Berita

Harta Karun! Kamu Bisa Jadi Jutawan Mendadak Kalau Punya Buku Harry Potter Edisi Ini

×

Harta Karun! Kamu Bisa Jadi Jutawan Mendadak Kalau Punya Buku Harry Potter Edisi Ini

Share this article


Serial Harry Potter karya J.K Rowling telah mendapatkan pujian kritis, kesuksesan, dan popularitas luar biasa di seluruh dunia. Bahkan seluruh seri buku Harry Potter telah terjual sebanyak 500 juta kopi dan telah diterjemahkan lebih dari 80 bahasa.

Dari semua seri buku Harry Potter yang telah terjual, terdapat salah satu “harta karun” bagi para kolektor dan Potterhead (penyebutan penggemar Harry Potter) dunia yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah, lho! Seri buku mana dan apa yang menyebabkan buku tersebut terjual begitu fantastis? Yuk cari tahu!

Harry Potter and the Philosopher’s Stone 1997

Buku Harry Potter Edisi Pertama/Foto: instagram.com/onceuponatime_books

Buku seri pertama Harry Potter and the Philosopher’s Stone pertama kali diterbitkan pada tahun 1997 oleh Bloomsbury di London. Cetakan buku pertama Harry Potter hanya tersedia 500 eksemplar hardcover dan 300 di antaranya dikirim ke perpustakaan. Inilah yang membuat buku tersebut begitu langka.

Ciri-ciri buku Harry Potter cetakan pertama yang otentik adalah penanda edisi cetakan yang bertuliskan ’10 9 8 7 6 5 4 3 2 1’, penulisan nama hak cipta oleh ‘Joanne Rowling’ bukan ‘JK Rowling’, kesalahan ketik dalam buku seperti ‘Thomas Taylor1997’ tanpa adanya spasi serta daftar belanja Harry Potter dalam cerita menyebutkan “1 Wand” sebanyak dua kali. Bukti otentik ini membuat buku tersebut semakin diminati oleh banyak kolektor.

Melansir halaman AbeBooks, AbeBooks telah menjual ratusan eksemplar buku Harry Potter dengan harga tinggi termasuk buku edisi terbitan pertama yang terjual seharga $40.000 bahkan lebih dari itu.

Permintaan barang koleksi Harry Potter tidak pernah berkurang meskipun buku terakhir dalam seri tersebut, Harry Potter and the Deathly Hallows, diterbitkan pada tahun 2007. Dari segi ceritanya yang menganggumkan, film, tokoh karakter, dan penulisnya lah menjadi alasan mengapa hingga saat ini Harry Potter masih tetap dicari dan diminati oleh masyarakat.

Buku yang Dijual Oleh Harry Potter Terjual Ratusan Juta?

Buku Harry Potter/Foto: instagram.com/bbcnews

Menurut halaman New York Post, seorang pria Inggris bernama Harry Potter telah menjual buku Harry Potter and the Philosopher’s Stone edisi pertama yang sangat disukainya. Buku ini dia terima sebagai hadiah dari ayahnya pada tahun 1997. Buku Harry Potter baginya adalah barang yang berharga mengingat jika sang ayah telah tiada karena penyakit kanker pada tahun 2017.

Namun, Potter memutuskan untuk tidak lagi menyimpannya dengan tujuan menggalang dana perjalanan ke Kenya untuk menaburkan abu ayahnya. Buku ini dijual di Hansons Auctioneers dengan harga 27.500 GBP atau setara dengan Rp533 juta rupiah mengingat jika buku Harry Potter edisi pertama begitu langka karena tersedia sebanyak 500 eksemplar saja.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *