Berita

5 Sayuran Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Menurut Para Ahli, Alami dan Mudah Didapat!

×

5 Sayuran Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Menurut Para Ahli, Alami dan Mudah Didapat!

Share this article


Tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk berbagai fungsi. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa berbahaya dan meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit atau komplikasi terkait jantung.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk membantu mengelolanya? Salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Sudah bukan rahasia lagi kalau sayuran termasuk makanan sehat yang disarankan rutin untuk dikonsumsi.

Tidak hanya memiliki manfaat secara umum untuk kesehatan, ada beberapa sayur yang menurut para ahli bisa bantu menurunkan kolesterol secara alami. Apa saja? Dirangkum dari Eat This, Not That! dan detikHealth, yuk, simak ulasannya!

Bayam

5 Sayuran Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Menurut Para Ahli/Foto: unsplash/Louis Hansel

Bayam merupakan sayur yang kaya vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama dalam mengelola kesehatan jantung. Selain itu, serat yang terkandung dalam bayam juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

“Serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang beredar ke seluruh tubuh. Hal ini karena serat dan kolesterol akan saling menempel, sehingga dikeluarkan dari tubuh secara alami dan sekaligus menurunkan kolesterol. Beberapa sayuran berserat tinggi untuk dimasukkan ke dalam diet Anda untuk menurunkan kolesterol antara lain bayam, wortel, dan berbagai sayuran seperti sawi dan lobak Swiss,” kata ahli diet Trista Best.

Brokoli
Brokoli/Foto: Unsplash/Tyrrell Fitness And Nutrition

5 Sayuran Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Menurut Para Ahli/Foto: Unsplash/Tyrrell Fitness And Nutrition

Menurut Coleman, brokoli adalah sayuran yang sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol karena memiliki kadar serat dan vitamin C yang tinggi. Selain itu, brokoli juga penuh nutrisi yang membantu menjaga kesehatan jantung.

“Brokoli adalah sayuran lain yang bagus untuk menurunkan kolesterol karena memiliki kadar serat dan vitamin C yang tinggi. Brokoli juga mengandung beta-karoten, yang membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah,” kata Coleman.

Asparagus
Asparagus/Foto: Freepik.com/freepik

5 Sayuran Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Menurut Para Ahli/Foto: Freepik.com/freepik

Asparagus adalah sayuran yang biasanya diolah menjadi sup. Sayuran hijau satu ini rupanya penuh dengan nutrisi bermanfaat untuk tubuh.

“Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Kaya akan folat, asparagus juga membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi,” kata ahli diet Janet Coleman.

Terong
Ini kesalahan dalam mengolah terong. (Freepik)

5 Sayuran Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Menurut Para Ahli/Foto: Freepik

Beauties, tahukah kamu kalau dalam 100 gram terong terdapat 3 gram serat yang membantu mengusir LDL dan lemak jahat dalam tubuh? Hal ini akan jadi kabar baik bagi penggemar terong karena mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Wortel
Ilustrasi wortel/Foto: Freepik.com/@azerbaijan_stockers

5 Sayuran Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Menurut Para Ahli/Foto: Freepik.com/@azerbaijan_stockers

Wortel mengandung senyawa beta karoten aktif bernama BCO1 untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Diketahui, setengah dari populasi penelitian pada 2021 kurang memiliki senyawa tersebut sehingga berisiko tinggi mengidap kolesterol tinggi.

Selain senyawa beta karoten, wortel mengandung banyak vitamin A yang berguna menjaga kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan mata.


Kubis Brussel
Deretan makanan yang bisa bantu hidup lebih lama

5 Sayuran Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Menurut Para Ahli/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Kubis brussel atau brussel sprouts adalah sayuran berbentuk kol dengan ukuran mini. Mungkin banyak yang kurang familiar dengan sayuran satu ini, namun kubis brussel sebenarnya sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, lho!

“Kubis brussel dikemas dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Artichoke juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan dengan demikian menurunkan tekanan darah,” kata Coleman.

Artichoke
Artichoke/ Foto: Freepik

5 Sayuran Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Menurut Para Ahli/Foto: Freepik

Beauties, pernahkah kamu mendengar atau menyantap sayuran artichoke? Artichoke adalah sayuran yang memiliki duri dan biasa di rebus untuk salad atau sup. Artichoke juga termasuk sayuran unik karena populer di musim dingin, seperti dikutip dari detikFood.

Meski tidak sepopuler sayuran lain seperti brokoli atau bayam, namun artichoke penuh dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengelola kolesterol.

“Artichoke tinggi serat, magnesium, dan antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Artichoke juga mengandung vitamin K, yang membantu mencegah pembentukan gumpalan darah di dalam arteri. Artichoke juga dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh,” kata Coleman.

Itulah beberapa sayuran yang bisa bantu turunkan kolesterol. Stay healthy, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *