Berita

7 Penyebab Urine Berbusa, Dehidrasi hingga Masalah Ginjal

×

7 Penyebab Urine Berbusa, Dehidrasi hingga Masalah Ginjal

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Jika Anda melihat sekilas urine berbusa, mungkin bertanya-tanya apakah itu bahaya atau tidak. Menurut David Shusterman, ahli urologi bersertifikat di NY Urology, Amerika, urine berbusa tidak selalu menjadi masalah besar, dan itu bisa terjadi saat Anda buang air kecil terlalu banyak atau saat Anda mengalami dehidrasi.

“Secara umum, urine yang berbusa atau menggelembung adalah hal yang wajar, apalagi jika aliran urinnya deras dan mengenai air toilet dengan kuat,” katanya dikutip dari laman PopSugar, 23 Mei 2024.

Urine adalah produk limbah cair yang dihasilkan ginjal dengan menyaring kelebihan air dan racun dari tubuh, kata dokter Shusterman. Sebagian besar terdiri dari air, tetapi juga mengandung urea, kreatinin, elektrolit, dan produk limbah lainnya. Namun, komposisi pasti urine bergantung pada tingkat hidrasi, pola makan, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tugas utama urine adalah membuang limbah dan racun dari tubuh Anda untuk menjaga cairan dan elektrolit tetap terkendali, tetapi Dr. Shusterman mengatakan urine Anda juga dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang fungsi ginjal dan organ Anda.

Kembali ke soal urine berbusa, berikut beberapa penyebabnya menurut dokter Shusterman.

Jadi, jika Anda melihat perubahan terus-menerus atau karakteristik yang mengkhawatirkan pada kencing Anda (seperti darah, bau busuk, atau nyeri saat buang air kecil), inilah saatnya untuk memeriksakan diri ke dokter karena ini mungkin merupakan tanda dari kondisi kesehatan yang mendasarinya, jelasnya.

Penyebab Urine Berbusa

Adanya busa atau gelembung pada urine biasanya merupakan hal yang normal, namun gejala yang menyertainya dapat menjelaskan penyebab utamanya. 

1. Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup air, sehingga memicu urine menjadi lebih gelap dan mungkin berbusa, kata dokter Shusterman. Tanda-tanda lain yang harus diwaspadai termasuk mulut kering, kelelahan, dan urin berwarna kuning tua.

Jika itu masalahnya, langkah pertama yang baik adalah meningkatkan hidrasi Anda dan minum banyak air. Untuk mencegah masalah ini (dan mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan), usahakan untuk minum setidaknya enam hingga delapan gelas air per hari, atau sekitar 64 ons.

Anda juga dapat menambahkan bubuk elektrolit untuk meningkatkan kadar natrium yang menurun saat Anda mengalami dehidrasi.

2. Proteinuria

Proteinuria terjadi ketika terdapat terlalu banyak protein dalam urine Anda, sehingga menyebabkan kencing berbusa dan potensi pembengkakan di tangan, kaki, atau wajah Anda, kata dokter Shusterman. Proteinuria bukanlah suatu penyakit, melainkan merupakan gejala dari kondisi tertentu yang mempengaruhi ginjal termasuk penyakit ginjal atau gangguan kekebalan tubuh, menurut Clinic Cleveland.

Perawatan tergantung pada akar penyebabnya, dan mungkin melibatkan pengobatan atau perubahan gaya hidup. Jadi, jika Anda mengalami pembengkakan, kram otot, kurang nafsu makan, sesak napas, dan/atau sering buang air kecil disertai kencing berbusa, segera periksakan diri ke dokter.

3. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) dapat menyebabkan urine berbusa karena bakteri menciptakan gelembung di aliran urine Anda. Gejala tambahannya antara lain sering buang air kecil, sensasi terbakar, dan urine keruh atau berbau busuk. ISK biasanya diobati dengan antibiotik.

4. Masalah ginjal

Masalah ginjal seperti penyakit atau kerusakan ginjal, dapat menyebabkan urine berbusa karena kebocoran protein, kata dokter Shusterman. Ginjal yang sehat menyaring racun dan limbah dari darah Anda sekaligus menjaga sirkulasi protein dalam aliran darah Anda. Adapun peningkatan protein dalam urine dapat menyebabkan kencing berbusa, menandakan ada sesuatu yang terjadi.

Masalah ginjal juga sering muncul dengan pembengkakan, tekanan darah tinggi, dan perubahan buang air kecil (baik dalam frekuensi maupun penampilan), jadi penting untuk memantau gejala dan menemui dokter karena pengobatan mungkin melibatkan pengobatan, perubahan pola makan, atau dialisis, menurut dokter Shusterman.

5. Urine yang kuat

Kedengarannya konyol, tapi buang air kecil yang berlebihan dapat membuat urine berbusa karena gelembung dari kekuatan urine yang mengenai air toilet. Gelembung tambahan juga dapat muncul jika urine keluar lebih cepat dan/atau toilet baru saja dibersihkan dengan pembersih toilet atau bahan kimia.

Hal ini biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan perhatian medis, namun jika Anda memiliki gejala lain yang mengkhawatirkan, dokter Shusterman menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

6. Pengobatan

Obat-obatan dan suplemen tertentu dapat menjadi penyebab di balik urine berbusa, jadi penting untuk mendiskusikan kencing berbusa dengan penyedia layanan kesehatan untuk kemungkinan penyesuaian dosis atau alternatifnya. Khususnya, jika Anda rutin mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti Advil, Motrin, dan Aleve, hal ini dapat menyebabkan urine berbusa karena peningkatan kadar protein dalam urin.

Jika urine berbusa terus berlanjut bahkan setelah menghentikan pengobatan atau suplemen, ada baiknya melakukan evaluasi medis lebih lanjut untuk menyingkirkan masalah kesehatan yang mendasarinya.

7. Tidur

Urine berbusa dapat terjadi kapan saja sepanjang hari, tetapi beberapa orang mungkin melihat lebih banyak gelembung dalam urin mereka di pagi hari karena lebih terkonsentrasi setelah tidur, kata dokter Shusterman. Namun, Anda bisa tenang karena hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kapan Harus Menemui Dokter?

Jika urine berbusa terjadi tanpa gejala apa pun, kemungkinan besar itu hanya sementara dan tidak berbahaya. Tetapi jika urine tetap berbusa disertai masalah lain seperti sering buang air kecil, nyeri, atau warna kencing yang aneh, itu mungkin berarti sesuatu yang lebih serius sedang terjadi dan Anda harus menemui dokter. Selain itu, jika Anda lelah, mengalami pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, demam, menggigil, dan urine berbau busuk atau berdarah, itulah saatnya mengunjungi penyedia layanan kesehatan.

Dari sana, dokter dapat menjalankan tes yang diperlukan untuk mendiagnosis akar penyebab urine berbusa dan meresepkan pengobatan yang tepat.

Pilihan Editor: 5 Makanan Ini Bikin Urine Bau

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *