Berita

5 Kebiasaan Hidup ala Orang Jepang yang Baik Dilakukan Setiap Hari, Tertarik Coba?

×

5 Kebiasaan Hidup ala Orang Jepang yang Baik Dilakukan Setiap Hari, Tertarik Coba?

Share this article


Jepang adalah salah satu negara maju yang memiliki kehidupan tenang, disiplin, serta sederhana. Banyak sekali kebiasaan orang Jepang yang membuat semua orang tertarik menirunya. Kita dapat meniru kebiasaan yang dilakukan orang Jepang setiap hari, untuk meningkatkan kesehatan fisik hingga mental. 

Dilansir dari Times News India, ada beberapa kebiasaan hidup orang Jepang yang mudah kita tiru setiap hari. 

1. Kebiasaan Shinrin-Yoku

Masyarakat Jepang biasa berendam di air hangat. Berendam di lingkungan hutan ini biasa dikenal dengan sebutan nama Shinrin-Yoku. Berendam di air hangat dengan dikelilingi penghijauan, bertujuan untuk menenangkan kesehatan mental, memberikan kedamaian di hati, dan tentu memberikan rasa bersatu bersama alam.


2. Mengonsumsi Rumput Laut atau Nori

Rumput laut atau nori/ Foto: freepik.com/freepik

Rumput laut  atau yang biasa disebut nori, adalah makanan wajib masyarakat Jepang. Bukan hanya rasanya yang lezat namun, nori juga memiliki kandungan nutrisi seperti, magnesium, yodium, kalsium, dan zat besi.

Kamu bisa mencampurkannya dengan salad, sup, atau ramen. Bahkan nori juga bisa kamu nikmati sebagai camilan. Rasanya yang lezat dapat menggugah selera makanmu. 

3.  Hara Haci Bu

Hara Haci Bu adalah kebiasaan dimana orang-orang Jepang tidak makan terlalu kenyang. Mereka hanya mengisi perut mereka sebesar 80% saja, Beauties. Hal ini dilakukan dengan tujuan menjaga kesehatan, agar terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas. 

Berhentilah memakan segalanya, ketika kamu merasa sedikit kenyang. Agar kamu tahu bahwa kamu sudah terasa kenyang, maka makanlah secara perlahan dan nikmatilah makananmu. 

4. Kebiasaan Ikigai di Jepang
Rahasia Panjang Umur Okinawa, Jepang - Ikigai/Foto: Freepik/freepik

Kebiasaan ikigai/ Foto: freepik.com/freepik

Ikigai dalam kamus besar diartikan “alasan keberadaan” . Di mana masyarakat Jepang menemukan sebuah panggilan, tujuan hidup, profesi seseorang dan apapun yang membuat hidup menjadi bahagia. Carilah Ikigaimu, tujuan hidupmu yang membuat hidup lebih berharga atas dorongan-dorongan itu. 

5. Sosialisasi

Di Jepang berinteraksi dengan masyarakat adalah hal yang penting dilakukan untuk mencari identitas diri dan menyehatkan mental. Menurut sebuah penelitian, di Jepang, bersosialisasi berguna untuk mengurangi stress dan membuat umur panjang. 

Maka dari itu, di Jepang banyak orang yang gemar menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama keluarga, teman, dan mengikuti berbagai komunitas untuk menjaga hubungan sosial. 

Itulah kebiasaan masyarakat Jepang yang sering dilakukan setiap hari demi menjaga kesehatan fisik dan mental. Kamu juga bisa mengikutinya, lho Beauties. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *