Berita

Bukannya Enak, 9 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Bad Mood Kamu Makin Parah!

×

Bukannya Enak, 9 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Bad Mood Kamu Makin Parah!

Share this article


Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan yang kita konsumsi bisa mempengaruhi mood dan produktivitas kita selama seharian. Kebanyakan orang akan memilih mengonsumsi makanan favorit untuk meningkatkan semangat dan perasaan bahagia.

Namun, ada beberapa makanan yang punya rasa enak dan lezat justru bisa membuat tingkat stres dan mood menjadi semakin buruk. Itu semua karena kandungan di dalam makanan tersebut yang justru memicu penurunan suasana hati kamu.

Lantas, jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari? Melansir dari detikHeatlh, berikut daftar makanan tersebut. Simak, yuk!

1. Makanan Pedas

Makanan pedas/ Foto: Freepik.com/kamranaydinov

Saat suasana hati sedang tidak baik-baik saja, sebagian orang akan memilih menyantap makanan pedas untuk meningkatkan mood mereka. Sebab, sensasi pedas pada makanan tersebut dianggap bisa memberikan rasa senang dan bahagia.

Sayangnya, ketika bad mood, sistem pencernaan tubuh biasanya ikut terganggu dan cenderung lebih sensitif terhadap rasa pedas seperti cabai atau merica. Sehingga, itu semua bisa menyebabkan sakit perut dan menghambat pencernaan.

Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk makan makanan pedas saat sedang bad mood, karena bisa memperparah mood kamu.

2. Makanan Olahan

Nugget/ Foto: Freepik.com/azerbaijan-stockers

Sejumlah makanan olahan seperti sosis, nugget, atau kornet yang mengandung banyak sodium, lemak dan zat aditif dianggap dapat meningkatkan stres. Semua bahan-bahan yang terkandung di dalamnya bisa berdampak negatif untuk usus sehingga berpengaruh pada mood.

Mengatasi stres melanda, Beauties disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin A, B, C, antioksidan dan karotenoid yang bisa membantu membuat mood jadi lebih baik dan pikiran lebih tenang. Selain itu juga bisa membuat pencernaan tubuh lancar.

3. Makanan Tinggi Gula

Cookies/ Foto: Freepik.com/freepik

Makanan tinggi gula atau tambahan pemanis buatan dapat menyebabkan fluktasi terhadap kadar gula dalam darah. Gula dalam makanan atau minuman kemasan dapat membuat glukosa darah naik dan turun secara drastis. Hal tersebut yang membuat kamu mengalami perubahan mood dan lebih sensitif.

Beberapa jenis makanan tinggi gula yang perlu kamu hindari seperti cookies, selai, cokelat yogurt, atau makanan kemasan karena bisa membuat suasana hati jadi lebih buruk.

4. Makanan Berlemak

Gorengan/ Foto: detikFood/Sonia Basoni

Rasanya kita tidak bisa lepas dari makanan yang digoreng seperti kentang goreng, makanan cepat saji, dan gorengan. Selain bisa membuat berat badan meningkat, makanan tinggi lemak juga bisa bikin bad mood, lho!

Apalagi jika kamu senang mengonsumsi makanan yang diolah dengan proses deep-fried karena biasanya mengandung lemak jenuh, karbohidrat olahan, dan garam yang berlebih. Tiga hal itu bisa menjadi alasan kamu mengalami perubahan mood secara drastis, gejolak emosi, kelelahan, dan juga bad mood.


5. Keripik Asin

Keripik asin/ Foto: Foodandwine.com/Jordan Provost

Mengonsumsi makanan dengan tambahan garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan memicu perubahan mood. Kandungan natrium pada garam juga bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, sehingga dapat memengaruhi kesehatan tubuh dan mental.

6. Margarin
Margarin/Foto: Freepik/Freepik

Margarin/Foto: Freepik/Freepik

Mempertimbangkan untuk mengganti minyak goreng dengan margarin ternyata bukan pilihan yang sepenuhnya tepat lho, Beauties. Sebab, margarin mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, berbeda dari lemak yang ada pada minyak zaitun.

Oleh karena itu, konsumsi margarin berlebihan bisa mengakibatkan ketidakseimbangan gula darah. Hal itu yang dapat memicu mood swing, bahkan membuat mood semakin memburuk.

7. Kopi
Diminta Buatkan Kopi, Karyawan Ini Mengeluh Gegara Tak Tahu Caranya

Kopi/Foto: iStock

Saat ini, kopi seakan menjadi gaya hidup baru yang tak bisa lepas di kalangan generasi muda. Meminum kopi disebut bisa mempengaruhi mood seseorang tergantung porsi dan bagaimana konsumsinya.

Jika dikonsumsi dalam porsi yang pas, efeknya bisa baik untuk tubuh. Sedangkan, saat dikonsumsi berlebihan bisa membuat mood memburuk, bahkan berpengaruh pada kesehatan seperti kelelahan, mual, hingga gangguan kecemasan.

8. Soda

Soda/ Foto: Freepik.com/sergiorojoes

Minuman kemasan, kaleng dan soda ada baiknya dihindari untuk mencegah mood semakin buruk. Hal itu karena soda dan minuman kemasan mengandung gula yang tinggi dan sangat cepat diserap tubuh yang bisa memicu lonjakan gula darah.

Pemanis buatan seperti aspartam yang terdapat dalam soda bisa meningkatkan kecemasan dan depresi. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk mengonsumsi teh tanpa gula dan air mineral biasa.

9. Alkohol

Alkohol/ Foto: Freepik.com/jcomp

Sebagian orang mungkin menganggap alkohol sebagai minuman yang bisa memberi kenyamanan dan membuat rileks. Kenyataannya, justru alkohol bisa membuat mood kamu semakin buruk.

Alkohol dapat mengganggu keseimbangan neurotransmitter di otak, sehingga bisa memengaruhi emosional seseorang. Oleh karena itu, kamu perlu batasi atau hindari konsumsi minuman beralkohol untuk mempertahankan mood tetap baik.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *