Berita

Bantu Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Simak Rekomendasi Makanan Rendah Karbo yang Bisa Dicoba

×

Bantu Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Simak Rekomendasi Makanan Rendah Karbo yang Bisa Dicoba

Share this article


Diet karbo adalah salah satu diet yang cukup diminati oleh semua orang. Dengan demikian, kamu harus memperhatikan asupan karbohidrat yang terdapat dalam makananmu.

Jenis-jenis makanan karbo yang mampu membuat berat badan bertambah seperti makanan olahan berbahan dasar tepung, minuman mengandung gula, dan beberapa buah-buahan yang mengandung gula alami.

Dengan melakukan diet karbohidrat bukan berarti kamu memangkas jumlah karbohidrat di dalam tubuhmu. Tetapi, kamu bisa perlahan menguranginya karena tubuhmu masih membutuhkannya.

Melansir dari  Mayoclinic, tubuh membutuhkan karbohidrat sebesar 130gram sehari, untuk diubah menjadi energimu. Berikut makanan-makanan yang harus kamu kurangi agar diet rendah karbomu, berjalan lancar.

1. Aneka Roti dan Kue

Aneka roti, kue, pasta, dan sebagainya yang mengandung olahan tepung memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Sehingga jika kamu mengonsumsinya terlalu sering, berat badanmu akan bertambah. 

2. Makanan Tinggi Gula 

Camilan seperti permen, es krim, minuman yang mengandung gula buatan, adalah kuliner yang harus kamu kurangi, ya Beauties. Karena, pemanis buatan juga mengandung karbohidrat tinggi, sehingga harus dihindari. 

3. Makanan Siap Saji

Makanan berikutnya yang harus kamu hindari adalah makanan siap saji, seperti nuget, sosis, dan keripik. Hal ini dikarenakan makanan siap saji, mengandung karbohidrat tinggi dan pemanis buatan yang mampu membuat berat badanmu bertambah. 


4. Nasi Putih

Ilustrasi nasi putih / Foto: Pexels.com / Ramatriaw

Semua sudah tahu dong, bahwa mengonsumsi nasi putih secara berlebih dapat menambah berat badan. Ya, hal itu dikarenakan nasi putih mengandung gula, lemak, dan juga karbohidrat. Kamu bisa menggantinya dengan nasi merah atau mengurangi konsumsi nasi putih. 

5. Buah-Buahan 

Ada beberapa jenis buah-buahan yang juga mengandung gula alami.  Meskipun mampu menyehatkan, tetapi buah ini harus kamu hindari seperti buah pisang, buah anggur, dan buah ceri. Kamu bisa menggantinya dengan buah pepaya, buah beri, atau apel hijau yang rendah gula. 

6. Minuman Kemasan

Siapa nih, yang suka menikmati minuman kemasan, seperti minuman bersoda atau kopi? Hemmm, mulai sekarang kamu harus menguranginya, ya Beauties.

Karena semua jenis minuman tersebut mengandung pemanis buatan yang tinggi karbohidrat, sehingga akan membuat berat badanmu bertambah. Cobalah rajin mengonsumsi air mineral, untuk menjaga berat badanmu serta menyehatkan. 

Makanan Rendah Karbo yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi menu ikan untuk diet rendah karbo / Foto: Pexels.com / Valeriya

Jika kamu ingin diet rendah karbo, berarti kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung serat serta protein tinggi. Berikut beberapa jenis makanan yang rendah karbohidrat.

1. Ikan dan Seafood

Ikan atau jenis seafood lainnya seperti, udang, sarden, dan salmon adalah pilihan yang tepat untuk menu diet rendah karbohidrat. Pasalnya, ikan dan seafood mengandung protein yang tinggi, sehingga akan membuatmu kenyang lebih lama.

2. Daging dan Telur

Beberapa jenis daging seperti, daging ayam, daging sapi, daging kambing, dan juga telur adalah makanan rendah karbohidrat dan sumber protein yang baik untuk dijadikan menu dietmu. 

3. Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran berwarna hijau seperti, daun bayam, selada, kale, brokoli,  kembang kol, dan asparagus, dapat kamu konsumsi saat diet rendah karbo. 

4. Aneka Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan dapat menjadi menu saat diet rendah karbo / Foto: Pexels.com / Martabranco

Kacang-kacangan dapat menjadi solusi camilanmu, lho Beauties saat kamu diet rendah karbo. Seperti, almond, kacang tanah, bahkan edamame sekali pun dapat kamu nikmati.

Seperti melansir  Mayoclinic, kacang-kacangan dapat menjadi pangan selingan saat kamu diet karena mengandung lemak sehat serta tinggi protein. Namun, kamu juga harus membatasinya karena, kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat. 

5. Buah-buahan Rendah Gula

Kamu bisa menikmati buah-buahan yang rendah gula seperti, blueberry, raspberry, apel hijau, pepaya, dan juga buah pir dengan jumlah terbatas.

6.  Susu Rendah Lemak

Jika kamu termasuk pecinta susu, kamu bisa mengonsumsi susu rendah lemak seperti yougurt atau pun susu kedelai. 

7. Minyak Zaitun

Untuk kamu yang gemar mengonsumsi gorengan, kamu bisa mengganti minyak untuk menggoreng menggunakan minyak zaitun  atau pun minyak kenari. Kenapa? Karena minyak tersebut mengandung lemak sehat dan rendah karbohidrat. 

Itulah beberapa makanan yang harus kamu kurangi dan dapat kamu konsumsi saat diet rendah karbo. Jika kamu konsisten dan diimbangi dengan berolahraga, dijamin berat badanmu akan turun setelah seminggu. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *