Berita

10 Makanan Paling Mahal di Seluruh Dunia, Harganya Sentuh Ratusan Juta!

×

10 Makanan Paling Mahal di Seluruh Dunia, Harganya Sentuh Ratusan Juta!

Share this article


Dalam dunia makanan, ada hidangan-hidangan yang sangat mahal. Misalnya caviar atau daging sapi Kobe. Makanan-makanan ini bukan hanya lezat, tetapi juga harganya terbilang sangat tinggi. Makanan-makanan mahal ini juga menjadi bukti betapa luar biasanya alam dalam memproduksi makanan yang istimewa.

Dilansir dari Business Insider, berikut adalah 10 makanan paling mahal yang ada di dunia.

1. Caviar Albino Beluga Sturgeon

10 Daftar Makanan Paling Mahal Di Seluruh Dunia/Foto: YouTube/Great Big Story

Caviar Almas dihasilkan dari sturgeon albino betina, yang berusia 100 tahun dan hidup di bagian terbersih dari Laut Caspian. Caviar Almas dijual seharga 34.500 USD per kilogram (sekitar Rp551 juta), dengan rasa yang kaya akan mentega dan garam serta cita rasa kacang yang lembut dan creamy.

2. Saffron

Saffron adalah rempah yang terbuat dari stigma kering bunga crocus saffron, memiliki rasa dan aroma yang unik, seperti bunga, madu, dan sedikit pahit. Harganya berkisar antara $10 hingga $20 per gram (sekitar Rp160 ribu hingga Rp319 ribu). Saffron biasanya ditanam di Iran dan sering digunakan dalam masakan Spanyol, Iran, Maroko, dan India.

3. Kobe Beef

10 Daftar Makanan Paling Mahal Di Seluruh Dunia/Foto: YouTube/Aden Films

Kobe adalah jenis daging sapi yang berasal dari sapi Wagyu dan harus diproduksi di Prefektur Hyogo, Jepang, untuk dianggap sebagai Kobe. Daging Kobe dikenal dengan urat lemak putih yang melintasi dagingnya dan rasa yang khas karena diet butiran yang kaya. Harganya bisa mencapai $25 hingga $50 per ons (sekitar Rp400 ribu – Rp800 ribu) di Amerika Serikat.

4. Bluefin Tuna

Tuna bluefin adalah hidangan utama dalam sushi dan sashimi Jepang, dengan rasa yang lembut dan tekstur yang empuk. Namun, karena penangkapan berlebihan, tuna bluefin kini terancam punah. Di Tokyo, pada Januari 2023, sebuah tuna bluefin seberat 212 kg dijual seharga 273 ribu USD (sekitar Rp4,3 juta).

5. White Truffles

10 Daftar Makanan Paling Mahal Di Seluruh Dunia/Foto: YouTube/Insider Food

Truffle putih adalah jenis truffle paling mahal di dunia, ditemukan terutama di Italia, Kroasia, dan Slovenia. Truffle putih memiliki rasa bumi dengan sentuhan kayu dan bawang putih. Truffle putih biasanya diambil dari alam daripada dibudidayakan, yang membuatnya semakin langka. Satu ons truffle putih bisa dijual lebih dari 250 USD (sekitar Rp3,9 juta).

6. Edible Gold Leaf

Lembaran emas makanan sering digunakan sebagai dekorasi pada kue atau kue kering dan sepenuhnya dapat dimakan jika memiliki karat 22 hingga 24. Harganya bervariasi, mulai dari 169 USD hingga lebih dari 15 ribu USD per pon (sekitar Rp2,7 juta hingga Rp239 juta). Lembaran emas makanan menambahkan nuansa kemewahan pada kue cokelat tanpa tepung.


7. Kopi Luwak

10 Daftar Makanan Paling Mahal Di Seluruh Dunia/Foto: YouTube/The Epicurian Eden

Kopi luwak dibuat dari biji kopi yang telah dimakan dan dikeluarkan oleh musang palm Asia. Kopi ini memiliki rasa yang kaya dengan aroma cokelat dan karamel. Harganya mahal, dengan satu pon biji kopi bisa mencapai 600 USD (sekitar Rp9,5 juta) dan sepiring kopi luwak bisa dihargai hingga 100 USD (sekitar Rp1,5 juta).

8. Madu Elvish

Madu Elvish berasal dari gua dalam kota Artvin, Turki, dihasilkan secara alami oleh lebah yang mengumpulkan serbuk sari dari bunga liar di hutan sekitarnya. Rasanya unik dan karena lokasinya yang langka, harganya mencapai 5.330 USD per kilogram (sekitar Rp85 juta).

9. Iberico Ham

10 Daftar Makanan Paling Mahal Di Seluruh Dunia/Foto: YouTube/Insider Food

Jamon Iberico diproduksi dari kaki belakang babi hitam yang matang selama 24 hingga 36 bulan di Portugal dan Spanyol. Harganya bervariasi, mulai dari 500 USD hingga 4.500 USD per kaki (sekitar Rp7,9 juta hingga Rp71,9 juta), dengan rasa yang kaya akan kacang dengan sentuhan biji ek, rempah-rempah, dan herbal.

10. Oysters

Tiram King Coffin Bay membutuhkan hampir tujuh tahun untuk mencapai kematangan penuh dan saat ini memiliki pasokan yang terbatas. Harga sebuah karung tiram mencapai 70 USD (sekitar Rp1,1 juta) di dermaga.

Itulah beberapa makanan yang paling mahal di dunia yang tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga menggambarkan keindahan dan kemewahan dalam dunia kuliner yang patut disyukuri. Apakah kamu tertarik mencobanya, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *