Berita

4 Tanda Kamu Telah Memiliki Pasangan yang Cerdas secara Emosional, Kenali dan Jangan Dilepaskan!

×

4 Tanda Kamu Telah Memiliki Pasangan yang Cerdas secara Emosional, Kenali dan Jangan Dilepaskan!

Share this article


Berkomitmen untuk menjalin suatu hubungan artinya kita harus siap untuk menyatukan dua isi kepala yang berbeda. Di sinilah, sering kali terjadinya konflik-konflik yang menjadi ‘bumbu’ dalam hubungan. 

Beruntunglah jika kamu dan pasangan sama-sama memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Dengan hal ini, kamu dan pasangan dapat menyikapi konflik dalam hubungan dengan bijak.

Nah, pasangan yang cerdas secara emosional bisa kamu kenali lho! Berikut sederet tandanya melansir dari CNBC.

1. Terlibat dalam Konflik yang Sehat Denganmu

Ilustrasi pasangan/Foto: iStockphoto/Kiwis

Dalam sebuah hubungan, adanya konflik adalah hal yang wajar. Namun, pasangan yang cerdas adalah ia yang mampu menyelesaikan konflik secara sehat denganmu. 

Pasalnya, konflik yang tidak bisa diselesaikan dengan baik, bisa berakhir pada kebencian atau berakhirnya suatu hubungan. 

Pasangan yang terlibat dalam konflik sehat juga adalah mereka yang tidak mendominasi percakapan, menyerang karaktermu, atau bertindak kasar. Mungkin amarah akan diluapkannya sesekali, namun mereka akan cepat tenang dan mampu mengambil tanggung jawab dan meminta maaf padamu bila diperlukan. 

Menurut penelitian, bukan pasangan yang bertengkar yang menghadapi risiko paling tinggi untuk putus, tapi mereka yang tidak berbaikan dan berhubungan kembali setelahnya.

2. Mampu Melihat Sesuatu dari Sudut Pandang Orang Lain
Ilustrasi pasangan/Foto: Freepik/timeimage

Ilustrasi pasangan/Foto: Freepik/timeimage

Salah satu tanda kecerdasan emosional adalah empati, yang diperlukan untuk membentuk kepercayaan, memfasilitasi ikatan, dan membantu pasangan berhubungan satu sama lain, bahkan ketika mereka berbeda pendapat. 

Empatinya seorang pasangan bisa dilihat dalam tindakan sehari. Apakah pasanganmu mengajukan pertanyaan dan menunjukkan rasa ingin tahunya tentang pikiran atau perasaanmu? Apakah ia mau mendengarkan ceritamu secara aktif? 

Sederet pertanyaan di atas merupakan indikasi empati dan kecerdasan emosional.

Di samping itu, empati bisa menjadi tantangan tersendiri saat berada dalam konflik. Namun, pasangan dengan kecerdasan emosional tinggi mampu melihat dari mana pendapat pasangannya atau bisa melihat sesuatu dari sudut pandang lainnya. 


3. Mampu Mengelola Emosinya dengan Cara Sehat & Produktif
Divorce and quarrels. couples are desperate and disappointed after marriage. Husband and wife are sad, upset and frustrated after quarrels. distrust, love problems, betrayals. family problem.

Ilustrasi pasangan/Foto: iStock/Nuttawan Jayawan

Kemampuan mengatur emosi bukan berarti harus menekan atau menyangkal perasaanmu. Artinya, kamu mampu menoleransi emosi negatif dan pengalaman stres tanpa bereaksi secara impulsif. 

Kamu tau cara terbaik menenangkan diri setelah mengalami pengalaman yang mengecewakan. Nah, jika pasanganmu kembali seperti semula atau tidak berbuat aneh-aneh setelah terlibat konflik denganmu, artinya ia memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. 

4. Dia Membiarkanmu Menjadi Diri Sendiri
Ilustrasi tabungan pasangan

Ilustrasi pasangan/Foto: Getty Images/whitebalance.oatt

Terakhir, pasangan yang cerdas secara emosional adalah dia yang membiarkanmu menjadi diri sendiri. Ia tidak mengancam atau menuntumu sesuai keinginannya. 

Ia akan menghormati segala minat, batasan, dan keinginanmu selagi itu adalah hal yang positif. Mereka akan mendukungmu untuk terus menjadi pribadi yang berkembang dan terbaik. 

Beauties, itu dia sederet tanda pasanganmu cerdas secara emosional. Bagaimana, salah satunya sudah dimiliki pasanganmu belum nih?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *