Berita

5 Langkah Kecil Ini Dapat Membantu Palestina, Kamu Bisa Ikut Lakukan!

×

5 Langkah Kecil Ini Dapat Membantu Palestina, Kamu Bisa Ikut Lakukan!

Share this article


Terhitung sudah tujuh bulan lebih Israel melangsungkan aksi kejinya kepada warga Palestina. 

Mengutip Al Jazeera, korban meninggal dunia sejak 7 Oktober 2023-28 Mei 2024, sudah mencapai 36.096 orang. Dimana 15.000 di antaranya adalah anak-anak dan 10.000 orang dilaporkan hilang. Adapun untuk korban luka-luka mencapai 81.136 orang. Tentu ini bukanlah jumlah yang sedikit ya, Beauties.

Serangan terbaru Israel di Rafah yang awalnya disebut ‘zona aman’, tapi ternyata masuk ke dalam wilayah serangan pun telah menjadi sorotan dunia. Tak henti-hentinya kita di media sosial melihat serangkaian kekejaman Israel. Lantas apa saja langkah yang bisa kita lakukan untuk membantu Palestina?

1. Mendoakan di Setiap Waktu

Ilustrasi berdoa/Foto: iStockphoto

Beauties, cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membantu Palestina adalah dengan mendoakannya setiap waktu. Walau terkesan sangat sederhana, tapi doa memiliki kekuatan energi yang bisa didengar dan diketahui langsung oleh Tuhan Yang Maha Esa. 

Mengutip detikHikmah, berikut doa untuk Palestina yang bisa kamu amalkan: 

اَللّٰهُمَّ انْصُرِ الْمُسْلِمِيْنَ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ فِي كُلِّ مَكَانٍ. اَللّٰهُمَّ ارْحَمِ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ. اَللّٰهُمَّ اكْشِفْ الغُمَّةَ عَنْ أُمَّتِنَا. اَللّٰهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَرْفَعَ الْبَلَاءَ عَنْ غَزَّةَ وَأَهْلِهَا، وَأَنْ تَنْصُرَهُمْ عَلَى عَدُوِّهِمْ، وَأَنْ تَرْحَمَ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ، وَأَنْ تَكْشِفَ الْغُمَّةَ عَنْ أُمَّتِنَا. اَللّٰهُمَّ عَافِنَا وَالْطُفْ بِنَا وَاحْفَظْنَا وَانْصُرْنَا وَفَرِِّجْ عَنَّا وَالْمُسْلِمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ اكْفِنَا وَإِيَّاهُمْ جَمِيْعًا شَرَّ مَصَائِبِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ

Arab-latin: Allahummanshuril musliminal mustadl’afina fi kulli makan(i). Allahumma-rhamil mustadh’afina min ‘ibadik(a). Allahummaksyifil ghummah ‘an ummatina. Allahumma inna nas’aluka an tarfa’al bala-a ‘an Ghazzah wa ahliha, wa an tanshurahum ‘ala ‘aduwwihim, wa an tarḫamal mustadl’afina min ‘ibadika, wa an taksyifal ghummah ‘an ummatina. Allahumma ‘afina walthuf bina waḫfadhna wanshurna wa farrij ‘anna wal muslimin(a). Allahummakfina wa iyyahum jami’an syarra masha-ibid dun-ya wad din(i)

Artinya: “Ya Allah, bantu umat Islam yang menderita di seluruh dunia. Kasihanilah mereka yang terzhalim di antara hamba-hamba-Mu. Ya Tuhan, hilangkanlah penderitaan dari umat kami. Kami mohon agar Engkau mengangkat kesulitan dari Gaza dan penduduknya, memberi mereka kemenangan atas musuh mereka, mengampuni mereka yang tertindas di antara hamba-hamba-Mu, dan singkirkanlah penderitaan di bangsa kami. Ya Allah, berikanlah kami kesehatan, berikan hati yang baik kepada kami, lindungilah kami, dan dukunglah kami, serta seluruh kaum Muslim. Ya Allah, peliharalah kami dan mereka dari segala bahaya, baik dalam urusan dunia maupun agama.”

2. Menghentikan Pembelian Produk yang Terafiliasi dengan Israel
Insert Boikot Produk Israel

Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah

Salah satu bentuk dukungan untuk warga Palestina juga adalah dengan menghentikan pembelian produk yang terafiliasi dengan Israel. Pasalnya, sebagian keuntungan produk tersebut ada yang digunakan untuk Israel menyerang Palestina. 

Kamu bisa memanfaatkan situs bdnaash.com atau aplikasi No Thanks, untuk memeriksa produk yang terafiliasi. Nantinya akan ada keterangan apakah produk yang akan kamu beli terafiliasi atau tidak dengan Israel. 


3. Ikut Berdonasi
Ilustrasi berdonasi untuk beramal baik/Foto: Pexels/Antoni Shkraba

Ilustrasi berdonasi/Foto: Pexels/Antoni Shkraba

Kalau Beauties punya rezeki lebih, bisa untuk ikut berdonasi. Donasi sekecil apapun, sangat bermanfaat. 

Namun, pastikan kamu memilih tempat donasi yang sudah terpercaya. Hal ini agar tidak adanya penyelewengan dana dan rezeki yang sudah kamu sisihkan bisa tersampaikan. 

4. Tak Henti Menyuarakannya di Media Sosial
all eyes on rafah

Foto: Instagram

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial, baik itu Instagram, X, Facebook, atau TikTok untuk terus mengunggah update terbaru soal Palestina. 

Dengan postingan-postingan yang kamu unggah, bisa memberikan pemahaman dan menyadarkan banyak orang untuk turut peduli dengan masalah yang menimpa Palestina. Dengan ini, akan semakin banyak orang lagi yang tentunya peduli. 

5. Punya Waktu Luang, Ikut Aksi Bela Palestina
Meski diguyur hujan, massa bela Palestina tetap melakukan aksi di depan kedutaan besar Amerika Serikat, Jakarta. Nih potretnya.

Ilustrasi aksi bela Palestina/Foto: Dok. Gerbang Pronas

Terakhir, saat kamu punya kesempatan, bisa untuk ikut turun ke jalan membela Palestina. Biasanya banyak komunitas yang menginisiasi aksi ini dan menentukan titik kumpulnya. Info-info terkait aksi bela Palestina bisa kamu temukan di media sosial. 

Nah Beauties, itu dia sederet langkah kecil yang dapat membantu warga Palestina. Yuk ikut lakukan, karena langkah kecilmu sangatlah berarti kok!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *