Berita

7 Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi oleh Penderita Asam Urat, Meski Enak Yuk Hindari!

×

7 Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi oleh Penderita Asam Urat, Meski Enak Yuk Hindari!

Share this article


Asam urat merupakan peradangan pada sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Terkadang, tubuh seseorang dapat memproduksi terlalu banyak zat asam urat. Salah satu hal memicu kondisi tersebut ialah kebiasaan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung purin. 

Karena itu, penting bagi penderita asam urat agar menghindari makanan pantangan bagi penderita asam urat. Pasalnya, makanan tersebut dapat memperparah kondisi asam urat atau memicu terjadinya serangan asam urat.

Dilansir dari detikHealth, ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi oleh penderita asam urat. Berikut informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Daging Merah

Ilustrasi daging merah/Foto: Freepik.com/valeria_aksakova

Daging sapi, domba, dan kambing termasuk daging merah yang memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Setiap 100 gram daging sapi bisa mengandung sekitar 74-79 miligram purin. Begitu juga dengan daging domba dan kambing. 

Padahal, jumlah asupan purin yang dianjurkan per harinya hanya sekitar 400 miligram. Karena itu, bagi penderita asam urat perlu sangat membatasi mengonsumsi daging merah. 

2. Jeroan

Ilustrasi olahan jeroan/Foto: Pinterest.com/Topwisata.info

Jeroan mengandung purin yang sangat tinggi, sehingga harus benar-benar dijauhi oleh penderita asam urat. Pada daging hati sapi, per 100 gram bisa mengandung hingga 219 miligram purin. Begitu juga dengan jantung dan ginjal sapi yang masing-masing mengandung 185 dan 174 miligram purin.

Selain itu, jeroan juga berisiko menyebabkan kolesterol atau tekanan darah tinggi. 

3. Makanan Laut (Seafood)

Ilustrasi makanan laut/Foto: Freepik.com/bearfotos

Makanan laut seperti ikan tuna, udang, cumi-cumi, dan kerang termasuk makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat. Karena beberapa makanan tersebut memiliki kandungan purin yang sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko terkena serangan asam urat. 


4. Bayam

Ilustrasi bayam/Foto: Freepik.com/timolina

Meski menyehatkan, bayam termasuk salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan bayam mengandung purin yang cukup tinggi, sehingga dapat memperparah kondisi asam urat.

Namun, bayam juga memiliki nutrisi yang bermanfaat seperti vitamin C, flavonoid, zat besi, dan beta karoten. Bagi pengidap asam urat yang tetap ingin makan bayam, sebisa mungkin batasi konsumsinya.  

5. Kembang Kol

Ilustrasi kembang kol/Foto: Freepik.com/jcomp

Tak hanya bayam, kembang kol juga perlu dibatasi konsumsinya oleh penderita asam urat. Karena dalam setiap 100 gram kembang kol mengandung sekitar 28-29 miligram purin. 

Jika terlalu sering mengonsumsi kembang kol, maka dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh dan memicu serangan asam urat. 

6. Durian

Ilustrasi durian/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Durian merupakan buah yang begitu lezat di mata pecintanya. Namun, dibalik kelezatannya buah ini termasuk mengandung purin yang cukup tinggi. Hal ini tentunya dapat  memengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. 

Selain itu, kandungan lemak dan alkohol pada durian juga harus dihindari oleh penderita asam urat.

7. Makanan Manis

Ilustrasi makanan manis/Foto: Freepik.com/topntp26

Makanan manis yang tinggi gula seperti permen, cokelat, dan es krim memang dapat meningkatkan risiko diabetes. Namun ternyata, makanan yang tinggi gula juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Karena itu, hindari atau batasi. 

Nah Beauties, itu dia sederet makanan yang pantang dikonsumsi oleh penderita asam urat. Meski terbukti enaknya, yuk batasi konsumsinya agar kamu lebih sehat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *