Berita

Butuh Mood Booster? Ini 5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Rasa Semangat

×

Butuh Mood Booster? Ini 5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Rasa Semangat

Share this article


Beauties, kamu sering mengalami bad mood nggak, sih? Tenang saja itu suatu hal yang wajar, kok. Biasanya bad mood dipengaruhi karena faktor stres, gaya hidup, dan hormon. 

Suasana hati yang sedang buruk memang dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Mau mengerjakan apapun rasanya malas. Bahkan ada di beberapa kasus sejumlah orang bisa sampai malas bekerja maupun malas berkomunikasi dengan orang sekitar. 

Beauties, ketika kamu sedang bad mood itu tandanya kamu membutuhkan asupan sebagai mood booster. Pernahkah setiap kamu konsumsi suatu makanan kemudian suasana hatimu berubah jadi lebih bahagia? Yup, itu terjadi karena nutrisi makanan yang terserap ke dalam tubuhmu dapat meningkatkan perasaanmu.

Mengutip dari detikEdu, setiap nutrisi dalam makanan bisa menaikkan produksi bahan kimia baik serotonin dan dopamin yang mana merubah perasaan suasana hatimu jadi lebih baik. 

Serotonin adalah bahan kimia yang mengelola perasaan suasana hati dan emosi. Sedangkan dopamin merupakan bahan kimia mengatur perhatian dan motivasi diri. 

Para pakar telah melakukan penelitian bahwa makanan yang dimakan dapat berpengaruh terhadap emosi. Melansir dari detikEdu, ahli gizi Wesley Delbridge mengatakan bahwa jika pencernaan usus mengalirkan nutrisi yang diserap kepada otak sehingga berdampak besar terhadap suasana hati dan emosi yang dialami. 

Berikut ini terdapat daftar makanan yang bisa kamu coba untuk mengubah suasana hatimu menjadi lebih bahagia. Merangkum dari berbagai sumber, ini 5 makanan yang bisa meningkatkan rasa semangatmu. 

Cokelat

Ilustrasi cokelat/ foto : freepik/ kroshka_nastya

Rekomendasi makanan pertama sebagai mood booster kamu ialah cokelat. Makanan berwarna cokelat yang satu ini paling ampuh untuk menghilangkan rasa bad mood.

Melansir dari CNN Indonesia, menurut penelitian di Swiss menyatakan bahwa mengkonsumsi cokelat hitam setiap harinya selama dua minggu dapat mengurangi stres emosional. Selain itu Mengutip dari detikEdu, saran ahli gizi Sonya Angelone memberikan tips untuk memilih cokelat hitam dengan kadar persentase 70 persen kakao untuk meningkatkan mood.

Buah Beri

Ilustrasi makanan bikin mood booster/ foto : freepik/ pvproductions

Selanjutnya buah beri yang kaya akan vitamin dan antioksidan ini ternyata mampu menaikkan mood. Buah yang termasuk ke dalam kategori beri seperti strawberry, raspberry dan blueberry. 

Kadar vitamin dalam buah beri ini berperan sangat baik dalam membentuk produksi kimia dopamin. Beauties akan mendapatkan dua manfaat sekaligus saat mengkonsumsi buah beri, tubuh lebih sehat dan mood akan lebih baik.

Kopi

Ilustrasi kopi/ foto : freepik/ jcomp

Bukan menjadi rahasia lagi, sebagian orang memilih kopi sebagai asupan mood booster. Melansir dari CNN Indonesia, kafein yang terkandung dalam kopi selain menghilangkan rasa kantuk ternyata mampu meningkatkan hormon bahagia. 

Kopi menjadi minuman yang tengah trend di kalangan anak muda saat ini. Terlebih lagi, kopi mudah dicari dan banyak pilihannya sehingga nggak heran kalo kopi menjadi incaran anak muda di kala stres melanda.  


Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan/ foto : freepik

Kacang-kacangan yang sering kali ditemukan menjadi camilan ini terbukti bisa meningkatkan suasana hati. Kandungan karbohidrat kompleks, pati resisten, dan serat dalam kacang-kacangan membantu menstabilkan kadar gula darah. Adapun gula darah yang stabil dapat menjaga mood kamu, Beauties.  

Pisang

Ilustrasi pisang/ foto : freepik/ azerbaijan_stockers

Pisang yang mudah ditemukan di pasar tradisional ini dapat meningkatkan suasana hati. Kadar vitamin B6 yang cukup tinggi dalam pisang berperan aktif dalam meningkatkan produksi bahan kimia serotonin. Tak jarang, pisang sering kali direkomendasikan sebagai sarapan sehat biar Beauties lebih semangat sebelum menjalani hari.

Nah, itu dia 5 makanan yang bisa kamu pilih ketika suasana hatimu sedang buruk. Apakah dari kelima makanan tersebut ada makanan favoritmu?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *