Berita

4 Alasan Jangan Menyilangkan Tangan Saat Kamu Mengobrol, Pahami Artinya!

×

4 Alasan Jangan Menyilangkan Tangan Saat Kamu Mengobrol, Pahami Artinya!

Share this article


Saat mengobrol, bahasa tubuh apa yang sering Beauties lakukan? Rupanya, gerakan menyilangkan tangan saat mengobrol kerap dilakukan oleh sebagian besar orang. 

Menyilangkan tangan sering kali dikonotasikan negatif. Lantas, apakah benar demikian? Segelintir orang berpendapat bahwa menyilangkan tangan saat mengobrol bisa mencerminkan sifat sombong.

Berikut ini penjelasan tentang makna lain dibalik menyilangkan tangan saat asyik berbincang! Apa sajakah itu?

1. Terkesan Menciptakan Jarak dengan Lawan Bicara

Menyilangkan tangan terkesan menjaga jarak dengan lawan bicara/foto: pexels.com/RDNE Stock project

Lawan bicara tidak selalu sepaham dengan bahasa tubuh yang kita berikan. Bisa saja mereka mengerti atau malah berpikir negatif. 

Menyilangkan tangan dinilai mampu menciptakan jarak, baik dari segi psikologis maupun fisik dengan orang yang sedang bersama kita, mengutip Psychology Today. Jadi, ketidaknyamanan kita terhadap orang lain bisa ditunjukkan dengan pergi menjauh atau menyilangkan tangan sebagai bentuk penolakan pendekatan. 

2. Mencerminkan Perasaan Frustasi dan Kekecewaan

Menyilangkan tangan mencerminkan perasaan frustasi dan kekecewaan/foto: pexels.com/Ron Lach

Saat bertengkar dengan orang tua atau siapa pun lantaran tidak mendapatkan yang diinginkan, apakah Beauties meresponnya dengan menyilangkan tangan? Tanpa mengatakan rasa kesal, sikap menyilangkan tangan sudah mengisyaratkan perasaan Beauties saat itu.

Masih merujuk Psychology Today, menyilangkan tangan dalam situasi di atas sebagian besar sebagai bentuk pengendalian diri. Menyilangkan tangan berfungsi untuk mengomunikasikan dengan jelas apa yang dirasakan tanpa mengucapkan sepatah kata pun. 

3. Menampakkan Sifat Sombong dalam Diri

Menyilangkan kedua lengan tangan sering dianggap berjiwa sombong/foto: pixabay.com/Anil Sharma

Pada momen apa Beauties melihat orang lain menilai seseorang dengan kalimat ‘ih sombong ya, dia‘? Salah satunya saat seseorang itu menyilangkan kedua lengannya. Sadar atau tidak, posisi lengan disilangkan di dada akan menunjukkan diri yang tertutup, tidak ingin didekati, dan sedikit marah, mengutip Inc.

Kepada Forbes, seorang pakar komunikasi bernama Karen Friedman mengatakan, menyilangkan kedua tangan di dada menunjukkan sikap defensif dan perlawanan. Menghindari gerakan tubuh diatas akan memberikan kesan positif di mana Beauties dianggap pribadi yang lebih terbuka dan mudah didekati.


4. Mengisyaratkan Diri yang sedang Dalam Ketakutan dan Kecemasan

Menyilangkan tangan mengisyaratkan diri yang sedang dalam ketakutan dan kecemasan/foto: pexels.com/Monstera Production

Saat diri merasa dalam keadaan cemas dan takut, menyilangkan tangan bisa diindikasikan sebagai respon tubuh terhadap rasa tertekan itu.

Rasa tertekan akan semakin terlihat jelas ketika disertai seringnya tangan menyentuh leher. Lalu, tangan kembali ke posisi menyilang.

Menurut Healthline, terdapat dua makna yang berlawanan tentang menyilangkan tangan. Orang yang menyilangkan tangan bisa mencerminkan perasaan cemas dan rentan. Sisi lainnya, bisa bermakna kepercayaan diri. 

Jika seseorang menyilangkan tangan sambil tersenyum atau bersandar, maka dia dalam posisi memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan telah berhasil mengendalikan situasi di sekitarnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *