Berita

Kenalan dengan Metode Keramas Triple Washing yang Dianjurkan Dokter, Apa Manfaatnya?

×

Kenalan dengan Metode Keramas Triple Washing yang Dianjurkan Dokter, Apa Manfaatnya?

Share this article


Mungkin kamu sudah tidak asing dengan metode double cleansing, metode ini kurang lebih sama dengan triple washing saat keramas. Double cleansing membantu menghilangkan sisa makeup dan debu yang menempel di wajah sehingga metode ini membuat wajah menjadi sangat bersih.

Demikian pula dengan triple washing, metode mencuci rambut ini memiliki manfaat besar untuk kesehatan rambut. Tentu metode ini perlu disesuaikan pada jenis rambut kamu ya, Beauties.

Metode triple washing saat keramas bahkan diklaim bisa membuat rambut lebih bersih, anti lepek dan berkilau. Sejumlah pakar merekomendasikan cara ini untuk menjaga kesehatan rambut lho!

Seperti Apa Sih Metode Triple Washing?

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/Jcomp

Metode triple washing ini perlu dilakukan dalam satu sesi saat kamu keramas. Menurut John Kahen, MMD kepala ahli bedah rambut dan pendiri Beverly Hills Hair Restoration, kamu hanya perlu memberi sampo pada rambut, membilasnya, dan mengulangi hal tersebut sebanyak tiga kali.

“Sederhananya, triple washing adalah proses mencuci rambut tiga kali dalam satu sesi keramas, dibandingkan mencuci dua kali,” jelas John Kahen, dikutip dari Glamour Beauty.

Meskipun sebagian besar dari kita berusaha untuk tidak terlalu sering mencuci rambut, namun menurut Jonh Kahen, rambut yang sehat membutuhkan lingkungan yang bersih untuk tumbuh. Jadi ketika kamu tidak rajin mencuci rambut, hal-hal seperti penumpukan produk dan minyak alami akan menimbulkan beberapa efek samping seperti penipisan dan kerontokan rambut.

Untuk membantu menjaga warna rambut, mungkin beberapa pakar pewarna rambut tidak menyarankan keramas terlalu sering, namun banyak ahli trikologi berpendapat semakin banyak pembersihan, semakin baik.

“Bagi mereka yang menginginkan rambut lebih tebal dan lebat, saya merekomendasikan pembersihan lebih teratur untuk memastikan kulit kepala tetap bersih, terhidrasi, dan mendorong lingkungan optimal untuk pertumbuhan rambut yang sehat,” kata Helen Reavey, penata rambut selebriti, ahli trikologi, dan pendiri merk perawatan rambut Act + Acre.


Apa Saja Manfaat Triple Washing Menurut Para Ahli?

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/Freepik

Jika kamu merupakan pecinta produk perawatan rambut, seperti hair oil, vitamin, hair spray, hair powder dan lain-lain, triple washing bisa dijadikan pilihan, Beauties. Hal yang sama berlaku untuk pengguna dry shampoo.

“Mirip dengan rutinitas perawatan kulit multi-langkah, mencuci rambut tiga kali bisa menjadi teknik hebat untuk membersihkan, menyeimbangkan, dan menargetkan area tertentu di kulit kepala serta batang rambut secara efektif untuk memaksimalkan hasil”, kata Mara Roszak, penata rambut selebriti dan pendiri merk perawatan Rōz.

“Jenis sampo yang berbeda memberikan manfaat yang berbeda dan sangat penting dalam mengatasi masalah umum seperti penumpukan produk, kekeringan, volume, tekstur, warna, dan banyak lagi”, tambahnya.

“Pencucian rambut berulang kali memungkinkanmu menghilangkan penumpukan pada rambut sepenuhnya”, kata Joshua Zeichner, MD, dokter kulit dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai di New York City.

“Ini termasuk hairspray, residu silikon, pewarna rambut, atau sampo kering yang sulit dihilangkan”, lanjut Dr. Zeichner.

“Semua jenis rambut bisa mendapatkan keuntungan dari pencucian tiga kali, terutama rambut tipis dan halus”, kata Dr. Kahen.

Triple washing juga disarankan untuk pemilik rambut tipis, karena rambut tipis seringkali lebih rentan terhadap sifat berminyak dan penumpukan, sehingga terlihat pada kulit kepala.

Untuk kulit kepala yang rawan minyak, menggunakan teknik triple washing ini sebenarnya dapat membantu memperpanjang umur keramas, sehingga tidak perlu keramas lebih sering.

“Jika kesehatan dan pertumbuhan rambut adalah tujuannya, metode tiga langkah ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memastikan kamu memiliki kulit kepala yang sehat”, terang Mara Roszak.

Jadi para ahli memang menyarankan menggunakan metode triple washing karena dapat menjadi cara terbaik untuk menyegarkan kulit dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Bahkan teknik ini juga menambah kilau dengan menghilangkan penumpukan minyak berlebih, sekaligus mempersiapkan rambut untuk menambah kelembapan, volume, dan manfaat nutrisi.

Seberapa Sering Harus Menggunakan Metode Triple Washing?

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/Jcomp

Menurut Dr. Kahen, triple washing bukanlah sesuatu yang perlu dilakukan setiap hari atau bahkan dua hari sekali.

Triple washing akan ideal ketika rambutmu membutuhkan sedikit pemurnian ekstra dan pembersihan mendalam. Ini mungkin diperlukan setiap dua hingga empat kali pencucian, terutama setelah menggunakan banyak produk penataan rambut atau sampo kering”, ungkap Dr. Kahen.

Jika kamu masih bingung, kapan waktu yang tepat untuk triple washing, Ricardo Dinis, direktur artistik global dan ahli trikologi Aveda, mengatakan, jika sampo yang kamu aplikasikan ke rambut tidak berbusa sebanyak biasanya, itu bisa menjadi pertanda bahwa rambut kamu memang perlu dibersihkan secara menyeluruh.

“Busa yang sedikit dapat mengindikasikan penumpukan atau kulit kepala berminyak, sehingga triple washing merupakan pilihan yang baik untuk meremajakan rambut dan kulit kepala kamu”, ucap Ricardo.

Sementara menurut Dr. Kahen, kamu bisa memakai metode triple washing ketika kamu sangat aktif, memiliki kegiatan outdoor, berolahraga setiap hari dan lain-lain. Karena gaya hidup juga dapat memengaruhi seberapa sering seseorang perlu keramas, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *