Berita

Seperti Hannah Al Rashid, Ini 5 Manfaat Stretching Sebelum Tidur Malam

×

Seperti Hannah Al Rashid, Ini 5 Manfaat Stretching Sebelum Tidur Malam

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Aktris Hannah Aidinal Al Rashid atau akrab disapa Hannah Al Rashid belakangan ini tengah concern pada gaya hidup sehat. Antara lain Hannah berusaha untuk masak sendiri sehingga ia tahu betul apa yang sedang dikonsumsi, misalnya selalu harus ada sayur dan porsi nasinya sedikit. 

“Kalau untuk olahraga, karena habis cédera bahu beberapa tahun belakangan ini aku lagi senang berenang, melakukan exercise atau gerakan dalam air, dan diusahakan stretching sebelum tidur biar tidurnya lebih enak,” ucap Hannah dihubungi Cantika, Kamis, 18 April 2024. 

Stretching atau latihan peregangan diketahui memiliki dampak positif pada kualitas tidur. Hubungan antara peregangan dan kualitas tidur mungkin tidak langsung terlihat, namun ini merupakan konsep yang didukung secara ilmiah. Melakukan latihan peregangan yang konsisten dan teratur sebelum tidur akan meningkatkan aktivasi sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab atas respons “istirahat dan pencernaan”. 

Latihan ini membantu menimbulkan keadaan relaksasi dan ketenangan, mempersiapkan tubuh untuk tidur malam lebih nyenyak. Peregangan juga membantu melepaskan ketegangan dan stres yang menumpuk sepanjang hari yang meningkatkan kenyamanan fisik dan ketenangan mental. 

Peregangan dapat membantu mengatasi masalah seperti sindrom kaki gelisah dan masalah pernapasan malam hari, sehingga berkontribusi pada peningkatan kualitas tidur secara keseluruhan.

Berikut manfaat stretching sebelum tidur malam: 

Seperti disebutkan di atas, latihan peregangan memicu respons relaksasi dalam tubuh, mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, dan menurunkan produksi hormon stres. Ini juga membantu melepaskan ketegangan yang terakumulasi sepanjang hari, berkontribusi pada keadaan lebih rileks sebelum tidur.

2. Persiapan untuk Tidur

Relaksasi fisik dan mental yang dicapai melalui peregangan mempersiapkan transisi menuju tidur yang lebih lancar. Peregangan rutin sebelum tidur juga dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dengan mempersiapkan tubuh untuk istirahat.

3. Koneksi Pikiran-Tubuh

Melakukan rutinitas peregangan sebelum tidur menciptakan peluang untuk perhatian dan introspeksi, membantu relaksasi mental. Hal ini mendorong perhatian dan kehadiran, membantu individu terhubung dengan tubuh mereka dan berada di saat ini.

4. Mengurangi Ketegangan Otot

Peregangan dapat mengurangi ketegangan otot dan ketidaknyamanan yang mungkin mengganggu kenyamanan tidur. Ketegangan dapat menumpuk di siang hari dan peregangan sebelum tidur memungkinkan tubuh untuk rileks dan meredakan ketegangan yang menumpuk.

5. Meningkatkan Rasa Nyaman 

Dengan meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak, peregangan dapat membantu individu menemukan posisi tidur yang lebih nyaman.

Pilihan Editor: Cara Hannah Al Rashid, Dea Panendra, dan Sheryl Sheinafia Dalami Peran di Hubungi Agen Gue!

SKY LIGHT 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *