Berita

10 Ide Dekorasi Kamar Minimalis, Aesthetic dan Bikin Nyaman!

×

10 Ide Dekorasi Kamar Minimalis, Aesthetic dan Bikin Nyaman!

Share this article


Kamar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ruang bersekat tertutup oleh dinding dibagian dalam rumah. Sehingga, memiliki makna, kamar adalah tempat privacy bagi semua orang. Jika kamar adalah ruang privacy bagi Beauties, tentu harus memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi pemiliknya. 

Seperti yang dikutip dalam buku “24 Desain Kamar Tidur Multifungsi” pada tahun 2015 yang ditulis oleh Isti Galuh Safitri. Di sini dijelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah kamar yang minimalis dan estetik. 

1. Sudut Pencahayaan

Pencahayaan adalah hal penting yang harus didukung dalam setiap ruangan, salah satunya kamar. Kamu harus memperhatikan pencahayaan di kamarmu, tidak hanya cahaya buatan, tetapi juga cahaya alami. Untuk mendapatkan cahaya alami, kamu bisa mendapatkannya dari jendela yang lebar. 

2. Segi Dekorasi

Hal yang harus kamu perhatikan berikutnya adalah dekorasi. Nilai estetik pada sebuah kamar terlihat dari dekorasi pernak-perniknya. Kamu bisa menggunakan pernak-pernik seperti pigura, buku-buku, ambalan, dan sebagainya. 

3. Material yang Digunakan

Untuk menciptakan kamar yang estetik dan minimalis, perlu diperhatikan juga dari material yang digunakan. Kamu bisa menggunakan material berbahan kayu, kaca, dan sebagainya untuk menghasilkan kamar yang minimalis. 


10 Ide Dekorasi Kamar Minimalis Estetik

Ilustrasi pencahayaan kamar / Foto: Pexels.com / Marywhitneyph

Setelah memperhatikan tiga hal di atas, kini waktunya kamu mendekorasi kamarmu, Beauties. Inilah bagian terseru untuk menciptakan ruang privacymu. Kamar dengan nuansa minimalis estetik, mampu membuatmu nyaman dan tidur nyenyak. Inilah 10 Ide dekorasi yang perlu kamu siapkan, 

1. Bed Cover

Ide dekorasi kamar minimalis estetik yang pertama adalah bed cover. Seperti yang dikutip dalam buku “Inspirasi Kamar Tidur Kreatif” pada tahun 2019, pemilihan bed cover menjadi sorotan untuk menciptakan nuansa kamar yang estetik, mulai dari pemilihan bahannya, temanya, dan juga warnanya.

Tiga hal tersebut mampu membangun nuansa kamarmu, lho Beauties. 

Kamu bisa memilih tema bed cover sesuai dengan teman kamarmu, ya Beauties. Jika kamarmu bertema rustyc, kamu bisa memilih warna bed covermu berwarna hijau atau cokelat. 

2. Pemilihan Gordyn

Ide berikutnya adalah pemilihan gordyn. Jika kamu ingin memilih tema minimalis pada kamarmu, kamu bisa memilih warna pastel untuk gordyn kamarmu. Namun, jika kamu memilih tema estetik pada kamarmu, kamu bisa memilih tema bunga atau dedaunan pada gordyn yang akan kamu gunakan.

3. Motif Wallpaper 

Setelah gordyn, kamu bisa lanjut menggunakan wallpaper. Pemilihan wallpaper berpengaruh pada ide dekorasi kamarmu. Jika kamarmu bertema industrial, kamu bisa memilih gambar wallpaper batu bata. Namun, jika kamu memilih tema kamar estetik, kamu bisa menggunakan gambar wallpaper bunga-bunga.

4. Lampu Gantung

Ilustrasi lampu gantung pada kamar / Foto: Pexels.com / Fortune Dlamini

Lampu saat ini tidak hanya sekedar pemberi cahaya. Tetapi, bisa menjadi sumber dekorasi, agar terlihat minimalis estetik. Bentuk lampu saat ini beragam mulai dari panjang, lingkaran, dan sebagainya. Bahkan pencahayaannya pun berbeda-beda ada yang kuning dan putih. 

Jika kamarmu memiliki tema minimalis, kamu dapat menggunakan lampu gantung. Karena, lampu gantung dapat memberikan aksen minimalis dan tidak memakan tempat seperti lampu meja atau standing lamp.

5. Karpet

Ide dekorasi selanjutnya adalah karpet. Karpet tidak hanya memberi kesan estetik saja, tapi juga dapat memberi kehangatan kakimu dari dinginnya lantai. Selain itu karpet dapat memberikan elemen pada kamarmu, pilihlah warna karpet yang satu warna dengan cat  dindingmu agar memberi kesan menyatu

6. Cermin

Unsur terpenting ketika mendekorasi kamar adalah cermin. Saat ini sudah banyak sekali cermin lantai yang digunakan agar memberikan kesan estetik dan instagramable. Saat ini sudah banyak sekali cermin lantai yang memiliki ulir beragam, yang unik dan estetik cocok mengisi ruang kamarmu. 

7. Penggunaan Vinyl

Ilustrasi vinyl / Foto: Pexels.com / Pixabay

Selain perabotan, vinyl juga bisa digunakan untuk mempercantik kamarmu. Vinyl adalah pelapis lantai berbahan sintetis yang memiliki unsur serat kayu. Vinyl pun dapat melindungi lantai dari basah dan tahan lama. Dengan menggunakan vinyl di kamarmu, akan memberikan kenyamanan dan unsur estetik.

8. Meja Rias dan Meja Belajar

Untuk menambah kesan estetik, kamu bisa memilih meja belajar atau meja rias sebagai tambahan dekorasi kamarmu. Tidak hanya melihat dari segi manfaatnya saja, kamu bisa menyesuaikan dengan tema warna kamarmu. 

9. Tanaman Hias

Tanaman hias mampu memberikan kesan estetik dan lebih hidup kamarmu. Tidak hanya memberikan kesan hijau, tetapi bisa membuat kamu lebih relax ketika melihat hijau-hijauan. Kamu bisa memilih tanaman english ivy, spider plant, atau monstera

10. Rak Dinding

Ide dekorasi kamar yang terakhir adalah rak dinding. Rak dinding ini memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan buku, meletakkan vas bunga, dan sebagainya. Kamu bisa meletakkan rak dinding ini di atas meja belajar atau bahkan di atas tempat tidurmu. 

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan untuk menciptakan kamar yang minimalis dan estetik. Tidak harus sekaligus kamu mendekornya, kamu bisa menyiapkannya sedikit demi sedikit. Selamat mencoba Beauties. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *