Berita

Awas Terjebak Rekening Terkuras, Ini Cara Cek Link Mecurigakan Sebelum Klik

×

Awas Terjebak Rekening Terkuras, Ini Cara Cek Link Mecurigakan Sebelum Klik

Share this article



Saat ini ada begitu banyak link misterius yang dibagikan di berbagai platform yang jika asal diklik bisa berbahaya. Banyak pihak yang selalu mengingatkan untuk tak asal klik link dari pihak yang tidak dikenal. Keamanan kita terancam jika asal klik link yang misterius itu.

Biasanya link misterius itu adalah malware. Korban yang menekan linknya akan mengalami pencurian data pribadi hingga pencurian uang dari jarak jauh.

Jadi terus diingat untuk tak sembarang klik link yang tidak dikenal. Kamu juga bisa mengatasinya dengan mengecek keamanan situs melalui tiga layanan.

Ketiganya akan memberikan informasi keamanan sebuah situs. Termasuk informasi lain terkait situs misterius yang kita dapatkan.

Berikut tiga situs tersebut dan cara menggunakannya:

Google Transparency

  • Copy link misterius yang didapatkan
  • Buka laman transparencyreport.google.com
  • Masukkan link tadi ke kolom pencarian
  • Hasilnya akan memperlihatkan laporan Google terkait status link yang kita masukkan. Yakni apakah situs itu aman atau ditemukan konten yang tidak aman

Safe Web Norton

  • Copy link yang ingin dicek
  • Masuk ke situs safeweb.norton.com
  • Tambahkan link yang tadi ke dalam kolom pencarian
  • Norton akan menampilkan informasi, termasuk kategori situs yang dicek. Laman ini membaginya dalam empat kategori yakni OK hijau untuk situs yang aman, X merah adalah situs tidak aman, tanda seru menandakan peringatan berhati-hati bagi pengguna namun situs tidak berbahaya, dan tanda tanya merujuk pada link tidak terdaftar.

Untuk informasi selengkapnya, lanjutkan membaca dengan KLIK DI SINI.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.

(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *