Berita

Anak Muda Susah Beli Rumah? Ternyata Ini Lho Usia Ideal Mulai Cicil KPR Hunian

×

Anak Muda Susah Beli Rumah? Ternyata Ini Lho Usia Ideal Mulai Cicil KPR Hunian

Share this article


Rumah atau apartemen menjadi kebutuhan primer sebagai hunian yang juga bisa menjadi investasi di masa mendatang. Namun, fenomena saat ini menunjukkan bahwa anak muda, khususnya generasi Milenial dan Gen Z mengaku kesulitan untuk membeli rumah atau apartemen.

Generasi muda lebih memilih untuk menyewa hunian dibanding membelinya. Seperti hasil dari survey Property Perspective from Gen Z yang dirilis oleh Jakpat, dikutip dari CNBC Indonesia, bahwa sebanyak 36% dari 587 responden Gen Z enggan membeli atau lebih memilih menyewa rumah karena belum siap secara finansial. 

Sementara, Direktur Research & Consultancy Savills, Dani Indra Bhatara menyebut fenomena tersebut terjadi karena pola berpikir generasi muda terkait harga properti yang terlalu tinggi sementara penghasilan mereka dirasa tidak akan cukup, sehingga merasa kesulitan untuk membeli rumah.

Melansir dari situs Otoritas Jasa Keuangan, anak muda seringkali tidak memprioritaskan properti, Milenial dan Gen Z disebut lebih mementingkan gaya hidup, seperti pakaian, makanan, minuman, hingga liburan, sementara properti bukan menjadi kebutuhan utama. 


Usia Ideal Mulai Cicil KPR

Usia Ideal Mulai Cicil KPR/Foto: freepik.com/freepik

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) juga dirasa sulit karena uang muka yang tinggi. Dalam aturan tertulis, KPR bisa diajukan sejak usia 21 tahun atau sudah menikah, serta maksimal usia 55 atau 65 tahun saat cicilan lunas. Namun, kapan usia yang ideal bisa mulai cicil KPR?

Melansir dari detikproperti, menurut pengamat perbankan dan praktisi sistem pembayaran, Arianto Muditomo berani mengambil KPR rumah berarti kita juga bisa harus memastikan mampu membayar cicilan per bulan.

Ia juga menegaskan bahwa tidak ada aturan baku usia ideal seseorang bisa memulai KPR, sebab membeli rumah harus mempertimbangkan banyak hal dan prioritas dalam jangka panjang.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Universitas IPB, Irfan Syauqi Beik menyatakan bahwa anak muda bisa menyesuaikan sesuai dengan kemampuan. Kewajiban membayar KPR lebih baik 20% dari penghasilan per bulan dan jangan lebih dari 30%.

Menurutnya, banyak pilihan yang bisa diambil untuk memiliki hunian sesuai kemampuan, mulai dari perumahan elit hingga bersubsidi, jika tidak bisa membeli rumah maka apartemen juga bisa menjadi pilihan. Asalkan, harus punya rencana di usia berapa, KPR bisa dilunasi sebelum masa pensiun.

Beauties, memiliki hunian sejatinya memang diperlukan, terlebih bagi yang berkeluarga. Jadi, tidak ada usia ideal untuk mulai cicil KPR. Kamu bisa memulai di usia muda asalkan sudah siap dengan rencana finansial jangka panjang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *