Berita

Cat Lovers Wajib Tahu! Ini 5 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Jangan Tanam di Rumah

×

Cat Lovers Wajib Tahu! Ini 5 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Jangan Tanam di Rumah

Share this article


Kucing merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan sehingga tak heran jika hampir kebanyakan orang banyak yang suka dengan kucing dan memeliharanya sebagai hewan peliharaan di rumah. Namun, meskipun menggemaskan, sebagai seorang cat lovers, kamu wajib tahu hal-hal apa saja yang disukai dan tidak disukai oleh kucing.

Pasalnya, sama halnya dengan manusia, kucing juga merupakan makhluk hidup yang butuh kasih sayang. Kasih sayang di sini, bukan hanya sekadar memberinya makan, minum, atau tempat tinggal, tetapi juga mengetahui hal-hal seperti apa yang bisa membuat kucing merasa tidak nyaman ketika mereka hidup berdampingan dengan pemiliknya.





Tanaman yang tidak disukai kucing/Foto: Pexels/Septimiu Lupea

Dalam hal ini, misalnya tanaman. Mungkin sebagian dari Beauties yang menyukai kucing di sini juga ada yang menyukai tanaman. Sehingga bukan hal yang tidak mungkin bagimu untuk menanam beberapa tanaman di rumah. Akan tetapi, mengingat kamu juga memelihara kucing maka dirimu harus lebih berhati-hati dan lebih bijak dalam memilih tanaman apa yang akan ditanam di rumah.

Hal ini karena tidak semua tanaman disukai kucing. Ada beberapa tanaman yang dibenci kucing karena aroma yang dikeluarkannya hingga daunnya yang mungkin beracun dan bisa mematikan bagi mereka apabila termakan olehnya. Untuk itulah, penting mengetahui tanaman apa saja yang tidak disukai kucing jika kamu memelihara kucing di rumah.

Nah, kira-kira tanaman apa sajakah itu? Merangkum dari beberapa sumber, berikut 5 tanaman yang tidak disukai kucing. Check it out!

Lavender

Lavender/Foto: Pixabay/Mouse23

Lavender adalah salah satu tanaman hias yang populer karena bunganya yang cantik berwarna ungu dan aromanya yang khas, yakni manis dan segar. Selain itu, lavender juga memiliki sifat yang menenangkan.

Kendati demikian, melansir dari Garden Benches, aroma segar yang dikeluarkan oleh lavender ini tidak disukai kucing. Hal ini karena kucing memiliki indra penciuman yang kuat dan apa pun yang mengeluarkan aroma kuat akan membuat mereka enggan untuk mendekati taman ini.

Lebih lanjut, lavender juga memiliki kandungan minyak atsiri yang kaya fitokimia, yang mana mencakup beragam kadar kapur barus, linalool, dan senyawa beraroma kuat lainnya yang ampuh untuk mengusir serangga, sebagaimana yang dilansir dari Pond Informer.

Inilah sebabnya cat lovers tidak disarankan untuk menanam lavender di rumah. Sebab, paparan aromanya yang kuat dapat secara paksa membuat kucing menjadi tidak nyaman.

Oregano

Oregano/Foto: Pexels/Milada Vigerova

Oregano atau Origanum vulgare adalah tanaman hias yang berasal dari keluarga mint (Lamiaceae). Sama halnya seperti lavender, tanaman hias ini juga memiliki aroma yang menyengat sehingga tidak disukai kucing. 

Selain itu, melansir dari Garden Benches, oregano mengandung senyawa kimia alami bernama carvacrol yang diketahui dapat mengiritasi sistem pernapasan kucing. Tidak hanya itu, daunnya juga beracun bagi kucing karena dapat menyebabkan masalah pencernaan, sebagaimana yang dilansir dari Pond Informer. Inilah mengapa kucing tidak menyukai tanaman oregano dan akan menghindarinya ketika bertemu dengan tanaman ini.

Rue

Rue/Foto: dok. Picture This

Beauties, pernahkah kamu mendengar tanaman rue (Ruta Graveolens)? Rue merupakan tanaman hias yang biasa ditanam di kebun-kebun karena memiliki warna daun yang cantik, yakni hijau kebiru-biruan. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, rue juga kerap dibudidayakan sebagai ramuan obat, bumbu, dan tak jarang juga berfungsi sebagai pengusir serangga.

Kendati demikian, apabila tanaman rue dikonsumsi dalam dosis besar bisa menyebabkan keracunan. Hal ini tidak hanya berlaku pada manusia saja, tetapi juga berlaku untuk hewan peliharaan seperti kucing. Oleh karena itu, jika kamu memelihara kucing di rumah, pertimbangkan kembali untuk menanam tanaman ini. 


Pennyroyal

Pennyroyal/Foto: dok. Wikipedia

Tanaman yang tidak disukai kucing selanjutnya adalah pennyroyal (Mentha pulegium). Pennyroyal adalah jenis tanaman hias terkecil dari keluarga mint yang mengeluarkan aroma spearmint yang kuat sehingga aromanya tidak disukai kucing.

Meskipun pennyroyal berasa dari keluarga mint, tetapi jangan sampai kucingmu memakan tanaman ini karena minyak pada daun pennyroyal sangat beracun, sebagaimana yang dilansir dari Tom’s Guide dan Garden Benches.

Lebih lanjut, melansir dari Pond Informer, minyak tersebut juga kerap digunakan sebagai pengusir hama alami. Sehingga tak heran jika aroma yang dikeluarkannya itu dibenci oleh kucing. Sementara itu, bagi manusia yang ingin memanfaatkan minyak ini untuk mengobati penyakit umum bisa dengan menggunakan dosis yang terkontrol karena jika digunakan dalam dosis yang besar dapat beracun.

Hal ini karena minyak pennyroyal memiliki salah satu komponen utama, yaitu pulegone, yang mana ini merupakan fitokimia beracun. Pasalnya, fitokimia tersebut merupakan bahan tambahan umum dalam pestisida organik.

Geranium

Geranium/Foto: Freepik/@Racool_studio

Geranium menjadi tanaman hias yang dibenci oleh kucing bukan hanya karena aromanya. Meskipun aroma bunga geranium menenangkan dan populer di kalangan manusia, tetapi tidak demikian di kalangan kucing.

Bagi kucing, aroma tersebut tidak enak dan cukup mengerikan sehingga kerap dijauhi oleh kucing. Selain itu, melansir dari Tom’s Guide, geranium juga memiliki daun yang berduri. Inilah mengapa kucing tidak menyukainya karena setiap berjalan di sekitarnya mereka merasa tidak nyaman.

Nah, Beauties itulah tadi 5 tanaman yang tidak disukai kucing. Pastikan kamu tidak menanam salah satu atau kelima tanaman di atas jika memelihara kucing di rumah, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *