Berita

5 Kiat Melamar Kerja Lewat Aplikasi, Biar Segera Dapat Pekerjaan!

×

5 Kiat Melamar Kerja Lewat Aplikasi, Biar Segera Dapat Pekerjaan!

Share this article


Bagi sebagian orang, mencari kerja menjadi hal yang sulit. Saat ini, para pelamar kerja sudah memiliki banyak pilihan dalam mencari pekerjaan karena teknologi yang sudah semakin maju.

Salah satu platform pencari kerja saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi pencari kerja. Dengan aplikasi pencari kerja menyederhanakan proses lamaran pekerjaan. 

Berikut ini tips agar kamu mendapatkan pekerjaan lewat aplikasi pencari kerja! 

1. Perbarui Resume

Perbarui resume/Foto:freepik.com/rawpixel.com

Dikutip dari Flex Jobs, pembaruan resume penting, ini mencakup pendidikan dan keterampilan baru yang diperoleh.

Untuk menyesuaikan resume, pilih pencapaian yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Kamu bisa membuat dokumen dengan semua pencapaian yang ditulis dalam bentuk poin-poin. 

2. Gunakan Kata Kunci

Gunakan kata kunci/Foto:freepik.com/freepik

Penting menggunakan kata kunci untuk melewati sistem pelacakan rekruter. Ketika kamu melamar gunakan kata kunci dalam deskripsi pekerjaan yang kamu lamar.

Dengan kata kunci yang sesuai, resume milik kamu akan terbaca oleh rekruter. Semakin sering kata kunci digunakan, semakin baik. Gunakan kata kunci sesuai pekerjaan yang kamu lamar. 

3. Jangan Melamar Setiap Pekerjaan
Bekerja hingga larut malam/Foto:freepik.com/freepik

Foto: Freepik

Berfokuslah pada posisi yang sesuai dengan keahlian, pengalaman, dan tujuan karier untuk meningkatkan kemungkinan untuk maju melalui proses perekrutan.

Melewatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan dirimu dapat membantu kamu menghindari kelelahan dalam mencari kerja. 

4. Bentuk Portofolio
Bangun portofolio yang menarik sebelum menawarkan jasa ke klien (Dunia freelancing/Foto: pexels.com/fauxels)

Foto: pexels.com/fauxels

Portofolio yang bagus dan profesional adalah cara terbaik untuk meningkatkan branding diri. Portofolio adalah sebuah karya yang menunjukkan keahlian dan pengalaman dengan cara visual yang tidak bisa dituliskan di resume.

Kamu bisa mendesain portofolio kamu agar terlihat kreatif dan inovatif. Pastikan daya tarik secara visual portofolio dan tertata rapi agar menarik perhatian perekrut. 


5. Perbarui Media Sosial
Ilustrasi membatasi penggunaan media sosial / Foto: Pexel.com / Tracy Le Blanc

Ilustrasi/Foto: Pexel.com / Tracy Le Blanc

Media sosial sering kali menjadi perhatian perekrut. Sebelum kamu mengirim lamaran, kamu bisa memverifikasi media sosial untuk melengkapi informasi dalam resume dan surat lamaran.

Jangan menghancurkan self-branding kamu ketika sedang aktif mencari pekerjaan. Pastikan setiap pekerjaan sesuai dengan branding yang kamu bangun.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *