Berita

Mengenal Susu Evaporasi, Bagaimana Kandungan Nutrisinya?

×

Mengenal Susu Evaporasi, Bagaimana Kandungan Nutrisinya?

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Susu evaporasi adalah produk susu segar yang telah dikurangi kadar airnya, itu sebabnya teksturnya kental. Susu evaporasi biasanya dikemas dalam kaleng.

Tapi, produk evaporasi bukan susu kental manis. Susu evaporasi dibuat tanpa penambahan gula.

Mengutip Healthline, saat pengolahan, 60 persen kadar air susu evaporasi telah berkurang. Setelah itu susu evaporasi melalui proses sterilisasi untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme. Walaupun kandungan airnya sudah hilang, tapi nutrisi susu tetap utuh.

Menurut Code of Federal Regulation (CFR), susu evaporasi harus mengandung minimal 6,5 persen lemak susu, 16,5 persen susu padat bukan lemak, dan 23 persen total padatan susu.

Susu evaporasi terbagi menjadi tiga jenis. Berbagai jenis itu, yakni susu evaporasi murni, rendah lemak, dan tanpa lemak.

Tiga jenis susu evaporasi itu mengandung nutrisi yang lebih tinggi daripada susu sapi segar. Kalorinya pun lebih banyak. Susu evaporasi memiliki banyak karbohidrat, protein, dan lemak.

Minum susu evaporasi bermanfaat untuk meningkatkan asupan mineral. Mengutip Unlock Food, susu evaporasi merupakan pilihan minuman sehat.

Itu sama juga seperti mengonsumsi susu segar. Nutrisi yang terkandung dalam susu evaporasi bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Pilihan Editor: Tips Menyimpan Susu di Kulkas yang Benar

ANNISA FEBIOLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *