Berita

Sampai Jam Berapa Batas Makan Malam yang Tepat Menurut Ahli? Ketahui Jawabannya di Sini…

×

Sampai Jam Berapa Batas Makan Malam yang Tepat Menurut Ahli? Ketahui Jawabannya di Sini…

Share this article


Sama seperti sarapan dan makan siang, makan malam juga sama pentingnya. Makan malam berpengaruh dalam menjaga berat badan dan sistem pencernaan dalam tubuh. Baik yang sedang berdiet maupun tidak, waktu makan malam perlu diperhatikan, terlebih lagi yang punya masalah pencernaan ataupun GERD. 

Nah, kira-kira kapan waktu makan malam ideal menurut ahli, ya? Simak di bawah ini!

Waktu untuk makan malam

Ilustrasi makan malam / Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dilansir dari Vogue, Vanessa Rissetto, ahli diet dari Amerika menjelaskan bahwa waktu makan malam bergantung pada masing-masing orang. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi waktu makan malam, seperti usia, pekerjaan, dan gaya hidup

Penelitian sendiri menunjukkan bahwa makan malam di jam 5 sore hingga 7 malam bermanfaat bagi kesehatan, yakni menghindari refluks asam di malam hari. Healthline menambahkan penderita GERD harus makan makanan terakhir, kurang dari 3 jam sebelum tidur, sehingga masih ada waktu untuk mencerna makanan sepenuhnya. 

Jika fokus pada penurunan berat badan, maka makan malam sekitar jam 6 hingga 6.30 adalah yang paling ideal. Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan malam lebih awal memiliki kadar gula darah dan metabolisme lemak yang lebih baik. 

Perri Halperin, clinical nutrition coordinator di Mount Sinai Health System, menyatakan yang lebih penting adalah makan konsisten pada waktu yang teratur sepanjang hari. Manfaatnya, kadar gula darah yang stabil, meminimalisir naiknya refluks asam, dan pencernaan yang lancar.

Melewatkan makan malam

Ilustrasi memasak / Foto: Pexels.com/Amina Filkins

Jika tubuh sudah terbiasa makan malam kemudian berubah secara drastis, justru berakibat buruk pada tubuh. Dilansir dari Healthline, studi di Universitas Osaka menemukan orang yang melewatkan makan malam cenderung mengalami kelebihan berat badan. Tidak hanya itu, melewatkan makan malam dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk, perasaan yang kacau, dan kelelahan pada tubuh. 

Pada uraian sebelumnya, dikatakan waktu makan malam ideal paling lambat adalah jam 7 malam. Jika beberapa kali Beauties makan lebih dari jam 7 malam atau bahkan makan di tengah malam, berakibat kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat mencerna keseluruhan makanan sebelum tidur, dan berakhir menjadi timbunan lemak. 

Terlebih lagi orang yang makan saat larut malam akan cenderung terus merasa lapar walaupun sudah makan malam. Faktor ini yang membuat berat badan menjadi naik drastis. 


Ide makan malam

Ilustrasi makan malam / Foto: Pexels.com/Cats Coming

Laman Good to Know menyarankan agar tidak terlalu kenyang sebelum tidur. Hal ini beralasan jelas, karena proses pencernaan akan dipaksa bekerja semakin keras, dan ketika terlalu kenyang, perut menjadi sesak. Laman Today menambahkan makan makanan yang kurang sehat secara berlebihan di malam hari, dapat menyebabkan penambahan berat badan, gangguan tidur, maupun gangguan pencernaan. 

Lalu, makanan apa yang cocok untuk makan malam? Beauties bisa mencoba mengonsumsi protein dan sayuran, seperti ayam panggang dengan salad, ataupun tuna dengan tumisan jagung dan wortel. 

Pastikan makan malam tetap ringan dan tidak terlalu berat, walaupun sate Padang dan ayam geprek pasti sedap jadi makan malam ya, Beauties? Jangan terlalu banyak konsumsi yang berlemak saat malam hari, ya!

Jadi, waktu makan malam yang ideal adalah sekitar jam 5 sore hingga 7 malam, ya! Beri jeda minimal 3 jam untuk tubuh mencerna seluruh makanan sebelum tidur.

______

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *