih deterjen yang lembut agar tidak merusak serat kain.

2. Balik Jeans Sebelum Mencuci

Balik jeans sebelum mencuci/Foto: Unsplash/Ricardo Gomez Angel

Saat mencuci jeans, selalu balik bagian dalamnya ke luar. Cara ini efektif untuk melindungi warna asli jeans dari gesekan langsung dengan mesin cuci atau deterjen. Dengan begitu, jeans kamu akan tetap terlihat baru lebih lama.

Hindari mencuci jeans bersama dengan pakaian berbahan kasar yang bisa merusak kain. Gunakan siklus pencucian yang lembut atau mode hand wash pada mesin cuci.

3. Hindari Penggunaan Pengering

Hindari penggunaan pengering/Foto: Unsplash/Bruno Nascimento

Mengeringkan jeans di mesin pengering bisa membuat serat kain cepat rusak dan jeans menjadi menyusut. Sebaiknya, jemurlah jeans dengan cara digantung di tempat yang teduh dan terkena angin. Hindari sinar matahari langsung yang bisa memudarkan warna jeans.

Selama menjemur, kamu bisa menggantung jeans dengan penjepit pada bagian pinggang untuk menjaga bentuk aslinya. Jangan memeras jeans terlalu keras sebelum menjemurnya, cukup kibaskan air yang tersisa.


4. Setrika dengan Suhu Rendah

Setrika dengan suhu rendah/Foto: Freepik/Freepik

Setrika dengan suhu tinggi bisa merusak serat kain jeans dan membuatnya cepat pudar. Gunakan suhu rendah atau sedang saat menyetrika jeans. Jika perlu, balik jeans sebelum disetrika untuk mengurangi risiko kerusakan.

Selain itu, kamu bisa meletakkan kain tipis di atas jeans saat menyetrika untuk melindungi permukaan kain. Hindari penggunaan setrika uap yang berlebihan pada jeans.

5. Simpan di Tempat yang Kering dan Sejuk

Simpan di tempat yang kering dan sejuk/Foto: Unsplash/Kemal Alkan

Menyimpan jeans di tempat yang kering dan sejuk adalah salah satu cara penting untuk menjaga kualitas dan keawetan bahan jeans. Jeans yang disimpan di tempat lembap bisa rentan terhadap pertumbuhan jamur dan bakteri yang tidak hanya bisa merusak serat kain tetapi juga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Tempat yang sejuk juga membantu mencegah perubahan warna pada jeans akibat paparan suhu tinggi. Gunakan lemari pakaian yang memiliki sirkulasi udara yang baik atau tambahkan silica gel di sekitar area penyimpanan untuk menjaga kelembapan tetap rendah.

Nah, demikian lima cara mudah merawat pakaian berbahan jeans agar tidak mudah rusak. Dengan perawatan yang tepat, jeans kesayanganmu bisa tetap awet, nyaman dipakai, dan selalu terlihat stylish. Jangan lupa untuk selalu merawat jeansmu dengan baik agar koleksi pakaianmu tetap terjaga. Selamat mencoba, Beauties! Ingat, jeans yang awet adalah jeans yang dirawat dengan penuh cinta.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *